.

Kamis, 28 Juli 2016

DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK


cara daur ulang plastik kreser
Sudah nampak gambar di samping ini khan , itu adalah tempat sampah yang membludak artinya sampahnya melebihi daripada  kapasitas bak sampahnya, sampai-sampai berserakan di jalanan.
Kalau kita teliti lebih jauh, disana sebagian besar akan terdiri dari sampah kresek, disana juga ada pula kardus-kardus bekas. Kebanyakan kalau kardus bekas diambil oleh pemulung, sedangkan bungkusan kreseknya pasti akan ditinggal , atau paling tidak , mereka cuman mengorek-orek isi sampah yang ada di dalam kreser  menggunakan gancunya, setelah itu plastik kreseknya akan ditinggal begitu saja. dan sampah kreseknya akan menjadi limbah yang tak berharga dan ditinggal begitu saja di jalanan.  untuk itu sebagai solusinya berikut ini saya akan mencoba mengulas bagaimana cara daur ulang plastik kresek.

Cara daur ulang  plastik kresek.

Plastik kresek itu banyak macemnya, tidak hanya pembungkus belanjaan kita sehabis dari pasar mall atau pasar tradisional saja ,  bungkus  mie instan pun juga termasuk kategori kresek, hal ini untuk mempermudah kita dalam daur ulang. berikut ini beberapa cara yang pernah kami lakukan bagaimana cara daur ulang plastik kresek.
Mengumpulkan plastik kresek

Plastik kresek pertama - tama kita kumpulkan juga termasuk bungkus mie instant juga kita bisa satukan,  kemudia pisah-pisah berdasarkan warnanya , bisa juga tidak dilakukan pemisahan , ini masalah selera atau soal warna.
Mencuci plastik kresek

Plastik-plastik yang telah kita kumpulkan tadi bersihkan dari berbagai macam kotoran, kebanyakan yang paling  banyak adalah sampah tanah, itu harus kita bersihkan, tujuan dari  pembersihan atau pencucian ini adalah agar saat di daur ulang tidak ada unsur tanahnya di dalam kresek tadi .
Pengeringan / penjemuran

Setelah semua kresek tadi kita cuci dan sudah yakin bahwa kresek tadi bebas dari tanah, maka langkah selanjutnya adalah penjemuran , soalnya plastik kresek harus benar-benar bersih dan kering , terutama saat proses pelumeran.
Proses pelumeran

Sebuah plastik kresek tidak bisa diolah langsung menjadi proses barang jadi, sebab massanya terlalu ringan, sebagai solusinya adalah massa dari plastik tersebut harus diberatkan dulu, yakni plastik kresek tadi harus dijadikan bongkahan yang berupa serpihan kecil-kecil.
Barang jadi dari olahan limbah kresek
Pada gambar diatas  ini adalah sebuah bungkus mie instant yang siap kami lumerkan. artinya semua limbah kresek tersebut sudah kami cuci dan sudah kami keringkan, kalau semua proses tersebut selesai kami jalankan maka kresek-kresek tersebut siap kita lumerkan.  
Untuk melumerkan kresek-kresek tersebut kita menggunakan sebuah mesin yang kita sebut dengan mesin pelumer plastik, mesin ini bekerja atas dasar sebuah tabung dimana didalamnya kami beri ulir dan diluarnya kita panasnya, tujuannya untuk melumerkan kresek tadi. 
Bongkahan plastik kresek setelah dilumerkan
Perhatikan gambar diatas, itu adalah proses pelumeran plastik, dengan cara tersebut maka plastik dengan mudah bisa kita olah soalnya sudah mempunyai berat atau massa.
Pada gambar diatas ini adalah perwujudan dari kresek yang telah kita lumerkan, aktualnya keluarnya nanti tidak seperti itu, tapi akan keluar seperti min instan, soalnya saat pengambilan gambar, saringan diujung tabung belum kami pasang, sehingga yang keluar akan menggumpal seperti bongkahan . 
Begitu keluar dari tabung , di bawahnya sudah kita siapkan ember plastik yang sudah berisi air dingin sehingga begitu bongkahan yang terbuat dari lumeran plastik tadi jatuh keair maka akan langsung mengeras. 
Setelah lumeran plastik tadi keluar seperti mie instant maka langkah selanjutnya adalah mencacah dengan menggunakan mesin pencacah plastik untuk dijadikan sebagai serpihan. dan untuk melihat serpihannya seperti apa, perhatikan gambar dibawah. Itu adalah serpihan yang terbuat dari plastik kresek hitam yang sebelumnya telah kita lumerkan dan sudah kita cacah menggunakan mesin pencacah plastik.
serpihan biji plastik dari plastik kresek
Mind Map :

Sumber :
1. http://mesinsakti.blogspot.co.id/2015/07/daur-ulang-plastik-kresek.html
2. http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/06/daur-ulang-sampah-plastik-hasilkan-kacamata-tabir-surya
3. http://www.inginbisnis.com/peluangbisnis/daur-ulang-sampah-plastikhttp://nationalgeographic.co.id/berita/2014/12/menciptakan-solusi-alternatif-daur-ulang-sampah-plastik
4. http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/12/menciptakan-solusi-alternatif-daur-ulang-sampah-plastik
5. http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/06/ilmuwan-temukan-cara-daur-ulang-plastik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.