.

Rabu, 03 Juli 2013

VITAMIN K


Vitamin K sangat penting bagi darah untuk pembekuan saat memperbaiki cedera. Setiap kali seseorang memiliki luka berdarah, ada vitamin K yang hadir dalam darah yang menghentikan pendarahan dan memungkinkan luka yang paling ringan untuk sembuh dengan cepat.


Ada tiga bentuk yang berbeda dari vitamin K. Varian pertama dari vitamin K adalah vitamin K1, juga dikenal sebagai phylloquinone. Ini adalah bentuk dari vitamin K yang ditemukan dalam jenis makanan nabati. Vitamin K ditemukan dalam makanan nabati. Bentuk kedua dari vitamin K adalah vitamin K2, atau menaquinone. Jenis vitamin K dibentuk oleh bakteri bersahabat dalam usus. Ketiga, ada K3 vitamin yang juga dikenal sebagai menadione dan sebenarnya merupakan bentuk artifisial dari vitamin K. Ketiga jenis vitamin K berakhir di hati di mana ia digunakan untuk membuat zat pembekuan darah.

Sumber alami terbaik dari vitamin K adalah sayuran berdaun hijau, seperti bayam. Namun, karena bakteri bersahabat dalam usus membuat salah satu bentuk dari vitamin K menjadikan seseorang tidak kekurangan vitamin K dan sehingga suplemen vitamin K tidak diperlukan oleh sebagian besar orang.

Vitamin K punya empat manfaat yaitu :
·         Mempercepat menghentikan pendarahan
·         Mencegah osteoporosis
·         Membunuh sel kanker
·         Mencegah penuaan dini

Vitamin K dapat kita temukan dimana saja,ada banyak makanan yang mengandung vitamin K,seperti bayam,brokoli,kacang hijau,asparagus,kubis,seledri,kembang kol,tomat,bluberry,selada,lobak,seledri.makanan-makanan itu tentunya dapat dengan mudah kita temukan di Indonesia bukan,jadi kenapa kita tidak mengkonsumsi makanan-makanan itu??

Tapi ingat jangan sampai kita terlalu banyak mengkonsumsi vitamin K,karena bila terlalu berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh kita,bisa menyebabkan hemosilis sel darah merah,hemolisis sendiri adalah pecahnya membran eritrosit, dan hemoglobin bebas ke dalam medium sekelilingnya,dan dapat menyebabkan anemia.lalu juga dapat menyebabkan penyakit kuning.

Seperti vitamin A, D, dan E, vitamin K termasuk vitamin larut lemak. Huruf K yang menjadi inisial namanya berasal dari bahasa Jerman, yaitu kata Coagulation yang di dalam bahasa Inggris berarti pembekuan darah. Mungkin dari sinilah asalnya, mengapa vitamin K banyak dikenal masyarakat hanya sebatas pada anti pembekuan darah. Padahal, berbagai penelitian ilmiah telah menemukan bahwa vitamin K tidak hanya berperan sebagai anti pembekuan darah namun juga berhubungan dengan pencegahan kanker, pencegahan penyakit Alzheimer, dan pengontrolan kadar gula darah.

Sumber :
http://www.hilo.co.id/vitamin-k-si-pengunci-nutrisi
http://wikivitamin.com/penyakit-akibat-kelebihan-vitamin-k/
http://www.doktercantik.com/1407/sumber-makanan-dan-manfaat-vitamin-k.html#_
http://www.smallcrab.com/kesehatan/896-empat-manfaat-vitamin-k-bagi-kesehatan
http://10caradietsehat.com/vitamin-k.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.