.

Senin, 02 Oktober 2023

KONSEP MOL

KONSEP MOL

Oleh : Adhitiya Putra Wardhana
(@Z01-ADHITIYA)


Abstrak
  
Mol merupakan jumlah tertentu untuk menyatakan banyaknya suatu zat yang berukuran mikroskopis. Satu mol menunjukkan banyaknya partikel yang terkandung dalam suatu zat yang jumlahnya sama dengan jumlah partikel dalam 12 gram atom C-12. eorang ilmuwan bernama Avogadro berhasil menghitung banyaknya partikel dalam 12 gram atom C-12, yaitu sebanyak 6,02 × 1023 partikel. Sungguh besaran yang tidak dapat dijangkau dengan indera manusia. Bilangan tersebut lebih dikenal sebagai bilangan Avogadro. Untuk 1 mol zat mengandung 6,02 × 1023 partikel.

Pendahuluan
  
Setiap zat yang ada di alam tersusun atas partikel-partikel bentuk atom, molekul, dan ion. Ukuran dan massa partikel-partikel zat tersebut sangat kecil sehingga kita kesulitan untuk mengukurnya. Karena alasan tersebut dimulai era pengetahuan konsep mol. Jumlah partikel dalam suatu zat juga sangat banyak sehingga kita sulit juga untuk menghitungnya. Akan tetapi, para ahli kimia berhasil menemukan cara menghitung jumlah partikel, massa zat, dan volume gas. Hubungan kuantitatif antara zat-zat yang terlibat dalam suatu reaksi disebut stoikiometri. Dalam stoikiometri, satuan yang digunakan untuk menyatakan jumlah partikel dalam zat dinamakan mol. Mol berasal dari bahasa Lathin yaitu Ȥmoleȥ yang artinya tumpukan. Jumlah partikel-partikel atom, molekul, atau ion dalam 1 mol zat akan sama dengan jumlah partikel-partikel dalam 1 mol zat lainnya. Namun , massa setiap dalam 1 mol tidak sama. Mol dapat digunakan sebagai jembatan penghubung antara massa zat dengan jumlah partikel.

Rumusan Masalah
1. Hubungan apa saja yang terdapat dalam konsep mol?
2. Jelaskan perhitungan pada massa molar ?

Tujuan
Berutujuan untuk mengetahui dan memahami tentang konsep mol

Pembahasan
1. Hubungan yang terdapat dalam konsep mol

Hubungan Mol dengan Jumlah Partikel
  
1 mol menyatakan banyaknya partikel dalam suatu zat, yang mana jumlahnya sama dengan jumlah partikel dalam 12 g atom C-12. Berdasarkan penelitian pak Avogadro diketahui nih kalau dalam 1 mol atau 12 g atom C-12 terkandung 6,02 x 10²³ partikel. Bilangan ini kemudian dikenal luas sebagai bilangan Avogadro dengan lambang N (huruf kapital). Jadi, dari hal tersebut kita bisa ketahui persamaan hubungan antara jumlah mol dengan jumlah partikel yaitu: Jumlah Partikel (JP) = mol . 6,02 x 10²³

Hubungan Mol dengan Massa Zat
   Besarnya massa atom dan molekul yang terdapat dalam 1 mol zat dapat diketahui melalui massa atom relatif (Ar) dan massa molekul relatif (Mr), Secara matematis hubungan ini dapat digambarkan berikut: Massa Senyawa = Mr x Jumlah mol

Hubungan Mol dengan Volume Gas
   Volume  adalah ukuran besarnya ruang yang ditempati suatu zat. Avogadro kembali mencetuskan hipotesis yang menyatakan bahwa pada volume yang sama dengan gas yang berbeda-beda (suhu (T) dan tekanan (P) sama) terkandung jumlah partikel yang sama. Pada kondisi standar (suhu 0°C dan tekanan 1 atm) volume molar gas bernilai sebesar 22,4L. Jadi, berdasarkan hukum Avogadro dapat disimpulkan persamaan: Volume (STP) = mol x 22,4L Namun, apabila tidak dalam kondisi standar hipotesis avogadro ini dapat dituliskan dalam bentuk persamaan: PV = nRT

P : Tekanan (atm)
V : Volume (L)
n : mol
R : 0,082 L.atm/mol.K
T : suhu (K)

Secara umum, hubungan mol dengan persamaan lainnya dapat dituliskan di dalam jembatan mol seperti berikut ini: 


Berikut adalah keterangan dari beberapa simbol yang ada di jembatan mol tersebut:
n = jumlah mol suatu zat (mol)
G = massa atau biasa ditulis m (gram)
x = jumlah partikel zat
M = molaritas atau konsentrasi larutan (M)
V = volume zat (L)
P = tekanan (atm)
R = tetapan gas yang umumnya bernilai 0,082
T = suhu (K)
STP = kondisi suhu dan tekanan standar (0˚C dan 1 atm)


2. Perhitungan massa molar
   1 mol elemen apapun akan mengandung jumlah atom yang sama dengan 1 mol elemen lainnya. Akan tetapi, massa 1 mol elemen dapat berbeda dengan massa 1 mol elemen lain karena massa atom secara individu juga berbeda. Dengan hal ini maka muncul istilah Massa Molar yang biasa ditampilkan sebagai Massa Atom untuk zat dengan atom tunggal atau pada gabungan atom (senyawa) hal ini disebut sebagai massa relatif. Massa molar ini dinyatakan dalam satuan gram per moll yang dapat didefinisikan sebagai massa untuk satu mol zat tersebut. Massa molar ini akan sangat berguna dalam perhitungan yang melibatkan massa zat dan mol. Sebagai contoh yaitu pada atom karbon yang memiliki nomor atom 6 dan nomor massa 12. Kita dapat mengetahui bahwa atom karbon memiliki massa 12 gram setara dengan 1 mol atom karbon tersebut. Ketika kita menemukan atom karbon dengan massa 24 gram, itu berarti atom karbon berada dalam jumlah 2 mol. Sama halnya dengan oksigen yang memiliki nomor massa 16, itu berarti untuk 1 mol oksigen membutuhkan 16 gram oksigen. Ketika atom karbon bereaksi dengan oksigen dan membentuk karbon dioksida (CO2), maka kita dapat menghitung massa relatif dari CO2 yaitu
Pada CO2 mengandung 1 atom C dan 2 atom O
1 x massa C = 1 x 12 = 12 gram/mol
2 x massa o = 2 x 16 = 32 gram/mol
Total = 12 + 32 = 44 gram/mol
Jadi untuk molekul CO2 memiliki massa relatif sebesar 44 gram/mol.

Kesimpulan
  
Berdasarkan artikel diatas dapat disimpulkan bahwa konsep mol ada hubunganya dengan jumlah partikel, massa zat dan volume gas yang dapat digambarkan atau dituliskan dalam jembatan mol seperti pada contoh gambar  diatas. Konsep mol juga terdapat perhitungan massa molar dimana 1 mol atom karbon memiliki massa 12 gram dan jika kita menemukan atom karbon dengan massa 24 gram, itu berarti atom karbon berada dalam jumlah 2 mol. Sama halnya dengan oksigen yang memiliki nomor massa 16, itu berarti untuk 1 mol oksigen membutuhkan 16 gram oksigen.

Contoh Soal
1. Keadaan STP, tentukan jumlah mol dari 10 L gas oksigen?
2. Tentukan massa dari 4 mol helium (He)?

Jawaban
1. Mol O2 = volume O2 / 22.4 L/mol = 10 L / 22/4 L/mol = 0.446 mol
pembahasan : Untuk menghitung jumlah mol jika diketahui volumenya maka kita dapat membaginya dengan nilai 22.4 L/mol.


2. Mol = massa zat / Mr
Massa zat = Mol x Mr = 4 x 4 = 16 gram
Jadi massa 4 mol helium yaitu 16 gram.
pembahasan : dilihat dalam tabel sistem periodik yaitu pada bagian nomor massa. He memiliki masa relatif yaitu 4 g/mol. Selanjutnya massa dapat dihitung dengan mengalikan jumlah mol dengan masa relatifnya.

Daftar Pustaka

Kimia, I. 2022. Pengertian Konsep Mol, 4 Rumus, dan Contoh Soalnya. Retrieved from https://www.pakarkimia.com/konsep-mol/ (Diakses pada 1 Oktober 2023)

Puput Yuliana, A. P. 2020. Makalah Kimia - Konsep MOL. Retrieved from https://id.scribd.com/document/443128530/Makalah-Kimia-Konsep-MOL (Diakses pada 1 Oktober 2023)

Superadmin. 2022. Konsep Mol: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soalnya. Retrieved from https://www.pijarbelajar.id/blog/konsep-mol#pengertian-mol (Diakses pada 1 Oktober 2023)

Viandari, E. 2019. Konsep Mol Kimia Pengertian, Konsep, dan Latihan Soal. Retrieved from https://www.quipper.com/id/blog/mapel/kimia/konsep-mol-kimia-kelas-10/ (Diakses pada 30 September 2023)

Zahrani, A. M. 2021. Konsep Rumus Mol. Retrieved from https://www.zenius.net/blog/konsep-rumus-mol-dan-contoh-soal (Diakses pada 30 September 2023)

 




2 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.