.

Senin, 09 November 2020

MAKHLUK HIDUP & UDARA YANG TERCEMAR

 

MAKHLUK HIDUP & UDARA YANG TERCEMAR

Oleh : Oliver Gideon Parsaoran (@S10-Oliver)


 

ABSTRAK

Udara adalah salah satu kebutuhan dasar bagi setiap makhluk hidup. Mulai dari manusia, hewan, bahkan tumbuhan sekalipun bernafas dan membutuhkan udara yang sehat dan segar.

            Secara garis besar, pencemaran udara terjadi karena ada asap kendaraan, asap dari rokok, asap pembakaran sampah, asap dari pabrik dan sebagainya. Maka dari itu, udara adalah hal yang sangat penting dijaga kebersihannya, karena akan mempengaruhi Kesehatan semua makhluk hidup. Kita harus bisa mencegah dan mengatasi pencemaran udara.

Kata Kunci : udara, makhluk hidup, pencemaran udara, penanggulangan pencemaran udara.

 


PENDAHULUAN

Udara adalah salah satu kebutuhan dasar bagi setiap makhluk hidup. Mulai dari manusia, hewan, bahkan tumbuhan sekalipun bernafas dan membutuhkan udara yang sehat dan segar. Tetapi semakin hari, polusi udara semakin bertambah jumlahnya, dan tidak sedikit orang yang mengalami sakit pernafasan yang disebabkan oleh pencemaran udara itu.

Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisikkimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti.

 

PEMBAHASAN

A. Penyebab Pencemaran Udara

Penyebab pencemaran udara di Indonesia sekitar lebih dari 70% merupakan hasil emisi kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor mengeluarkan zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan dampak negatif, baik terhadap kesehatan manusia maupun terhadap lingkungan. Zat berbahaya tersebut seperti timbal/timah hitam (Pb), suspended particulate matter (SPM), oksida nitrogen (NOx), hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO), dan oksida fotokimia (Ox). Kendaraan bermotor menyumbang hampir 100 persen timbal, 13-44% suspended particulate matter (SPM), 71-89% hidrokarbon, 34-73% NOx, dan hampir seluruh karbon monoksida (CO) ke udara. Sumber utama debu berasal dari pembakaran sampah rumah tangga mencakup 41% dari sumber debu Jakarta. Sektor industri juga merupakan sumber utama dari sulfur dioksida. Di tempat-tempat padat di Jakarta konsentrasi timbal bisa 100 kali dari ambang batas.

            Tingkat pencemaran udara di dunia sungguh mengkhawatirkan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 98 persen kota berpenduduk di atas 100.000 orang yang ada di negara penghasilan rendah dan menengah tidak memenuhi standar kualitas udara WHO. Sedangkan bagi negara berpenghasilan tinggi, jumlahnya menurun menjadi 52 persen. Tingkat pencemaran udara untuk setiap wilayah, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), seperti ditunjukan oleh gambar di bawah ini.

B. Sumber Pencemaran Udara

Sumber pencemaran udara terdiri dari dua sumber, yaitu:

1.     Sumber pencemaran udara alamiah, misalnya akibat letusan gunung berapi. Bisa juga berupa kebakaran hutan, nitrifikasi dan denitrifikasi biologi.

2.     Sumber pencemaran udara berasal dari manusia. Sumber pencemaran jenis ini misalnya dari transportasi, emisi pabrik. Zat penyebab pencemaran udara yang bersumber dari kegiatan manusia antara lain Karbon Monoksida (CO), Oksida Sulfur (SOx), Oksida Nitrogen (NOx), Partikulat, Hidrokarbon (HC), dan Oksida fotokimia, termasuk ozon.

C. Macam macam Pencemaran Udara

Terdapat dua macam pencemaran udara yaitu:

1.     Pencemaran udara primer yaitu substansi pencemar ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran. Karbon monoksida adalah salah satu contoh pencemar udara primer karena ia merupakan hasil dari pembakaran.

2.     Pencemaran udara sekunder yaitu substansi pencemar terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer. Pembentukan ozon dalam proses fotokimia adalah contoh pencemaran sekunder. Atmosfer merupakan sebuah sistem yang kompleks, dinamik, dan rapuh. Belakangan ini, perhatian pada efek emisi polusi udara terhadap perubahan iklim global dan penipisan lapisan ozon semakin meningkat.

D. Dampak Pencemaran Udara

Dampak pencemaran udara menyerang berbagai sektor kehidupan manusia dan makhluk hidup di bumi. Berikut ini adalah dampak pencemaran udara terhadap kehidupan manusia dan lingkungan :

·       Mengganggu saluran pernafasan

·       Penyebab penyakit jantung

·       Gangguan reproduksi

·       Hipertensi

·       Pemanasan global

·       Hujan asam

·       Eutrofikasi

·       Efek negatif pada satwa liar

·       Penipisan lapisan ozon, dan masih banyak lagi.

E. Penanggulangan Pecemaran Udara

Penanggulangan pencemaran udara dapat dilakukan dengan beberapa cara. Solusi tersebut yaitu:

·       Gunakan moda angkutan umum. Mendorong diri sendiri dan masyarakat untuk menggunakan moda angkutan umum akan menurunkan tingkat polusi udara.

·       Hemat energi. Matikan kipas angina, lampu, penyejuk udara saat anda bepergian keluar. Sejumlah besar bahan bakar fosil dibakar untuk menghasilkan listrik. Dengan mengurangi pemakaian listrik, berarti kita turut mengurangi penggunaaan bahan bakar fosil dan menyelamatkan udara.

·       Pahami dan praktek konsep Reduce, Reuse dan Recycle. Jangan membuang barang-barang yang tidak berguna bagi anda. Anda mungkin saja dapat menggunakan barang-barang tersebut untuk hal lain, misalnya menghasilkan kerajinan. Bahkan, anda bisa menghasilkan uang dari sampah didaur ulang.

·       Gunakan sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan. Teknologi energi terbarukan ramah lingkungan seperti matahari, angin dan panas bumi semakin mutakhir. Pemerintah berbagai negara telah memberikan hibah kepada konsumen yang tertarik untuk memasang panel surya untuk rumah mereka.

·       Gunakan perangkat teknologi atau listrik hemat energi.

 

KESIMPULAN

            Udara adalah salah satu hal sakral atau penting bagi manusia. Ini adalah salah satu penentu Kesehatan manusia. Bila udara yang dihirup kotor dan tercemar, maka Kesehatan manusia pun bisa terganggu. Begitupun sebaliknya, bila udara yang dihirup bersih dan segar, maka Kesehatan manusia pun juga akan baik. Kita sebagai manusia sudah sepatutnya sadar bahwa kita harus bisa mencegah pertambahan polusi udara demi Kesehatan Bersama bahkan seluruh makhluk hidup dan lingkungan di sekitar kita dan di dunia ini. Mulailah dari hal yang kecil, karena itu sangat berguna bagi semuanya.


REFERENSI 

https://lingkunganhidup.co/pencemaran-udara-pengertian-penyebab-dampak-solusi/

https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/17/140000269/pencemaran-udara-dampak-dan-solusi

https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_udara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.