.

Jumat, 07 Februari 2020

Pencemaran Udara di Jakarta Pusat



Oleh : Asep .Supriyadi (@Q02-Asep)





Abstrak
Pencemaran udara merupakan masalah yang sangat serius ,sehingga perlu penaganan yang tepat.Banyak sumber yang mengakibatkan udara tidak sehat seperti ,Emisi gas buang kendaraan bermotor,pabrik,serta pembakaran hutan.
      Pemerintah dalam hal ini untuk mengurangi emisi gas buang yang berasal dari kendaraan mobil dan motor maka diadakannya yang namanya Car Free Day yang diadakan setiap hari minggu .dengan tujuan mengurangi polusi udara di daerah perkotaan terutama Jakarta sebagai ibu kota Negara dan ini cukup ampuh. Di Jakarta Hari Bebas Kendaraan Bermotor pertama kali digelar pada 23 Mei 2002.
PENDAHULUAN 
Car free day sebuah upaya kecil untuk memberikan opini dalam mewujudkan perubahan terhadap masalah lingkungan. Banyak suara yang akhirnya didengar oleh sebagian masyarakat yang belum “terbangun” dari rasa peduli kepada lingkungannya sendiri. Kegiatan ini menggabungkan mereka yang memiliki visi dan misi yang sama agar pemerintah ikut ambil alih dalam menanganinya terutama pencemaran udara.
Langkah dalam Melakukan Perubahan
Perubahan itu perlu, hanya bagaimana manusia bergerak dan berusaha meraih perubahan tersebut. Jika ingin lingkunganmu sehat, bersih dan nyaman tentu harus ada usaha yang dilakukan secara maksimal. Bumi sudah menyediakan banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh manusia, lalu tugas kita adalah menjaganya. Pada saat car free day, ada segelintir orang bergerak mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya udara bersih bagi kesehatan. Dengan demikian, kebiasaan ini juga akan tumbuh pada generasi selanjutnya dengan pola pikir baru yang lebih positif.
Penutup
Kesimpulan
Pencemaran udara dapat kita cegah dengan berperilaku baik terhadap lingkungan ,baik di perkotaan maupun di pedesaan.Hutan adalah paru-paru dunia yang banyak sekali menyumbang udara bersih sehingga berpengaruh terhadap kesehatan dan kelangsungan hidup yang akan datang.
Saran
Memperbanyak penanaman pohon di lokasi –lokasi yang banyak polusi udara
Memperketat aturan tentang pembangunan pabrik yang mengakibatkan polusi udara
Membiasakan naik bus untuk mengurangi kemacetan serta mengurangi emisi gas buang yang disebabkan kendaraan bermotor dan mobil.
Daftar pustaka










1 komentar:

  1. @Q01 - WAWAN

    Apa saja penyebab pencemaran udara yang terjadi di Kota Jakarta.

    Terimakasih

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.