.

Senin, 30 Desember 2019

Teknologi Ramah Lingkungan (Greentech)

Oleh @N12-ALFINA, Alfina Septiyadevi


Abstrak :
Pada era globalisasi ini, teknologi menjadi pusat perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia karena terkait dan menentukan keberlangsungan hidup manusia. Fakta membuktikan bahwa permasalahan lingkungan semakin lama semakin memburuk. Oleh karena itu, harus dicari cara untuk mengatasinya. Teknologi ramah lingkungan merupakan sebuah metode atau sistem untuk mencapai tujuan tertentu yang mana dalam pelaksanaannya mengacu pada wawasan lingkungan dan atau memperhatikan kaidah-kaidah lingkungan di sekitarnya. Salah satunya ialah Teknologi Hijau (Greentech) yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas hidup manusia.

Kata Kunci : Teknologi Hijau (Greentech)

Pendahuluan :
Menurut Handajani dkk (2015) dalam Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, Teknologi Hijau adalah Teknologi yang mempertimbangkan penghematan dalam penggunaan sumberdaya alam dan menjaga keberlangsungan ketersediaannya serta meminimalisasi dampak negatif bahkan berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Kelestarian atau keberlanjutan (sustainabilitas) dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan di masa depan tanpa merusak sumber daya alam, atau tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri (Green Tecnology, 2008).   

Pembahasan :
Keberadaan teknologi hijau dapat menjadi inovasi bagi manusia untuk merubah gaya hidupnya seperti kegandrungan manusia saat ini akan information technology (IT). Beberapa ciri Teknologi Hijau antara lain: berkelanjutan (sustainable), menggunakan sumber alam yang terbarui (reclaimed), menghasilkan produk yang bermanfaat kembali (re-used), mengurangi produk limbah dan bahan pencemar, menggunakan proses terdaur ulang (recycle), inovatif tidak berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, menciptakan kegiatan dan produk yang ber-manfaat bagi lingkungan atau dapat melindungi bumi.
A.    Konsep Penerapan Teknologi Hijau
Konsep penerapan teknologi hijau secara umum memiliki beberapa tujuan utama  yang memiliki prioritas untuk dapat diterapkan dalam kehidupan manusia, yaitu :
1.      Keberlangsungan
Upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara terus menerus di masa depan tanpa merusak atau menghabiskan sumber daya alam.
2.      Pendaurulangan sampah
Upaya untuk mengakhiri siklus barang sekali pakai, dengan menciptakan produk yang sepenuhnya dapat diperoleh kembali atau digunakan kembali.
3.      Pengurangan Sumber Sampah
Upaya untuk mengurangi sumber limbah dan polusi dengan mengubah pola produksi dan pola konsumsi.
4.      Inovasi
Upaya untuk mengembangkan alternatif teknologi yang ramah lingkungan guna memenuhi kebutuhan manusia tanpa merusak lingkungan. Inovasi ini salah satunya adalah penciptaan biomassa yang bisa diubah menjadi ethanol  yang merupakan energi alternatif  yang dapat diperbarui sebagai pengganti bahan bakar fosil.
5.      Viabilitas
Upaya untuk menciptakan suatu pusat kegiatan ekonomi di seluruh bidang teknologi dan produk yang memberikan keuntungan bagi lingkungan dan menciptakan peluang usaha baru yang benar-benar melindungi planet bumi dari kerusakan.
6.      Edukasi
Upaya untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya penerapan teknologi hijau guna mendukung terciptanya daya dukung lingkungan yang berkelanjutan.

B.     Bidang-bidang Teknologi Hijau
1.      Energi Terbarukan (Renewable Energy)
            Mengingat keterbatasan sumber energi berbahan baku fosil (minyak, gas dan batubara), maka energi menjadi masalah yang paling mendesak dalam bidang teknologi hijau, termasuk didalamnya pengembangan bahan bakar alternatif atau energi terbarukan yang efisien.
2.      Bangunan hijau (Green Building)
            Bangunan hijau juga mendapat perhatian penting di bidang teknologi hijau, segala sesuatu yang berkaitan dengan pembangunan rumah atau infrastruktur yang ramah lingkungan. Penerapannya mulai sejak pemilihan bahan bangunan hingga lokasi tempat bangunan akan didirikan diharapkan telah mempertimbangan kelestarian lingkungan hidup.
3.      Kimia Hijau (Green Chemistry)
            Hampir seluruh produk untuk keperluan sehari-hari adalah produk kimiawi. Oleh karena itu kimia hijau (green chemistry) mulai mendapat perhatian berbagai negara maju dalam hal penemuan, rancangan dan aplikasi produknya termasuk proses yang dijaga dari penggunaan bahan beracun atau zat yang berbahaya bagi kehidupan.
4.      Teknologi Nano Hijau (Green Nanotechnology)
             Yang paling terkini adalah studi tentang Green nanotechnology (teknologi nano hijau) yang melibatkan manipulasi bahan pada skala nanometer (satu miliar meter). Beberapa ilmuwan percaya bahwa penguasaan subjek ini di masa datang akan mengubah cara bagaimana segala sesuatu di dunia ini dibuat. “Green nanoteknologi” adalah penerapan kimia hijau tingkat lanjut dengan prinsip-prinsip rekayasa teknologi yang ramah lingkungan.

C.     Manfaat Teknologi Ramah Lingkungan
1.      Meminimalkan jumlah limbah agar jumlahnya tidak berlebihan. Dengan begitu dapat mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.
2.      Teknologi yang ramah lingkungan sendiri merupakan benar-benar efektif dan efisien untuk penggunaan sumber daya alam. Maka, lingkungan dapat tetap terjaga baik.
3.      Meminimalisir resiko terhadap penurunan kondisi pada kesehatan makhluk hidup.
4.      Bisa menekan anggaran atau biaya produksi menjadi lebih hemat.

Kesimpulan :
Prinsip utama pada konsep Green Technology meliputi 3 hal yaitu, kenyamanan sosial, ekonomis, dan ramah lingkungan. Tentunya teknologi yang digunakan tidak hanya bermanfaat tetapi juga harus ramah lingkungan. Maka dari itu untuk membuatnya kita perlu menerapkan konsep teknologi hijau. Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga keberlanjutan kehidupan bumi maksudnya sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan dimasa depan tanpa merusak sumber daya alam. Seperti teknologi terbarukan PLTS yang mempunyai konsep menghemat energy fosil namun tidak melepaskan polutan.


Daftar Pustaka:
Hidayat, A A; Kholil, Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Ingkungan Industri - Penerbit Wahana Revolusi. Yogyakarta.
Handajani dkk. 2015. Sains dan Teknologi Lingkungan : Teknologi Hijau. Online
Shidqi,Muhammad. 2018. Green Technology. Online https://sites.google.com/site/muhammadshidqi/green-technology
Geny,Anggita. 2011. Kecendrungan Teknologi Dimasa Depan. Online
Farhan,Alfatur. 2017. Teknologi Hijau : Kecenderungan Teknologi di Masa yang Akan Datang. Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.