.

Minggu, 13 Oktober 2019

PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGANHIDUP

 Dicky Abdillah maulana (@P03-DICKY)








ABSTRAK
Manusia memiliki berbagai jenis kebutuhan, baik kebutuhan pokok atau primer maupun kebutuhan sekunder. Dalam memenuhi kebutuhannya tersebut, manusia memanfaatkan sumberdaya alam yang tersedia. Semakin banyak jumlah manusia, semakin banyak pula sumberdaya alam yang digali, diolah dan dijadikan berbagai produk yang siap digunakan. Dalam proses pengambilan,pengolahan dan pemanfaatan sumberdaya alam, terdapat sisa yang tidak digunakan. Sisa tersebut dibuang karena tidak dibutuhkan pada saat itu. Sisa dari proses tersebut kemudian mencemari lingkungan perairan, udara dan daratan, sehingga lama kelamaan lingkungan menjadi rusak. Kerusakan lingkungan akibat pencemaran terjadi dimana-mana yang berdampak pada menurunnya kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Bahkan, pencemaran dan kerusakan lingkungan menimbulkan berbagai dampak buruk bagi manusia seperti penyakit dan bencana alam. Karena itulah, setelah mempelajari bab ini kalian diharapkan tidak mencemari lingkungan dan melakukan berbagai upaya untuk mencegah kerusakan lingkungan.

Kata kunci :  pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup


A.   PENGERTIAN PENCEMARAN
 sebuah proses pengubahan zat atau energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Setiap proses tersebut tidak dapat sepenuhnya mampu diubah, melainkan selalu ada sisa atau disebut entropyyang kemudian menjadi sampah atau limbah yang masuk atau dimasukkan ke lingkungan.
Contoh sederhanasebuah entropy adalah ketika kalian makan. makanan akan diproses dalam perut untuk kemudian diubah menjadi energi.

B.   Jenis-jenis pencemaran

1.Pencemaran Air
Manusia membutuhkan air untuk berbagai keperluan seperti minum, mencuci, memasak, bercocok tanam, dan lain-lain. Semakin bertambah jumlah manusia semakin besar pula kebutuhan akan air. Pada sisi lain, keberadaan air dilihat dari jumlah dan kualitasnya semakin lama semakin menurun. Bahkan, banyak daerah perkotaan dan pedesaan yang terancam mengalami krisis airbersih.

Bagaimanakah ciri-ciri air yang sudah tercemaratau menyimpang dari keadaan normal air? Air yang sudah tercemar memiliki ciri-ciri tertentu, yaitu :
a.Adanya perubahan suhu air
b.Adanya perubahan warna, bau, dan rasa air
c.Adanya endapan dan bahan terlarut
d.Adanya mikroorganisme
            
C. Pencemaran udara
           Bahan-bahan atau zat-zat asing apa saja yang mencemari               udara? Banyak sekali bahan-bahan atau zat-zat yang mencemari udara, namun yang paling banyak berpengaruh dalam pencemaran udara adalah Karbon Monoksida (CO), Nitrogen Oksida (NOx), Belerang Oksida (SOx), Hidro Karbon (HC), Partikel (Partikulate) dan lain-lain.
Contoh nya : asap industri pabrik dan asap kendaraan sepeda motor
         
 D.kesimpulan
         Dari  pencemaran lingkungan kita dapat memahami bahwa begitu bahaya nya bila lingkungan itu tercemar, bukan bahaya bagi manusia saja tapi bahaya juga buat hewan dan ekosistem lingkungan sekitar.

Daftar pustaka
   
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.