.

Senin, 23 September 2019

Konversi Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar

SATRIA HOTMA HIZKIA
@N19-SATRIA





          Konversi Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak

            Abstrak 
Hal yang dikhawatirkan dari plastik adalah ketika sudah menjadi sampah, ia tidak akan mengalami dekomposisi di dalam tanah, meskipun telah terkubur puluhan hingga ratusan tahun. Pirolisis adalah dekomposisi kimia bahan organik melalui proses pemanasan tanpa atau sedikit oksigen atau reagen lainnya, dimana material mentah akan mengalami pemecahan struktur kimia menjadi fase gas.

Kata Kunci : Plastik, Pirolisis
1.      Pendahuluan
    Plastik sudah menjadi sesuatu yang melekat pada kehidupan manusia. Banyak orang atau organisasi melakukan sosialisasi agar tidak menggunakan alat dan bahan yang terbuat dari plastik. Seperti menggunakan botol minum sendiri, sedotan stainless, membawa tas belanja sendiri, dan lain sebagainya. Namun plastik tak kunjung berkurang dari peradaban manusia saat ini. Hal yang dikhawatirkan dari plastik adalah ketika sudah menjadi sampah, ia tidak akan mengalami dekomposisi di dalam tanah, meskipun telah terkubur puluhan hingga ratusan tahun. Karena hal itu, berbagai upaya dilakukan agar plastik tidak lagi menjadi beban tetapi menjadi sesuatu yang memiliki kegunaaan. Sampah plastik dalam jumlah banyak merupakan suatu faktor yang dapat menyebabkan polusi  pada  lingkungan (tanah dan air), jika tidak dikelola dengan baik

2.      Permasalahan
2.1    Metode apa yang dapat dilakukan untuk mengelola plastik agar tidak meresahkan lingkungan dan manusia ?
2.2    Bagaimana proses pengolahannya ?

3.      Pembahasan
3.1    Pirolisis
Pirolisis adalah dekomposisi kimia bahan organik melalui proses pemanasan tanpa atau sedikit oksigen atau reagen lainnya, dimana material mentah akan mengalami pemecahan struktur kimia menjadi fase gas.
Pirolisis adalah teknik pembakaran sampah (limbah plastik) tanpa O2 dan dilakukan pada suhu tinggi yaitu antara 800oC sampai dengan 1000oC. Teknik ini mampu menghasilkan gas pembakaran yang aman dan berguna bagi lingkungan.

3.2    Proses
     Memanaskan plastik pada suhu di atas 400oC tanpa oksigen. Pada suhu tersebut, plastik akan meleleh dan kemudian berubah menjadi gas. Pada saat proses tersebut, rantai panjang hidrokarbon akan terpotong menjadi rantai pendek. Proses selanjutnya adalah pendinginan yang dilakukan pada gas tersebut sehingga gas akan mengalami kondensasi dan membentuk cairan.
     Cairan inilah yang nantinya menjadi bahan bakar, baik berupa bensin maupun bahan bakar diesel. Untuk mendapatkan hasil dan performa yang lebih baik, maka ditambahkanlah katalis. Beberapa parameter sangat berpengaruh terhadap produk yang dihasilkan antara lain yaitu suhu, waktu, dan jenis katalis. Setelah itu, uap hasil pembakaran sampah plastik akan diteruskan melalui pipa pendingin dan uap mengalami proses penyubliman sehingga berubah menjadi zat cair.
      Zat cair itulah yang menjadi minyak mentah, cikal bakal dari bahan bakar minyak. Saat sudah mencapai tahap menjadi zat cair, akan ada proses pemanasan lagi yang dilakukan untuk membuat apakah minyak mentah itu akan menjadi minyak tanah, bensin, atau solar. Proses pemisahan partikel minyak itu dibagi ke tiga slot, dengan hasil akhirnya dikeluarkan melalui keran yang berjumlah tiga di tiap slotnya.
Dari sampah plastik yang ditaruh penuh di dalam tabung reaktor, bisa menghasilkan 800 mililiter atau 0,8 liter BBM sintetis.


4.      Kesimpulan
Dengan metode konversi plastik menjadi BBM, sampah plastik tidak lagi menjadi masalah dan Pemerintah bersama dengan masyarakat dapat bekerjasama menanggulangi perubahan iklim dengan mengurangi produksi emisi gas rumah kaca.


Referensi

Arwizet. 2017. Mesin  Destilasi Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak             Menggunakan Kondensor Bertingat dan Pendingin Kompresi uap. Vol. 17, No. 2

Ermawati, Rahyani. 2011. Konversi Limbah Plastik Sebagai Sumber Energi Alternatif. Jurnal       Riset Industri Vol. V, No.3 (257-263).

Hidayat, Atep Afia. Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan                      Industri. Yogyakarta: Wahana Resolusi.

Rangkutin CH, dkk. 2019. Pembuatan Minyak Plastik Dengan Proses Pirolisis. Vol. 14 No. 1       (1-4).







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.