.

Kamis, 12 September 2019

ENERGI KIMIA




NAMA: AROLVO ARTYA ANGGAREXO

(@P12-AROLVO, @PROYEKPO1.)









Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya, perubahannya sering mempengaruhi lingkungan dan udara yang kita hirup dengan berbagai cara. Energy kimia dalam bahan bakar fosil diubah menjadi energy panas, mekanik, atau listrik melalui pembakaran dan ini sebagai penghasil polutan terbesar. Dan dengan demikian pembangkit listrik, kendaraan bermotor, dan kompor adalah penyebab utama terjadinya polusi udara.  Polutan yang dikeluarkan biasanya dikelompokan menjadi hidrokarbon (HC), nitrogen oksida (NOx), dan karbon monoksida (CO). Polutan yang dihasilkan pada pembakaran fosil merupakan faktor terbesar terjadinya asap, hujan asam, pemanasan global dan perubahan iklim.
Kata kunci: Energi, Lingkungan, Polutan
PENDAHULUAN
Sebuah kota metropolitan biasanya dicirikan oleh banyaknya gedung-gedung bertingkat, banyaknya pusat-pusat perbelanjaan, banyaknya apartemenapartemen dan sudah tentu diikuti oleh jumlah penduduk yang padat, contoh kota metropolitan seperti kota Jakarta, Tokyo, New York, Moscow, Berlin, London dll. Untuk memenuhi kebutuhan energy di kota metropolitan biasanya dibangun pembangkit-pembangkit listrik dengan berbagai sumber penggerak turbinnya seperti PLTN, PLTU, PLTD, PLTA. Untuk PLTU biasanya menggunakan batubara untuk menghasilkan uap penggerak turbin. Demikian pula PLTD menggunakan bahan bakar fosil sebagai penggerak turbinnya. Keduanya ini menghasilkan gas buang yang dilepas ke udara, demikian pula residu yang dibuang ke lingkungan. Ada pula ciri lain sebuah kota metropolitan yaitu hilir mudiknya sarana transportasi seperti sepeda otor, angkutan bus, kereta api dll selama 24 mjam. Pemakaian alat transportasi ini kebanyakan menggunakan bahan bakar fosil, sehingga banyak menghasilkan gas buang dengan berbagai partikel. Adanya gas buang ini sangat jelas. Di Kota Jakarta jarang terlihat langit di atasnya bersih dari pagi hari sampai sore hari. Ini menunjukan tingginya tingkat polusi udara. Pada penggunaan mobil, sepeda motor, dan lainnya yang menggunakan bahan bakar fosil, disini sebenarnya terjadi perubahan energi kimia menjadi energi mekanik dan panas.
PENGERTIAN ENERGI
Energi kimia adalah suatu energi yang tersimpan di dalam persenyawaan kimia yang terbentuk ikatan antara atom yang satu dengan atom lainnya. Besar energi yang dihasilkan tergantung dari jenis dan jumlah pereaksi dalam suatu reaksi kimia. Definisi energi adalah kemampuan system untuk memproduksi atau mengonsumsi kerja. Energi ada dalam berbagai bentuk tetapi yang dua kategori besar yaitu potensi dan kinetik. Bentuk seperti nuklir,surya,angina,kimia, dan energi listrik.
PERUBAHAN ENERGI
Perubahan energi adalah perubahan suatu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Contoh dari perubahan energi adalah sebagai berikut:
·          Perubahan energi panas menjadi energi  gerak.
Contohnya : kertas yang dibentuk spiral bergerak saat dipanaskan di atas lilin
·         Perubahan energi gerak menjadi energi panas.
Contohnya : tangan kanan dan kiri kita ketika digosok-gosokkan terasa hangat,ban sepeda/sepeda motor setalah perjalanan cukup jauh maka menjadi panas.
·         Perubahan energi cahaya menjadi energi listrik
Contohnya : panel surya
·         Perubahan energi kimia menjadi energi gerak.
Contohnya : kereta uap
·         Perubahan energi gerak menjadi energi listrik
Contohnya : dinamo
·         Pengertian energi potensial menjadi energi gerak
Contohnya : benda yang jatuh seperti mangga jatuh
MACAM MACAM ENERGI
1.       Energi  panas
Energi panas yaitu energi yang dapat menghasilkan panas. Benda yang terbakar menghasilkan panas. Panas yang disebut juga kalor. Kalor merupakan salah satu bentuk energi yang dapat mengakibatkan perubahan suhu maupun perubahan wujud zat. Panas merupakan salah satu bentuk energi. Lilin yang menyala dapat memutar kertas spiral yang bergantung di atasnya.
Contohnya : matahari
2.       Energi kimia
Energi kimia adalah energi yang timbul karna adanya reaksi kimia. Energi kimia itu yang tersimpan dalam bahan makanan dan bahan bakar. Energi itu akan dilepaskan jika bahan makanan atau bahan bakar mengalami reaksi kimia.
Contohnya : peristiwa menyalanya kembang api,dalam bahan bakar,dan di dalam makanan.
3.       Energi listrik
Energi yang terdapat atau tersimpan pada arus listrik. Energi listrik merupakan energi yang paling banyak digunakan oleh manusi secara langsung. Hal itu karena energi listrik mudah di bangkitkan dan mudah dibangkitkan dan mudah diubah bentuknya menjadi energi bentuk lain, misalnya energi cahaya,panas dan gerak
Contohnya : peralatan elektronik
4.       Energi bunyi
Energi bunyi yaitu energi yang terdapat dalam bunyi. Energi bunyi  terdapat pada segala jenis bunyi.
Contohnya : suara petir,halilintar
5.       Energi cahaya
Energi cahaya adalah energi yang dimiliki oleh cahaya. Matahari merupakan salah satu sumber energi cahaya. Energi cahaya dapat diperoleh dari benda-benda yang dapat memancarkan cahaya,misalnya api dan lampu.
Contohnya : pemotong logam dengan penggunaan laser
6.       Energi nuklir
Energi nuklir adalah energi yang terdapat pada inti atom. Energi nuklir merupakan energi yang dihasilkan selama reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi pada inti atomyang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang lain dan partikel-partikel lain dengan melepaskan energi kalor.
Contohnya : bom atom dan reaktor nuklir
7.       Energi kinetik
Energi kinetik adalah energi gerak. Energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda saat bergerak. Energi itu akan dilepaskan jika benda berhenti. Besar energi kinetik benda ditentukan oleh mssa benda dan kecepatan gerak benda.
Contohnya : orang yang sedang berjalan
8.       Energi potensial
Energi potensial disebut juga dengan energi diam,karena energi ini dimiliki oleh benda yang diam. Energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena keadaan atau kedudukannya.
Contohnya : ketapel,pegas,air terjun
9.       Energi pegas
Semua benda yang elastis atau lentur memiliki energi pegas.
Contohnya : pegas,busur panah
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ENERGI KIMIA
Kelebihan energi kimia :
·         Ramah lingkungan
·         Mendapatkan sumber energi gratis seperti sinar matahari,angin
·         Pasokan melimpah
Kekurangan energi kimia :
·         Biaya instalasi awal tinggi
·         Penyimpanan dan transportasi
·         Tidak dapat diandalkan
·         Belum efisien
DAFTAR PUSTAKA    
Dianti.sri2014. Pengertian energi kimia dan penerapannya. Sri dianti.com dalam http://www.sridianti.com/pengertian-energi-kimia-dan-penerapannya.html (24 Mei 2014)
I Made Astra Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, JURNAL METEOROLOGI DAN GEOFISIKA VOL. 11 NO.2 – NOVEMBER 2010: 131-139
Wiguna. Arden 2010. Pengertian energi, bentuk energi , perubahan energi, dan contoh contoh nya. Ar  techno.com dalam http://artechno02.blogspot.co.id/2016/11/pengertian-energi-bentuk-energi.html
(22 November 2010) Alfara. Aprilia 2014. Macam-macam energi dan manfaat nya. Wordpress.com dalam https://apriliaalfara.wordpress.com/2014/12/04/macam-macam-energi-dan-manfaatnya/
(13 April 2014) Biasanya. Intan 2013 pengertian dan manfaat energi dalam kehidupan manusia sehari-hari. Oke-reload.blogspot.co.id dalam http://oke-reload.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-dan-manfaat-energi-dalam-kehidupan-kita-sehari-hari.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.