.

Minggu, 11 November 2018

Pencemaran Udara


@J15-Shasa

Adanya kasus gas amonia yang menyebar di daerah Palembang menyebaban banyak warga yang masuk ke rumah sakit. Gas Amonia adlah salah satu dari zat yang menyebabkan pencemaran udara. Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisikkimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti.
Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suarapanasradiasi atau polusi cahayadianggap sebagai polusi udara. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokalregional, maupun global.
Kata kunci: Pencemaran Udara, polutan, polusi udara
Pencemaran udara di dalam ruangan dapat mempengaruhi kesehatan manusia sama buruknya dengan pencemaran udara di ruang terbuka.
Pencemaran udara adalah suatu kondisi di mana kualitas udara menjadi rusak dan terkontaminasi oleh zat-zat, baik yang tidak berbahaya maupun yang membahayakan kesehatan tubuh manusia. Pencemaran udara biasanya terjadi di kota-kota besar dan juga daerah padat industri yang menghasilkan gas-gas yang mengandung zat di atas batas kewajaran. Rusaknya ata semakin sempitnya lahan hijau atau pepohonan di suatu daerah juga dapat memperburuk kualitas udara di tempat tersebut. Semakin banyak kendaraan bermotor dan alat-alat industri yang mengeluarkan gas yang mencemarkan lingkungan akan semakin parah pula pencemaran udara yang terjadi. Untuk itu diperlukan peran serta pemerintah, pengusaha dan masyarakat untuk dapat menyelesaikan permasalahan pencemaran udara yang terjadi
3 Penyebab Pencemaran Udara
1. Asap Rokok
Bahaya rokok tidak hanya bagi kesehatan pernapasan saja. Asap yang dihasilkan dari pembakaran bisa menimbulkan zat beracun yang mencemari udara sekitar. Indonesia menjadi negara yang memiliki perokok aktif dengan jumlah yang sangat besar. Masyarakat harus disadarkan dengan memberikan penyuluhan tentang bahaya rokok.
2. Peralatan rumah tangga
Saat ini banyak produsen peralatan rumah tangga yang menciptakan perabot ramah lingkungan. Langkah ini untuk mencegah terjadinya pencemaran udara. Tentu saja tidak semua orang sadar akan hal tersebut. Sebagian malah mengeluhkan karena harganya yang sedikit mahal. AC dan kulkas menjadi penyumbang polutan terbesar di bumi ini.
3. Kebakaran hutan
Terjadinya kebakaran hutan bisa jadi disebabkan karena faktor cuaca dan kesengajaan manusia yang ingin membuka lahan dengan cara cepat. Dampak pencemaran udara yang diberikan sangat signifikan. Tidak hanya buruk bagi kesehatan, tapi juga dapat menyebabkan keracunan dalam tempo cepat. Jika kadar polutan sangat tinggi, jalan keluar terbaik adalah dengan mengungsikan warga terdampak.

Pencemar udara dibedakan menjadi dua yaitu, pencemar primer dan pencemar sekunder. Pencemar primer adalah substansi pencemar yang ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran udara. Karbon monoksida adalah sebuah contoh dari pencemar udara primer karena ia merupakan hasil dari pembakaran. Pencemar sekunder adalah substansi pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer. Pembentukan ozon dalam smog fotokimia adalah sebuah contoh dari pencemaran udara sekunder.
Belakangan ini tumbuh keprihatinan akan efek dari emisi polusi udara dalam konteks global dan hubungannya dengan pemanasan global yg memengaruhi;
Aktivitas manusia
·         Transportasi
·         Industri
·         Pembangkit listrik
·         Pembakaran (perapian, kompor, furnaceinsinerator dengan berbagai jenis bahan bakar) termasuk pembakaran biomassa secara tradisiona)
·         Gas buang pabrik yang menghasilkan gas berbahaya seperti CFC
Sumber alami
·         Gunung berapi
·         Rawa-rawa
·         Kebakaran hutan
·         Denitrifikasi
·         Dalam kondisi tertentu, vegetasi dapat menghasilkan senyawa organik volatil yang signifikan yang mampu bereaksi dengan polutan antropogenik membentuk polutan sekunder[4]
Sumber-sumber lain
·         Transportasi
·         Kebocoran tangki gas
·         Gas metana dari tempat pembuangan akhir sampah
·         Uap pelarut organik
Secara umum polutan penyebab terjadinya pencemaran udara dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu primer dan sekunder.
·         Polutan primer – Polutan primer adalah polutan yang merupakan hasil langsung dari suatu proses atau substansi pencemar yang ditimbulkan langsung oleh sumber pencemar. Contoh polutan yang dihasilkan oleh penyebab primer  yaitu sulfur dioksida yang dihasilkan oleh pabrik – pabrik serta karbon dioksida dan karbon monoksida hasil pembakaran.
·         Polutan sekunder – Sedangkan polutan sekunder merupakan polutan yang dihasilkan oleh interaksi dari beberapa polutan primer di atmosfer seperti reaksi foto kimia.  Contohnya adalah disosiasi NO2 yang menghasilkan NO dan O.
Dampak :
·         Efek Rumah Kaca
·         Hujan Asam
·         Kerusakan lapisan ozon
·         Mengganggu pertumbuhan tanaman
Cara Penangulangan :
·         Menggunakan transportasi umum
·         Memahami dan mempraktekkan konsep 3R (Reuse, Reduce, Recycle)
·         Menghemat peggunaan energi
·         Gunakan sumber energi terbarukan
·         Menggunakan peralatan elektronik hemat energi
Daftar Pustaka :
Wikipedia. 2018. Pencemaran Udara. ( Dalam:https://pollutiononmyearth.weebly.com/pencemaran-udara.html)
-. 2018. Pencemaran Udara: Pengertian, Penyebab, dan Dampak Polusi Udara. (Dalam: http://pengertianparaahli.com/pencemaran-udara-dan-polusi-udara/)

Inge, Nefri. 2018. Gas Amonia Menyebar di Palembang, Puluhan Warga Masuk Rumah Sakit. (Dalam: https://www.liputan6.com/regional/read/3683197/gas-amonia-menyebar-di-palembang-puluhan-warga-masuk-rumah-sakit)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.