.

Sabtu, 22 September 2018

Minyak bumi sebagai sumber utama industri




Muhammad fikri adzkiya
41618010026

Minyak bumi sebagai sumber energi  utama industri

Abstrak:Minyak bumi merupakan sumber energi alam yang di kelola oleh manusia menjadi sebuah bahan sumber energi yang berada di lapisan atas di area kerak bumi,khusus nya di sektor industri yang sangat memerlukan sumber energi minyak bumi ini sebagai bahan bakar. Industri Minyak dan Gas Bumi merupakan sektor penting di dalam pembangunan nasional baik dalam hal pemenuhan kebutuhan energi dan bahan baku industri di dalam negeri maupun sebagai penghasil devisa negara sehingga pengelolaannya perlu dilakukan seoptimal mungkin. Dalam upaya menciptakan kegiatan usaha minyak dan gas bumi yang mandiri, andal, transparan, berdaya saing, efisien, dan berwawasan pelestarian fungsi lingkungan serta mendorong perkembangan potensi dan peranan nasional sehingga mampu mendukung kesinambungan pembangunan nasional guna mewujudkan peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, telah ditetapkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

Kata kunci:Minyak bumi
 Minyak bumi bukan saja dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk penerangan lampu, sebagai bahan pada petrokimia. Tetapi yang banyak digunakan dunia, yaitu untuk energi sebagai penggerak mesin industri dan kendaraan yang menggunakan minyak bumi.Semakin pesat nya perkembangan industri pada zaman ini semakin di butuhkan nya minyak bumi sebagai sumber energi alam utama dalam industri.
Tabel 1. Pengadaan Energi Amerika Serikat
Sumber energi
Jumlah energi dalam presentase
1920
1955
Minyak mentah
13,4
41,2
Gas alam
4,3
25,5
Minyak dan gas alam
17,7
66,7
Batu bara
78,4
29,5
Tenaga air
3,9
3,8
JUMLAH
100
100
 Sumber : Virgil G Guthrie, Petroleum Products Hand Book, Mc Graw Hill, 1960

Dari perkembangan pengadaan energi di AS pada 1920 dibandingkan 1955, suatu bukti bahwa peranan minyak bumi sebagai energi semakin nyata. Seperti terlihat pada tabel 1, dimana peranan minyak mentah hanya mencapai 12,5 persen dari jumlah pengadaan energi di AS, dari gas alam hanya 4,3 persen, sedangkan dari batubara 78,4 persen dari jumlah pengadaan atau kebutuhan AS. Sedangkan, tenaga air masih begitu rendah hanya 3,9 persen. Selanjutnya peranan minyak bumi sebagai energi di negara ini semakin terus meningkat, terbukti pada 1955 keadaannya telah berubah. Dimana peranan minyak bumi AS telah mencapai 41,2 persen, gas alam 25,5 persen dari jumlah pengadaan energi untuk memenuhi kebutuhan AS. Sedangkan peranan batubara pada 1955 merosot tinggal 29,5 persen dan tenaga air hanya 3,8 persen.

Minyak bumi merupakan  sumber energi yang dapat terbaharukan,tetapi akan habis seiring perekonomian dunia berkembang karena tingkat produksi harus di tingkatkan lagi yang memungkinkan cadangan minyak dunia akan habis.Disamping sebagai sumber energi utama industri bermanfaat juga untuk kehidupan manusia sehari hari nya.
  
Sumber: Jurnal BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Industri Minyak dan Gas bumi

Sebagai halnya pada minyak bumi, kegiatan industri gas bumi dapat dibedakan ke dalam dua kelompok utama: kegiatan hulu (upstream) dan hilir(downstream). Di antara kedua kelompok kegiatan itu, kadang ditambahkan kegiatan antara (midstream). Gambar di atas ini memperlihatkan diagram rantai nilai industri gas bumi.

Manfaat minyak bumi di kehidupan manusia sehari hari:
1.       Sebagai Bahan Bakar
2.       Sumber Gas Cair
3.       Industri Kimia
4.       Sumber Produksi Polimer
5.       Produksi Bahan Serat
6.       Sumber Bahan Poliuretan
7.       Produk Keperluan Dapur
8.       Bahan Produksi Mobil
9.       Sumber Pengolahan Pupuk
1.   Pembangkit Listrik
1.   Komponen Bahan Obat-Obatan
1.   Penggerak Listrik Tenaga Surya







DAFTAR PUSTAKA
Bachrawi Sanusi, Minyak Bumi, Energi dan Diplomasi, 1982. Diunduh pada 22 september 2018 http://lumba2sirkus.blogspot.com/2013/10/penggunaan-minyak-bumi-sebagai-energi.html
Jurnal BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Industri Minyak dan Gas bumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.