.

Minggu, 23 September 2018

Limbah Pertanian Menjadi Sumber Energi Alternatif Berupa Biogas


Oleh : Fierdian Nuchriza (@K18-Fierdian)

Abstrak :

Liquified Petroleum Gas or better known as Gas LPG is liquefied petroleum gas. Aside from being a kitchen fuel, LPG is also quite a lot as a vehicle fueled by motor vehicles. Currently LPG (Liquified Petroleum Gas) is used by the community, especially for fuel gas stoves. The excess of using LPG as fuel when compared to other fuels (eg fuel wood or kerosene) is easy to use, cleaner, and cheaper (because it is subsidized by the government).
An increase in the population in Indonesia is one of the causes of the increasing amount of energy demand. In other words, this makes the depletion of the energy reserves that we have. Thus, this triggers Indonesian citizens to make a renewal. One of them is by looking for alternative energy, one of which is biogas which is derived from livestock waste.

Kata Kunci : Biogas, LPG, Limbah Ternak

Pendahuluan :
Pemanfaatan limbah peternakan seperti feces, urin ataupun sisa pakan sapi adalah salah satu sumber bahan yang dapat digunakan untuk menghasilkan biogas. Dengan demikian, biogas dapat diartikan sebagai salah satu sumber energy baru yang dapat dihasilkan dari sisa dari bahan-bahan organik seperti kotoran manusia, hewan dan limbah domestik atau limbah organik  yang cukup ramah lingkungan yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti gas.

Oleh karena itu, pengembangan proses biogas ini sangat sesuai dilakukan di daerah yang populasi ternaknya maju dan padat, serta di berbagai daerah pertanian seperti sayuran atau tanaman lainnya, begitu juga diberbagai daerah-daerah tertentu yang merupakan tempat idustri pengolahan hasil pertanian. Dengan melihat keadaan daerah yang seperti sepertinya sangat cocok untuk dibangun suatu instalasi biogas yang dilakukan baik secara individu maupun kelompok. Tujuan utamanya yaitu menyatukan semua saluran limbah yang dapat diproduksi kembali dalam sistem biogas. Dengan demikian, sumber-sumber limbah yang berasal dari kotoran manusia, hewan ataupun lainnya yang dulunya mencemari lingkungan dapat diolah kembali dalam sistem biogas yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energy untuk masak, penerangan atau pun lainnya. Dengan kata lain, penggunaan biogas dapat dijadikan alternatif lain sebagai pengganti gas LPG yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Permasalahan :
Permasalahan yang dialami ketika mulai memanfaatkan potensi dari limbah hewan ternah adalah sepert yg dikatakan oleh Nugroho dan Rahayu (2014), “Permasalahan permodalan, keterbatasan wawasan dan pengetahuan, serta peran dan fungsi lembaga yang belum berjalan secara optimal dalam menjalankan usaha tani yang dikelolanya. Minimnya permodalan membuat usaha yang dikelola tidak dapat berkembang secara pesat. Hal tersebut juga berdampak pada keterbatasan penggunaan teknologi sarana produksi yang rendah berupa alal-alat produksi yang menghambat kekreatifan kelompok untuk terus melakukan inovasi.”.

Solusi :
Solusi dari masalah tersebut adalah peran pemerintah dalam membantu para petani dan lembaga-lembaga yang terlibat dalam mengembangkan energi biogas tersebut supaya di kemudian hari peran dari gas LPG sebagai sumber energi utama dapat digantikan dengan kehadirannya energi alternatif terbaru berupa biogas dari limbah hewan ternak.

Kesimpulan:
        Peran Gas LPG sebagai sumber energi utama pada saat ini memang belum sepenuhnya bia tergantikan dengan kehadirannya energi alternatif berupa biogas yang bersumber dari limbah hewan ternak. Tapi diharapkan suatu saat energi tersebut dapat menjadi salah satu bahkan salah dua dari energi utama di masa depan menggantikan peran Gas LPG.

Daftar Pustaka:
·       Nugroho, Setyo Adhi. Rahayu, Sri. Vol 3, No 3 (2014). Peran Kelompok Tani Sido Makmur Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Kelompok Tani Sido Makmur Desa Ngaringan Kabupaten Grobogan. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/pwk/article/view/5675, diakses 23 September 2018.
·       Ratnasari, Dewi. 2014. Pemanfaatan Biogas Sebagai Alternatif Pengganti Gas LPG Mewujudkan Ketahanan Energy Baru. https://dewiratnasari489.wordpress.com/2014/02/01/pemanfaatan-biogas-sebagai-alternatif-pengganti-gas-elpiji-mewujudkan-ketahanan-energy-baru/, diakses 23 September 2018.
·       Fadli, Dian. Irsyad, Muhammad. Susila, M. Dyan. Vol 1, No 4 (2013). Kaji Eksperimental Sistem Penyimpanan Biogas Dengan Metodepengkompresian Dan Pendinginan Pada Tabung Gas Sebagai Bahan Bakar Pengganti Gas LPG. http://journal.eng.unila.ac.id/index.php/fema/article/view/80, diakses 23 September 2018.
·       Witak, Mikhael. 2013. Pengolahan Limbah Ternak Menjadi Biogas. https://mikhaelwitak983.wordpress.com/2013/11/28/pengolahan-limbah-ternak-menjadi-biogas/, diakses 23 September 2018.
·       Izan, Fakhrur. 2012. Pengolahan Limbah Ternak Menjadi Biogas. http://belajar-beternak.blogspot.com/2012/06/pengolahan-limbah-ternak-menjadi-biogas.html, diakses 23 September 2018.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.