.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Stop Limbah Pabrik Masuk Ke Dalam Sungai

Stop Limbah Pabrik Masuk Ke Dalam Sungai

Apa itu limbah? Limbah adalah suatu buangan material yang dihasilkan oleh oleh suatu proses industri atau rumah tangga yang sudah tak berharga atau tidak bernilai dan sudah tidak dipergunakan kembali dalam proses industri. Melihat hal ini limbah di indonesia sudah memasuki tingkatan darurat limbah industri dan rumah tangga. Apa yang terjadi jika limbah itu semakin banyak beredar dalam lingkungang? seperti udara, air, dan tanah. Membahas ini mari kita lihat contoh yang sudah terjadi di indonesia, sebagai contoh yaitu pada sungai citarum

Lihat begitu tercemarnya sungai citarum akibat ulah-ulah pabrik yang ada dibantaran sungai citarum. Lalu bagaimana cara mengolahnya agar menjadi steril kembali menjadi air yang baik untuk kehidupan manusia? berikut studi yang dilakukan oleh Anto tri Sugiharto mengenai penggunaan teknologi plasma cair yang sudah melakukan penelitian sejak tahun 1998 saat dia masih berkuliah di Gunma University, Jepang.

Berikut cara kerjanya air limbah yang akan diolah diserap melalui pompa air yang terpasang diluar alat, selanjutnya air limbah tersebut akan terserap dan kemudian masuk ke dalam reaktor plasma. Di dalam reaktor plasma ini terdiri dari dua jalur yaitu jalur aliran gas dan aliran air. Untuk proses pengolahan ini dibutuhkan aliran gas oksigen sehingga air akan terionisasi dan akan menghasilkan radikal bebas.

Dalam hal ini pemerintah seharusnya mengembangkan teknologi yang sudah ada dan mendukung segala peneliti untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya dan mengembangkan teknologi yang peneliti ciptakan. 

Daftar Pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar