.

Sabtu, 11 Agustus 2018

PENYEBAB MENIPISNYA LAPISAN OZON


PENYEBAB MENIPISNYA LAPISAN OZON




ABSTRAK
Lapisan Ozon merupakan lapisan yang melindungi makhluk hidup yang ada di bumi dari sinar ultraviolet selain itu juga memberikan efek pada suhu atmosfir yang meentukan suhu dunia. Lapisanozon dapat menipis bahkan rusak dengan kehadirannya bahan-bahan berbahaya yang merupakan pemicu utama kerusakan lapisan ozon, diantararanya Gas chlofluorocarbons        (CFC),hydrochlorofluorocarbons (HCFC), halons, methyl bromide, carbon tetra chloride, dan methylchloform.
KEY WORD: CFC, HCFC, Ozon,

PENDAHULUAN
Sinar ultraviolet dari pancaran sinar matahari mampu menguraikan gas oksigen di udara bebas. Molekul oksigen tersebut terurai menjadi dua buah atom oksigen, proses ini dikenal endgan nama photolysis. Kedua atom oksigensecara alamiah bertumbukan dengan molekul gas oksigen yang adadisekitarnya, kemudian terbentuklah ozon. Penanggulangan akibat lapisan ozon ini dapat dilakukan penghapusan penggunaan CFC padaindustri yang memproduksi alat pendingin sebagai Bahan Perusak Ozon (BPO) pada sektor manufakturrefrigrasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan United Nations Development Programme (UNDP) dan dengan penanaman pohon-pohon di lingkungan sekitar serta senantiasa melestarikannya

PEMBAHASAN
Lapisan Ozon sangat bermanfaat bagi segala kehidupan di bumi karena ia berfungsi sebagai :
 1) Melindungi makhluk hidup yang ada di bumi dengan cara menyerap hampir 90% radiasi sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari. Telah diketahui bahwa Sinar UV sangat berbahaya dan dapat menyebabkan:
·         Penyakit kanker kulit
·         Katarak
·         Kerusakan genetik pada sel-sel manusia, hewan maupun tumbuhan.
·         Penurunan sistem kekebalan hewan, tumbuhan dan organisme yang hidup di air
·         Mengurangi hasil pertanian dan dan merusak tanaman
·         Mematikan anak-anak ikan, kepiting dan udang di lautan, serta mengurangi jumlah plankton yang menjadi salah satu sumber makanan kebanyakan hewan- hewan laut.
2) Memberi efek pada suhu atmosfer yang menentukan suhu dunia
Kehadiran zat-zat perusak ozon merupakan penyebab utamaterjadi kerusakan lapisan ozon,zat-zat tersebut diantaranya :
1.    Chlorofluorocarbon (CFC) dan Hydroclorofluorocarbons (HCFC), CFC dapat melepaskan atom chlorine dan dapat merusak ozon
2.    Penggunaan CFC-11,CFC-12,CFC-114 pada aerosol spray, minyak wangi, pembersih oven,cat, minyak pelumas.
3.    Penggunaan CFC-113 sebagai cairan pembersih (Cleaning solvent), pada proses pembuatan peralatan elektronik.
4.    Haloncarbon ynag digunakan zat cair dalam pemadam kebakaran seperti: Methyl bromide, carbon tetrachloride, dan methyl Chloroform.
5.    Penggunaan methyl chloroform dan carbon tetrachloride sebagai bahan pelarut.

KESIMPULAN

Lapisan ozon adalah lapisan yang melindungi bumi dari sinar UV dari matahari. Kehadiran bahan-bahan yang berbahaya merupakan pemicu kerusakanlapisan ozon ini, diantararanya Gaschlofluorocarbons (CFC) disebut jugasebagai gas yang menyebabkan terjadinya penipisan lapisan ozon ini. Selain CFC,ada pula hydrochlorofluorocarbons(HCFC), halons, methyl bromide, carbontetra chloride, dan methylchloform. Ozontercipta jika radiasi yang berasal darimatahari bertemu dengan oksigen di dalamatmosfer. Oleh karena itu perlu dilakukanupaya pencegahan dan penanggulanganoleh semua masyarakat dunia untukmengantisipasi kerusakan pada lapisanozon.


DAFTAR PUSTAKA






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.