.

Sabtu, 11 Agustus 2018

PENCEMARAN RADIOAKTIF

PENCEMARAN RADIOAKTIF













Abstrak

Pencemaran radioaktivitas lingkungan, baik yang melalui udara maupun air, pada akhirnya akan dapat mencemari manusia. Menurut Wardhana (1994) untuk dapat mengetahui masalah pencemaran radioaktivitas lingkungan terlebih dahulu harus diketahui kemungkinan sumber-sumber pencemaran radioaktivitas lingkungan, yang antara lain dapat berasal dari penambangan, pengolahan dan proses kimia bahan nuklir, proses pengkayaan dan fabrikasi bahan bakar nuklir, operasi reaktor nuklir, reprocessing bahan bakar, pengelolaan limbah radioaktif, proses pembuatan radionuklida, penggunaan radioisotop di bidang riset, industri dan kedokteran, proses dekontaminasi dan dekomisioning suatu fasilitas nuklir, akselerator, pemakaian bahan bakar fosil, percobaan dan ledakan bom atom.



Apa itu Radioaktif ?

Radiasi radioaktif adalah sebuah bentuk energi. Radiasi berjalan sebagai sinar, gelombang atau partikel energik melalui udara, air atau bahan padat.

Pencemaran Radioaktif ?

Pencemaran radioaktif adalah suatu pencemaran yang disebabkan oleh debu radioaktif akibat terjadinya ledakan reaktor atom. Hal yang paling berbahaya dari pencemaran radioaktif seperti nuklir adalah radiasi sinar alpha, beta, gamma yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup serta lingkungan.

Pencemaran radioaktif menimbulkan dampak yang sangat berbahaya. Penyebab terjadinya yaitu seperti kerusakan instalasi nuklir, pembuangan limbah nuklir yang tidak dilakukan dengan tepat, dll.


Dampak dari pencemaran radioaktif
Pencemaran radioaktif menimbulkan berbagai dampak diantaranya:
1. Kanker
2. Kemandulan
3. Kebutaan
4. Cacat pada saat lahir
dll

Kasus pencemaran radioaktif
1. Kebocoran PLTN di Jepang
2. Bom Hiroshima dan Nagasaki
3. Kebocoran PLTN di Ukraina





Daftar Pustaka


1. Amaliah Rezky, Darlina,dkk. Aktifitas Zat Radioaktif. 2016
2. Alfiyan Mokhamad, Yus Rusdian Akhmad. Strategi Pengelolaan Limbah Radioaktif di Indonesia Ditinjau dari Konsep Cradle to Grave.
3. Hidayat, Atep Afia, Muhammad Kholil. Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. 2017
4. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/rida-siti-nur039aini-mahmudah/materi-3-radioaktivitas.pdf (diakses pada tanggal 29 Agustus 2018 pukul 23.39 WIB)
5. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/195708071982112-WIENDARTUN/2._Radioaktivitas.pdf (diakses tanggal 29 Agustus 2018 pukul 23.40 WIB)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.