.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Global warming

                       Oleh : fitriana fadilla
 Global warming ialah peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi, baik yang telah berlalu maupun yang sedang terjadi pada saat ini. Sebagian besar kejadian dipengaruhi oleh peristiwa efek rumah kaca di atmosfir bumi. Global warming inilah yang menyebabkan adanya perubahan iklim.
Asosiasi Energi Matahari New Mexico, Amerika Serikat, menjelaskankan bahwa global warming merupakan peningkatan suhu atau temperatur rata-rata di permukaan bumi sebagai dampak dari efek rumah kaca yang dimana efek rumah kaca ini merupakan kejadian terperangkapnya panas di bumi karena terhalangnya gas emisi seperti karbondioksida di atmosfir karena asap kendaraan bermotor, polusi udara dari pabrik-pabrik atau industri dan kebakaran hutan.

Penyebab Global Warming

Global warming atau pemenasan global terjadi pasti ada sebabnya, adapun beberapa penyebabnya antara lain:

1. Model rumah kaca – Yang menjadi salah satu penyebab pemanasan global adalah dimana model rumah kaca baik di rumah-rumah, gedung-gedung atau tempat-tempat yang menggunakan konsep bangunan kaca ini dapat memantulkan cahaya ke udara dan bukannya menyerap sinar matahari.  Sehingga dampak dari konsep umah kaca ini sangat berpengaruh terhadap pertambahan dan peningkatan pemanasan global di bumi.

2. Pemborosan listrik – Listrik banyak digunakan oleh setiap orang, namun banyak orang yang belum sadar akan penghematan terhadap penggunaan listrik. Berbagai himbauan telah banyak digerakkan atau dilakukan, namun pada kenyataannya banyak manusia belum bisa melakukannya, sehingga pemborosan listrik ini bisa menjadi salah satu penyumbang meningkatnya pemanasan global.

3. Bahan bakar – Bahan bakar yang digunakan kendaraan selain menggangu kesehatan juga memberikan efek bertambahnya pemanasan global dari polusi udara yang dihasilkan setiap kendaraan.

4. Polusi udara dari Industri dan Pabrik – Semakin banyak industri dan pabrik yang berkembang, semakin banyak terjadinya pemanasan global. Disisi positifnya memang industri dan pabrik bisa memberikan peluang untuk mensejahterakan rakyat , namun disisi lain kerugian asap yang dihasilkan dari industri dan pabrik sangat merugikan eksitensi bumi

Dampak Global Warming

Banyak dampak yang sangat merugikan yang dihasilkan dan dirasakan oleh semua makhluk hidup di muka bumi karena adanya golbal warming atau pemanasan global yang semakin hari semakin meningkat. Adapun dampak-dampaknya bagi kehidupan antara lain:

Suhu dipermukaan bumi semakin lama akan semakin ekstrim.
Permukaan air laut diseluruh dunia akan meningkat.
Intensitas terjadinya angin topan akan semakin meningkat.
Banyak terjadi kekeringan dan kegagalan panen di seluruh dunia.
Akan terjadi bencana kelaparan dan kekeringan dimuka bumi.
Berbagai macam penyakit bermunculan akibat global warming.
Terjadinya kepunahan beberapa species mahluk hidup

Penggulangan global warming

Penanaman pohon.
Kurangi penggunaan kertas. 
Sering-seringlah naik sepeda. 
Kurangi penggunaan plastik. 
Hemat penggunaan listrik

                     Kesimpulan

Pemanasan global (global warming) adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata, atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Hal ini diakibatkan oleh akumulasi dari emisi buangan ke udara berupa gas-gas CO2, CFC, metana, dan lain-lain yang menyebabkan efek rumah kaca dan menipisnya lapisan ozon akibat pencemaran yang mengakibatkan radiasi matahari yang memanasi Bumi tanpa atau hanya sedikit terfilter oleh lapisan ozon.
Perubahan iklim terjadi hampir di semua belahan Bumi, termasuk Indonesia. Indonesia mulai merasakan dampak pemanasan global yang di-buktikan dari berbagai perubahan iklim maupun bencana alam yang terjadi.

                      Daftar pustaka

http://ilmuhutan.com/pengertian-global-warming/
https://hidupsimpel.com/global-warming-adalah/
http://www.sepengetahuan.com/2015/03/pengertian-global-warming-penyebab-dampaknya.html
http://www.kuliah.info/2015/05/apa-itu-global-warming-ini-pengertian.html?m=1
https://lingkunganhidup.co/pengertian-pemanasan-global-penyebab-dampak/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.