.

Sabtu, 04 Agustus 2018

Energi dari Bahan Bakar Fosil








@H24-RIDWAN

Disusun Oleh: Muhamad Ridwan

ABSTRAK

Bahan bakar fosil merupakan sumber daya alam yang mengandung hidrokarbon, misalnya seperti minyak bumi, batu bara dan gas alam. Dalam hal ini ketiga sumber energi tersebut mengalami masa pembentukan selama ratusan juta tahun, oleh sebab itu dinamakan bahan bakar fosil.
Kata kunci: Energi bahan bakar fosil

ISI

Penggunaan bahan bakar fosil telah mampu menggerakkan pengembangan industri serta menggantikan tenaga air, kincir angin serta pembakaran kayu. Pada saat menghasilkan listrik, energi dari hasil pembakaran bahan bakar fosil sering digunakan sebagai penggerak turbin. Pembakaran bahan bakar fosil yang dilakukan oleh manusia adalah sumber utama dari salah satu gas rumah kaca, yaitu karbon dioksida yang dipercaya penyebab terjadinya pemanasan global. Sejumlah kecil bahan bakar hidrokarbon merupakan bahan bakar bio yang didapatkan dari karbon dioksida di atmosfer sehingga tidak menambah karbon dioksida yang ada di udara.
beberapa contoh bahan bakar fosil, antara lain :

Minyak
Bahan bakar fosil yang berasal dari minyak bumi merupakan minyak alami yang ditemukan di bawah tanah, bahan bakar fosil yang satu ini sangatlah penting. Hal tersebut dikarenakan tidak banyak digunakan dalam keadaan asli namun diolah menjadi bahan bakar seperti bensin, minyak tanah, parafin dan lain-lain.

Gas alam
Gas alam biasanya bisa ditemukan di bawah tanah bersama minyak bumi dan batu bara. Gas alam telah menjadi sumber gas dalam negeri oleh banyak orang selama bertahun-tahun untuk memanaskan rumah mereka. Bahan bakar ini menghasilkan polusi yang relatif sedikit jika dibandingkan dengan bahan bakar lainnya.

Batubara
Bahan bakar fosil yang satu ini terbentuk dari pengendapan vegetatif yang terjadi selama ribuan tahun. Bentuk fosil dari tanaman yang membusuk serta vegetasi lainnya telah membentuk batu bara. Di Amerika Serikat, batubara digunakan untuk menghasilkan lebih dari 50 persen listrik. Pembangkit listrik dengan menggunakan batubara memerlukan cadangan besar batubara agar menghasilkan listrik secara konstan.

Bahan bakar fosil tersebut berguna dan bermanfaat untuk berbagai hal misalnya memasak, transportasi, dan hal-hal lainnya. Namun, bahan bakar fosil tersebut tidak dapat kita perbarui dan termasuk ke dalam sumber energi yang tidak terbarukan.

KESIMPULAN

Oleh karena itu, persedian bahan bakar fosil ini akan habis karena terbatas. Dengan bertambahnya jumlah populasi manusia dan peningkatan konsumsi rata-rata harian, persediaan bahan bakar fosil cepat atau lambah pasti akan habis. Rata-rata setiap tahunnya jutaan ton batu bara dan galon minyak digunakan untuk mengekstrak energi dari bahan bakar fosil.

Daftar putsaka

Mandala. 2014. Bahan bakar fosil. Jakarta: Satu jam. https://satujam.com/pengertian-dan-contoh-bahan-bakar-fosil/

Editor, Dewan. 2016. Fosil. Jakarta: ugm https://macroeconomicdashboard.feb.ugm.ac.id/analisis-hubungan-konsumsi-bahan-bakar-fosil-emisi-co2-dan-pertumbuhan-ekonomi-di-indonesia-periode-tahun-1965-2012/

Hikmat. 2014. Keuntungan bahan bakar fosil. https://kliksma.com/2014/10/keuntungan-menggunakan-bahan-bakar-fosil.html

Ayu, novela. 2014. Energi fosil. https://novelaayu.wordpress.com/2014/04/19/energi-fosil/
Tnt, mahfuzh. 2016. Minyak bumi dan manfaatnya.  https://mystupidtheory.com/minyak-bumi-dan-manfaatnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.