.

Sabtu, 11 Agustus 2018

PENYEBAB PENCEMARAN UDARA

PENYEBAB_PENCEMARAN_UDARA.png (1920×674)             NAMA: Sandro handika
                                                                                             Kode kelas: @G28/@Proyek-G05


Polutan masuk kedalam atmosfer, tepatnya troposfer menyebabkan komposisi udara berubah sehingga terjadilah pencemaran udara. sebenarnya pencemaran udara itu bisa di sebabkan polutan yang ditimbulkan oleh alam. bisa juga karena dampak samping dari berbagai aktifitas manusia, mulai dari kegiatan industri , transportasi dan rumah tangga

Kata kunci: penyebab pencemaran udara

Klasifikasi Bahan Penyebab Pencemaran Udara
Secara umum polutan penyebab terjadinya pencemaran udara dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu primer dan sekunder.

Polutan primer – Polutan primer adalah polutan yang merupakan hasil langsung dari suatu proses atau substansi pencemar yang ditimbulkan langsung oleh sumber pencemar. Contoh polutan yang dihasilkan oleh penyebab primer  yaitu sulfur dioksida yang dihasilkan oleh pabrik – pabrik serta karbon dioksida dan karbon monoksida hasil pembakaran.
Polutan sekunder – Sedangkan polutan sekunder merupakan polutan yang dihasilkan oleh interaksi dari beberapa polutan primer di atmosfer seperti reaksi foto kimia.  Contohnya adalah disosiasi NO2 yang menghasilkan NO dan O.


PENYEBAB PENCEMARAN UDARA

1.sisa pembakaran kendaraan bermotor
Asap kendaraan bermotor mengandung gas karbon dioksida yang menjadi salah satu penyebab tercemarnya udara  atau polusi udara .

2.Kegiatan industri
industri modern di kota- kota besar juga mempunyai cerobong- cerobong yang mengeluarkan asap hasil proses produksi industri tersebut. Asap- asap tersebut akan naik ke lapisan atmosfer dan dapat menimbulkan terjadinya hujan asam yang berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup.

3.penggunaaan amonia
Penggunaan amonia pada bidang pertanian dan aktivitas lain dapat menyebabkan polusi udara jika penggunaannya berlebihan.

4.Sisa pembakaran pembangkit listrik
Terdapat pembangkit listrik yang menggunakan batu bara sebagai sumber tenaganya. Pembakaran batu bara ini terjadi secara tidak sempurna sehingga mengasilkan beberapa gas yang menyumbang polusi udara


Cara Mengatasi Polusi Udara

Untuk mengatasi polusi udara, diperlukan peran aktif dari pemerintah, organisasi dan semua elemen masyarakat. Hal itu perlu dilakukan agar polusi udara tidak semakin parah. Jika tingkat polusi udara tinggi, maka kita semua yang akan menerima dampaknya. Karena itu kita perlu melakukan beberapa kegiatan beirikut untuk mengatasi terjadinya polusi udara (baca juga : Cara Menjaga Kelestarian Udara).

  • ·         Memfilter asap hasil kegiatan industri.
  • ·         Mengurangi penggunaan batu bara sebagai bahan bakar.
  • ·         Mencegah terjadinya kebakaran hutan (baca : Cara Menjaga Kelestarian Hutan).
  • ·         Menggunakan peralatan rumah tangga yang ramah lingkungan.
  • ·         Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi dan beralih ke kendaraan umum atau   membiasakan jalan kaki.
  • ·         Mengeksplorasi bahan bakar yang ramah lingkungan.
  •        Melakukan penanaman pohon yang dapat mengurangi kadar karbon dioksida di udara.
  •        Mengurangi penggunaan pupuk atau pestisida yang mengandung amonia.
  •        Mengurangi kebiasaan merokok dan tidak merokok di tempat umum.



KESIMPULAN

Bahwa penyebab terbesar pencemaran udara adalah dari manusia juga, dan di sini manusia harus mulai mengurangi penggunaan kendaraan atau bahan bakar yang menhasilkan polutan yang tinggi, seperti beralih pada energi terbarukan seperti tenaga surya dan manusia juga harus memperbaiki kondisi hutan guna memperbaiki kualitas udara.




DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar