.

Sabtu, 11 Agustus 2018

VOLATILE ORGANIC COMPOUND (VOC) DAN BAHAYANYA


VOLATILE ORGANIC COMPOUND (VOC) DAN BAHAYANYA



@proyekG05
ABSTRAK
Senyawa organik mudah menguap (VOC, Volatile Organic Compound) dapat didefinisikan sebagai senyawa organik yang tekanan uapnya lebih besar atau setara dengan 0,1 mmHg pada 20ºC. Untuk tujuan pengaturan, VOC didefinisikan oleh U.S Enviromental Protection Agency (EPA) sebagai “ Semua senyawa karbon, kecuali karbon monoksida, karbon dioksida, asam karbonat, senyawa logam karbida atau karbonat, dan ammonium karbonat, yang turut serta dalam reaksi fotokimia atmosfer.
Keyword : voaltile organic compound (voc), bahaya voc, pencemaran ozon
PENDAHULUAN
VOC atau Volatile Organic Compounds adalah senyawa organik yang memiliki sifat mudah menguap. Mudahnya senyawa ini untuk menguap pada akhirnya akan menyebabkan lingkungan udara di sekitar bahan yang mengandung senyawa tersebut bersifat toksik karena senyawa VOC memang memiliki sifat tersebut. Contoh senyawa VOC adalah senyawa BTEX atau benzena, toulena, etilbenzena, dan xyelena. Salah satu akibat Volatile Organic Compounds adalah fenomena sick building syndrome. Sick building syndrome adalah fenomena yang terjadi dimana rumah bisa menyebabkan penghuninya terganggu karena paparan biologis dan kimia seperti senyawa ini. Dalam skala yang lebih luas, keberadaan VOC bahkan bisa menyebabkan ekosistem lingkungan terganggu dengan terbentuknya ozon.
PEMBAHASAN
Salah satu bahaya Volatile Organic Compounds adalah peningkatan jumlah ozon di troposfer. Selain VOC, keberadaan ozon di troposfer juga dipicu oleh adanya sinar matahari dan nitrogen oksida. Nitrogen oksida banyak dihasilkan sebagai polusi bahan-bahan yang menggunakan minyak alami sedangkan Volatile Organic Compounds adalah bahan yang biasa dihasilkan oleh aktivitas industri seperti penggunaan cat berbasis minyak. Bertemunya VOC, Nitrogen oksida, dan sinar matahari akan menyebabkan terbentuknya ozon di troposfer. Efek yang diakibatkan oleh peningkatan ozon pada manusia adalah timbulnya gangguan pernafasan hingga serangan jantung iskemik. Sedangkan pada organisme lain, ozon juga bersifat toksik sehingga bisa mengakibatkan kelestarian ekosistem terganggu.
Oleh karena itu, penggunaan bahan-bahan pemicu ozon sebaiknya dikurangi. Penggunaan cat-cat berbasis minyak yang mengandung VOC tinggi bisa diganti dengan penggunaan cat-cat berbasis air. Cat berbasis air atau water-based paint hanya menggunakan pelarut air dalam produksi dan pengencerannya saat aplikasi sehingga sangat aman digunakan.
Bahaya dari voc
Seperti yang kita tahu dari definisi awal bahwa VOCs ini mudah menguap , mudah menguap ini karena beberapa hal. bisa karena titik didihnya yang rendah, ikatan antar molekulnya yang rendah atau tekanan uapnya yang tinggi. Sifatnya yang mudah menguap membuatnya berada di udara bebas dan menyebar ke segala arah. Senyawa senyawa dalam bentuk gas sangatlah ringan, hanya dengan angin sedikit pun bisa menyebar dan beterbangan untuk jarak yang cukup jauh.
berikut ialah dampak dari VOCs jika kita hirup. Dampak Tersebut hanya secara umum, gender, usia dan daya tahan tubuh juga mempengaruhi
Konsentrasi
efek
Kurang dari 0.20 mg/m3
Tak ada iritasi dan sakit kepala
0.20-3.0 mg/m3
Kemungkinan iritasi dan ketidak nyamanan
3.0-25.0 mg/m3
Ketidaknyamanan dan kemungkinan sakit kepala
Lebih dari 25 mg/m3
Racun neuro yang lain mungkin timbul
Sangat banyak senyawa yang termasuk VOCs di dunia ini, diantaranya yaitu , etil asetat, aseton, glikol eter, dll. Kabanyakan VOCs biasanya berfungsi sebagai pelarut.
Sumber dari VOCs sangat banyak, diantaranya :
  • Furnitur
  • Cat
  • Lem
  • Pelarut
  • Air yang terkontaminasi
  • Karpet
  • Kaleng semprot
  • Pakaian
  • Produk Permbersih
  • Spidol /pulpen
  • Tipe-X
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi paparan dari VOCs terhadap diri kita
  1. Kurangi bahan bahan yang mengandung VOC di sekitar anda
  2. Belilah bahan bangunan yang tersertifikasi mengemisi tingkat VOC yang rendah
  3. Gunakan pembersih berbasis detergen yang biodegradable
  4. Tingkatkan ventilasi ketika anda memiliki banyak bahan yang mengandung VOC
  5. Ikuti petunjuk sesuai dengan prosedur, misalnya jang membiarkan bahan terbuka
Berdasarkan penelitian, bahaya VOCs didalam rumah 2 sampai 5 kali lebih tinggi daripada diluar rumah, bahkan pada aktivitas tertentu seperti pengecatan bisa 1000 kali lebih berbahaya daripada diluar rumah, memang sumbernya sedikit teapi konsentrasinya sangat tinggi.
KESIMPULAN
 VOC mengambil perananan besar dalam pemaparan polusi melalui bahan bahan rumah tangga yang sering dipakai dalam rumah tangga
Referensi
  1. Phillips M, Gleeson K, Hughes J, Michael B, Greenberg J, Cataneo RN, Baker L, McVay WP. Volatile organic compounds in breath as markers of lung cancer; a cross-sectional study. Lancet. 1999;353(9168):1930-3.
  2. Jo WK, Moon KC. Housewives’ exposure to volatile organic compounds relative to proximity to roadside service stations. Atmospheric Environment. 1999;33:2921-8.
  3. Yu C, Crump D. A review of the emission of VOCs from polymeric materials used in buildings. Building and Environment. 1998;33 (6):357-374.
  4. O’Connell A. “Unseen perils are lurking in your home.” The Times (London), April 11, 2000.
  5. Mølhave L. Indoor air quality in relation to sensory irritation due to VOCs. ASHRAE Transaction. 1992.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.