.

Sabtu, 17 Februari 2018

''Teknologi Hijau a.k.a Green Technology''

Oleh: Marselina Umasugi (@F13-Marselina)

Abstrak
Teknologi sudah masuk dalam kategori kebutuhan primer atau utama dalam kehidupan masnusia, kini apapun yang dilakukan oleh manusia pasti berdampingan atau menggunakan teknologi Teknologi diartikan sebagai alat atau sistem yang menyederhanakan kehidupan manusia, membantu memberikan kemudahan di segala bidang, inilah alasanya kenapa manusia begitu tergantung dengan teknologi.


Kata Kunci : Green Technology, Teknologi Ramah Lingkungan

Pendahuluan
Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa teknologi hanya sebagai perusak lingkungan. Namun, anggapan tersebut agaknya ditentang oleh banyak ilmuwan yang mengembangkan teknologi ramah lingkungan. PBB memperkirakan kebutuhan energi dunia akan melonjak sebesar 60 persen di tahun 2030. Bukan tidak mungkin sebanyak 2,9 miliar manusia akan kekurangan pasokan air tanah yang bersih. Mangkanya para ilmuan akan terus mengembangakn teknologi yang ramah terhadap lingkungan

Definisi Teknologi Hijau
Teknologi hijau atau teknologi alam sekitar adalah penggunaan sains alam sekitar untuk memulihara sumber dan alam sekitar semula jadi dan mengawal kesan negatif aktiviti manusia. Pembangunan mampan adalah teras kepada teknologi alam sekitar yang bermaksud penyelesaian perlu mengambil kira aspek sosial, ekonomi dan alam sekitar.

Teknologi Hijau juga teknologi yang menggunakan segala kaedah, metodologi, teknik dan bahan yang berasaskan sumber semulajadi, bahan kitar semula yang 'non-toxic' kepada alam sekitar dan kehidupan. Teknologi ini juga dikenali sebagai teknologi bersih dan teknologi selamat.
Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini. Kelestarian atau keberlanjutan (sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan di masa depan tanpa merusak sumber daya alam, atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Teknologi hijau merujuk pada produk, peralatan, atau sistem yang memenuhi kriteria-kriteria berikut:
  • Meminimalkan penurunan kualitas lingkungan, pembebasan gas rumah kaca rendah atau tidak ada, aman digunakan dan membuat lingkungan sehat serta lebih baik untuk semua kehidupan.
  • Menghemat tenaga dan sumber asli
  • Menggalakkan sumber-sumber yang dapat diperbarui
Teknologi hijau mencakup bidang-bidang, antara lain :

  • Energi terbarukan (renewable energi)
Kebutuhan energi yang terus meningkat berbanding terbalik dengan keberadaan sumber energi. Sampai saat ini sumber energi utama di Indonesia berasal dari bahan bakar fosil, di mana diperkirakan akan habis dalam waktu 12 tahun.
  • Bangunan hijau/ ramah lingkungan (green building), yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan pembangunan rumah atau infrastruktur ramah lingkungan.
  • Kimia hijau (green chemistry), yaitu penemuan, rancangan dan aplikasi produknya termasuk proses yang dijaga dari penggunaan bahan beracun atau zat yang berbahaya bagi kehidupan.
  • Teknologi Nano Hijau (Green nano technology), yaitu penerapan kimia hijau tingkat lanjut dengan prinsip-prinsip rekayasa teknologi yang ramah lingkungan.

Tujuan utama dari penerapan Teknologi Hijau yaitu:
  • Keberlanjutan, dimana dengan diterapkannya jenis teknologiini maka tidak akan mengancam kelestarian lingkungan hidup di masa mendatang.
  • Desain daur ulang, di mana produk yang dihasilkan harus dapat di daur ulang untuk menghasilkan produk sejenis.
  • Konservasi sumber daya, dimana mengurangi limbah dan polusi dengan mengubah pola produksi dan konsumsi.
  • Inovasi, dimana mengembangkan alternatif untuk teknologi - apakah fosil bahan bakar atau bahan kimia pertanian intensif - yang telah terbukti merusak kesehatan dan lingkungan.
  • Viabilitas yaitu menciptakan pusat kegiatan ekonomi di sekitar teknologi dan produk yang bermanfaat bagi lingkungan, mempercepat pelaksanaannya dan menciptakan karier baru yang benar-benar melindungi planet bumi.
Kesimpulan
Teknologi hijau sangat penting bagi bumi, namun produk-produk inovasi ini tidak akan banyak bermanfaat jika tidak didukung oleh konsumen yang peduli terhadap alam. Oleh karena itu, mari kita dukung produk-produk yang menerapkan teknologi hijau untuk masa depan bumi yang lebih baik. Gunakan, beli, atau terapkan teknologihijau dalam kehidupan kita sehari-hari! Jadi, seluruh pihak yang terkait, baik produsen, konsumen, maupun distributor sama-sama menerapkan/mendukung “Teknologi Hijau” demi masa depan yang lebih baik.

Daftar Pustaka
Farhan, Alfatkhur. 2017. Teknologi Hijau (Green Technology): Kecenderungan Teknologi di Masa Datang. http://d3ipii-d3ipii.blogspot.co.id/2011/01/teknologi-hijau-green-technology.html  diakses tanggal 17 Februari 2018

Wikipedia. 2017. Teknologi Hijau. https://ms.wikipedia.org/wiki/Teknologi_hijau  diakses tanggal 17 Februari 2018

Musafir, Ana. 2013. TEKNOLOGI HIJAU a.k.a Green Technology. https://www.slideshare.net/startrek87/teknologi-hijau-aka-green-technology  diakses tanggal 17 Februari 2018

Nuris, Dini. 2015. Teknologi Hijau, Solusi Cerdas Bagi Pemanasan Global. https://www.kompasiana.com/dininuris/teknologi-hijau-solusi-cerdas-bagi-pemanasan-global_552931adf17e61824a8b458f  diakses tanggal 17 Februari 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar