.

Sabtu, 10 Februari 2018

Radioaktif

@F09-Arief
Oleh : Arief Risaldi

ABSTRAK
Sungai Ayung merupakan salah satu sungai yang terpanjang di Pulau Bali. Hulu sungai Ayung berada di Kabupaten Bangli, Badung, Buleleng, Tabanan dan hilir terletak di Pantai Padang Galak wilayah Kecamatan Denpasar Timur. Air sungai Ayung sebagai sampel diambil mulai dari aliran sungai Ayung memasuki kota Denpasar. Pengambilan sampel dilakukan di lima (5) titik yang berbeda dengan pengambilan masing-masing dua kali. Pertama diambil pada sore hari pukul 17.00 Wita dan kedua diambil pada pagi hari pukul 06.00 Wita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kandungan unsur radioaktif air sungai Ayung di Kota Denpasar.

Kata Kunci : Radioaktif

Menurut Hidayat dan Kholil Pencemaran radioaktif menimbulkan dampak yang berbahaya, disebabkan oleh terjadinya kerusakan instalasi nuklir, pembuangan limbah nuklir yang tidak tepat, kecelakaan, dan sebagainya.

PENDAHULUAN
Salah satu fungsi lingkungan sungai yang utama bagi hajat hidup orang banyak adalah sebagai sumber air untuk pengairan lahan pertanian dan untuk memenuhi kebutuhan air bersih, baik untuk keperluan rumah tangga maupun untuk kegiatan sektor ekonomi. Sungai selain sebagai sumber air, juga secara tidak langsung sebagai tempat pembuangan limbah baik limbah industri, rumah tangga maupun pertanian. Akibatnya, terjadi penurunan kualitas air sungai yang akan berdampak luas kepada masyarakat. Dampak tersebut tidak hanya dialami masyarakat sepanjang sungai, tetapi juga sampai ke daerah muara sepanjang pesisir yang berdampak pada kehidupan biota di laut dan akhirnya berpengaruh penting terhadap kualitas hidup masyarakat ( Pikiran Rakyat, 10 Juli 2003 ). Saat ini penurunan kualitas air sungai di beberapa tempat di Indonesia sudah mencapai tingkat mengkhawatirkan. Khususnya sungai Ayung yang saat ini beban pencemar semakin meningkat dari tahun ke tahun, seiring perkembangan pemenuhan kebutuhan hidup. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kelestarian dan terganggunya lingkungan di sekitarnya. Terutama masalah memburuknya kualitas air sungai tersebut semakin dirasakan pada musim kemarau ketika kuantitas (debit) air sungai berkurang (Pikiran Rakyat, 10 Juli 2003). Kelestarian sumberdaya air mengancam ketersediaan air bersih akan mengancam kehidupan biota dan berdampak pada manusia sehingga menjadi ancaman pada peningkatan pembangunan dalam kesejahteraan masyarakat. Peningkatan jumlah dan kesejahteraan penduduk serta peningkatan kegiatan pembangunan ekonomi selain menyebabkan peningkatan kebutuhan air bersih, juga menimbulkan potensi peningkatan beban pencemaran ke dalam sungai apabila tidak ada upaya menurunkan beban pencemaran buangan limbahnya terutama beberapa limbah berupa logam berat yang bersifat Radioaktif (zat yang berbahaya bagi tubuh makhluk hidup).
Isi
 Radioaktif adalah unsur yang dengan tiba-tiba memancarkan radiasi. Biasanya unsur yang termasuk dalam radioaktif yaitu unsur yang memiliki nomor atom diatas 83 seperti Uranium dengan nomor atom 92.
Pemanfaat material tersebut secara spesifik yaitu berdasarkan kemampuan radiasi yang bisa menimbulkan perubahan seperti dapat mengionkan nuklida atau molekul, memutuskan ikatan antar atom sehingga dapat menghasilkan radikal bebas, terbentuknya nukleon menjadi radioaktif akan melepaskan beberapa energi panas.
Agar penggunaan atau pemanfaatan radioaktif efektif dan efesien maka perlu dilakukan identifikasi terlebih dahulu untuk mengetahui jenis dan jumlah yang akan digunakan. Hal ini penting karena masing-masing jenis radiasi memiliki sifat yang berbeda sehingga untuk mementukan keberadaannya baik jenis dan jumlah radiasi juga penting menggunakan cara dan teknik yang khas untuk masing-masing jenis radiasi.
Peluruhan radioaktif terjadi dalam 3 jenis yaitu Alpha, Beta dan Gamma dengan simbol huruf pertama dari alfabet Yunani. Pengertian peluruhan radioaktif sendiri yaitu kumpulan beragam proses di mana sebuah inti atom yang tidak stabil memancarkan partikel subatomik (partikel radiasi). Peluruhan tersebut terdapat pada inti atom yang tidak stabil yakni tidak memiliki energi ikat yang cukup untuk menahan inti bersama karena kelebihan proton atau neutron.
Radiasi Gamma adalah radiasi yang paling kuat dan dapat menembus beberapa sintimeter dari timah. Partikel dari beta dapat diserap oleh beberapa milimeter alumunium sedangkan alpha akan terhenti jika sudah beberapa sentimeter di udara atau selembar kertas.
Daftar Pustaka :
Hidayat, Atep afia dan Muhammad Kholil. 2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Pantona Media Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.