.

Kamis, 15 Februari 2018

Contoh Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan Dalam Kehidupan

Teknologi Ramah Lingkungan – Perubahan zaman yang makin moderen rupanya diikuti oleh menyusutnya kesadaran manusia untuk perduli kepada lingkungan. Walau sebenarnya, lingkungan atau alam sekitar kita yaitu salah satu faktor terpenting buat kehidupan. Atas dasar inilah manusia lalu terasa butuh untuk membuat teknologi ramah lingkungan.

Apa yang disebut dengan teknologi ramah lingkungan? teknologi yaitu semua hal yang di ciptakan secara sengaja oleh manusia melalui akal serta pengetahuannya untuk memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari.
Sementara itu, ramah lingkungan artinya tidak mengakibatkan kerusakan pada lingkungan sebagai tempat tinggal manusia. Maka dengan cara yang sederhana, teknologiramah lingkungan yaitu teknologi yang di ciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia namun tidak mengakibatkan kerusakan atau memberikan dampak negatif pada lingkungan di sekelilingnya.

Contoh Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan Dalam Kehidupan

·         Mesin Tenaga Angin (Wind Power) 
·         Mesin Tenaga Surya (Solar Power) 
·         Hidroelektrik (Hydroelectricity)
·         Mobil Tenaga Listrik (Electric Car)
·         Sel Bahan Bakar (Fuel Cell)
·         Toilet Pengomposan (Composting Toilet)
·         Kulkas atau lemari pendingin Non Freon
·         Pendingin ruangan (AC) Non Freon
·         Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)
·         Pembangkit listrik tenaga panas bumi (Enhanced Geolhermal System)

Teknologi yang ramah lingkungan ini tentunya memberikan sejumlah manfaat yang begitu besar bagi kehidupan. Adapun beberapa manfaat sekaligus keuntungan dari teknologi ramah lingkungan ini diantaranya:
1.      Meminimalkan jumlah limbah agar jumlahnya tidak berlebihan. Dengan begitu bisa mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.
2.      Teknologi yang ramah lingkungan sendiri merupakan benar-benar efektif dan efisien untuk penggunaan sumber daya alam. Dengan begitu, lingkungan pun dapat tetap terjaga baik.
3.      Meminimalisir resiko terhadap penurunan kondisi pada kesehatan makhluk hidup, khususnya manusia.
4.      Bisa menekan anggaran atau biaya produksi menjadi lebih hemat. Menggunakan sumber daya alam agar menjadi sebuah teknologi tentunya bisa menghemat biaya, contohnya saja pembangkit listrik tenaga surya memanfaatkan energi suara atau matahari untuk menghasilkan energi listrik tanpa menggunakan anggaran atau biaya sepeserpun. Jadi, teknologi ini lebih ditekankan pada pemanfaatan sumber daya yang telah ada yang sifatnya bisa diperbarui.



















Referensi
http://ronif.com/manfaat-dan-penggunaan-teknologi-ramah-lingkungan/
See more at: http://iteknologi-informasi.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-teknologi-ramah-lingkungan.html#sthash.H6UBxuv2.dpuf
https://pacarita.com/pengertian-teknologi-ramah-lingkungan-dan-contohnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar