.

Kamis, 15 Februari 2018

Green Building Hasil Penerapan Teknologi Hijau

Green Building

MIND MAP TEKNOLOGY HIJAU


TEKNOLOGY HIJAU

Teknologi Hijau diciptakan dan dikembangkan memiliki tujuan untuk pembangunan dan aplikasi produk, peralatan serta sistem untuk memelihara alam sekitar dan mengurangi dampak negative yang ditimbulkan akibat perbuatan manusia. Dalam pengaplikasian, teknologi hijau banyak menggunakan bahan- bahan dan cara yang lebih ramah lingkungan. Meminimalkan penggunaan material yang berbahaya terhadap alam sekitar baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Dinegara – negara maju technology hijau sudah banyak digunakan. Teknology Hijau banyak memberikan dampak posistif bagi kehidupan manusia, baik dari sisi Ekonomi, Eenergi, Lingkungan maupun Kesejahteraan masyarakat. Ada beberapa contoh pengaplikasian technology hijau diantaranya Sepedah listrik, Pembagkit Listri mini Hidro, Pemanfaatan Eenergi Tenaga Surya, Gedung Ramah Lingkungan, dll.


GREEN BUILDING

Green building adalah konsep untuk ‘bangunan berkelanjutan’ dan mempunyai syarat tertentu, yaitu lokasi, sistim perencanaan dan perancangan, renovasi dan pengoperasian, yang menganut prinsip hemat enrgi serta harus berdampak positif bagi lingkungan, ekonomi dan sosial
Menarik membahas Gedung Ramah Lingkungan “Green Building” .Green Building merupakan konsep bangunan yang memanfaatkan atau memadukan aspek alam ke dalam desain bangunan. Green Building lebih mengutamakan ruang terbuka (sedikit tembok) sehingga angin dari luar dapat langsung masuk ke ruangan dan hal tersebut berdampak terhadap penggunaan AC dan Juga Lampu. Penambahan tanaman hijau di hampir sebagian besar area  menambah kesejukan bangunan.
A.    Manfaat “Green Building”
    Ada beberapa manfaat dari green building itu sendiri :
1.    Manguragi Penggunaan daya listrik.
2.    Kualitas Udara menjadi lebih baik
3.    Memperbaiki tata kota
4.    Meminimalkan limbah dan daur ulang limbah
5.    Melindungi kesehatan dan produktifitas penghuninya

B.    Kelemahan  “Green Building”
Dalam upaya penerapan green building dimasyarakat khususnya Indonesia, masih banyak kita temui kendala – kendala dalam pelaksanaannya :
1.    Modal Awal Yang Cukup Besar
2.    Penentuan Lokasi
3.    Keterbatasan Waktu

Kesimpulanya Green Building merupakan inovasi yang sangat baik bagi kehidupan manusia dimasa yang akan datag. Diperlukan kesadaran masyarakat dan juga tindakan pemerintah untuk mendorong terwujudnya green Building di Indonesia. Sehingga kualitas hidup dan martabat bangsa Indonesia menjadi lebih baik.  


  

Referensi :
1.    “Teknologi Hijau Tingkat Kualiti Hidup, Pacu Ekonomi Negara“http://www.bharian.com.my/node/40615

Tidak ada komentar:

Posting Komentar