.

Minggu, 11 Februari 2018

Balon, Si Cantik Yang Mematikan

Oleh : Agus Rahman Saleh (@F16-Agus)

Abstrak : Tak jarang ketika mengadakan acara atau pesta kita sering melakukan ritual melepaskan balon di udara. Tapi tahukan bahwa dibalik itu semua, ada bahaya yang mengancam dibalik itu semua. Ekosistem laut merupakan salah satu yang terkena imbas dari balon yang kita terbangkan. Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui bahaya serta dampak yang ditimbulkan agar acara yang kita lakukan tidak membahayakan siapapun.  

Kata kuci : pencemaran, air, balon, laut, ekosistem

Menurut Hidayat (2017) permukaan planet bumi meliputi dua pertiga bagian ditutupi oleh perairan dan sepertiga oleh daratan. Jumlah penduduk planet bumi terus meningkat, saat ini sudah melampaui tujuh miliyar jiwa, hal itu membuat kebutuhan ruang yang terus meningkat justru mengancam keberadaan sumber daya air. Kualitas dan kuantitas sumber daya perairan terus mengalami degradasi, makin banyak penduduk yang tidak memiliki akses terhadap air yang sehat. Pencemaran air dapat terjadi dimana saja. Termasuk dari hal hal yang kita tidak sangka seperti menerbangkan balon udara.
Himmah (2016) Bahayanya adalah jika balon jatuh ke laut lepas, selain mencemari ekosistem bawah laut, lama kelamaan balon akan berubah warna menjadi bening dan hampir menyerupai ubur-ubur.  
Perubahan wujud balon inilah yang mengakibatkan banyaknya hewan laut seperti penyu dan ikan-ikan terkecoh, karena mengira bahwa balon itu adalah ubur-ubur atau mengira bahwa itu adalah makan mereka. Akibatnya, balon yang sudah masuk kedalah perut hewan laut akan sulit terurai dan mempengaruhi proses reproduksi hewan tersebut. Hal ini terbukti dari penemuan para ahli fisiologi hewan yang mencari tahu penyebab banyaknya penyu cacat yang menetas diarea pantai. setelah diselidiki, ternyata ditemukan sobekan balon didalam kebanyakan perut penyu dewasa.
Singkat cerita, efek yang akan ditimbulkan akibat penggunaan balon gas yang tidak tepat, seperti pelepasan balon gas ke langit akan mengakibatkan kerusakan, bahkan kepunahan biota laut.

Daftar Pustaka 

Hidayat, Atep Afia., Kholil, Muhammad. 2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta: Pantona Media.

Mimmah, Faiqotul. 2016. Si Cantik Balon Gas Ternyata Bisa Merusak Ekosistem Laut. https://www.kompasiana.com/faiqotul.himmah/si-cantik-balon-gas-ternyata-bisa-merusak-ekosistem-laut_56b192a3149373820f469bc7. Diakses pada 11 Februari 2018.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar