.

Sabtu, 09 September 2017

Hujan Asam dalam Kimia Kontekstual



 @E07-Lucia - 
Oleh: Lucia Debby Gracella Sihombing

Apa itu hujan asam?
Kenapa bisa disebut hujan asam?
Berpengaruhkah hujan asam di lingkungan kita?
            Sebelum membahas tentang hujan asam, kita harus memahami kimia konntekstual karena hujan asam adalah bagian dari kimia kontekstual.



·      Pemahaman Peta Pengetahuan Kimia
 Kimia kontekstual berkaitan dengan aspek kehidupan. Kimia secara kontekstual berarti bukan hanya berkaitan dengan laboratorium ataupun senyawa. Namun saat ini, kimia sangat banyak mempermudah kerja manusia. Dengan perkembangan teknologi, ilmu kimia pun ikut berkembang pesat dan membantu manusia menyelesaikan, memahami permasalahan yang ada dikehidupan ini, sehingga hidup manusia menjadi lebih sejahtera dan lebih mudah. Dari keterkaitan ataupun dinamika dalam kehidupan manusia ini lah muncul kajian kimia kontekstual (chemistry in context). Kimia pada awal perkembangan berkaitan dengan fisika dan biologi. Kimia membahas banyak sekali aspek kehidupan, mulai dari molekul, zat, senyawa yang ada di dalam maupun di luar tubuh manusia serta di lingkungan sekitar. Hujan asam adalah salah satu aspek yang dibahas.
·         Pemahaman Tentang Hujan Asam
Hujan asam merupakan istilah umum untuk menggambarkan turunnya asam dari atmosfer ke bumi. Sebenarnya, turunnya asam dari atmosfer kebumi bukan hanya dalam kondisi “basah”, tetapi juga dalam kondisi “kering” sehingga di kenal pula dengan istilah deposisi (penurunan/pengendapan) basah dan deposisi kering. Tingkat keasaman hujan yang meningkat yang menyebabkan diberi nama hujan asam. Hujan asam adalah hujan yang turun dengan pH dibawah 5,6.
·         Penyebab Hujan Asam
Aktivitas manusia seperti industri, pembangkit tenaga listrik, kendaraan bermotor, dan pabrik pengolahan pertanian, penggunaan cerobong asap pada pabrik, pembakaran minyak bumi, dan sebagainya.
·         Proses Terjadinya Hujan Asam
Berikut proses terjadinya hujan asam secara ilmiah:

SO2 + OH -> HSO3
HSO3 + O2 -> HO2 + SO3
SO3 + H2O -> H2SO4
Asap kendaraan atau asap pabrik terdapat zat belerang dan gas nitrogen yang nantinya bereaksi dengan  oksigen yang berada di udara. Reaksi tersebut menghasilkan nitrogen oksidan dan sulfur dioksida. Zat tersebut akan terbawa ke atmosfer yang akan bereaksi lagi dengan titik air di awan. Reksi tersebut menghasilkan asam nitrat dan asam sulfat. Kedua jenis azam tersebut sangat mudah bercampur dan larut dengan air hujan. Sehingga air hujan yang jatuh ke permukaan bumi sudah memiliki pH yang rendah atau asam.

·         Dampak Hujan Asam

Rusaknya sarana prasarana (infrastruktur) dibumi, menghambat perkembangbiakan hewan-hewan laut, mematikan berbagai jenis ikan, dapat menjadi racun bagi manusia, menyebabkan kerusakan lingkungan.
·         Daftar Pustaka

Syakir Rahman. 2012. Hujan Asam Dan Reaksi Didalamnya. Berbagi Ilmu. Dalam http://syakir-berbagiilmu.blogspot.co.id/2012/03/hujan-asam-dan-reaksi-kimia-di-dalamnya.html. Diunduh 03 Februari 2012

Sriastuti. 2009. Hujan Asam. Wordpress. Dalam https://sriastuti.files.wordpress.com/2009/06/hujan-asam.pdf . Diunduh 28 Juni 2009

Mono. 2015. Proses Terjadinya Hujan Asam. Pakmono. Dalam www.pakmono.com/2015/05/proses-terjadinya-hujan-asam-dan-dampaknya-bagi-kehidupan.html . Diunduh 24 Mei 2015


James Wiliam. 2014. Dampak Hujan Asam.Jendela Sarjana. Dalam http://www.jendelasarjana.com/2014/02/5-dampak-hujan-asam.html.  Diunduh 20 Februari 2014



3 komentar:

  1. Terima kasih atas blog yang sangat membantu,bahasa yg sederhana dan mudah di mengerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga karena sudah menyempatkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.