.

Minggu, 03 September 2017

APA ITU OLEOKIMIA?

APA ITU OLEOKIMIA



@E08-wulan
@proyekA01
Ditulis Oleh: Wulan Dari M.










Apa sih OLEOKIMIA itu ? Tentu diantara kita masih banyak yang belum mengetahui bahkan mendengar tentang oleokimia. Tapi tahukah anda bahwa oleokimia selalu berada di sekitar kehidupan kita sehari-hari?. Oleokimia sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, jadi apasih oleokimia itu? Mari kita mengenal lebih lanjut tantang oleokimia.

OLEOKIMIA adalah bahan kimia apapun yang berasal dari lemak.

Minyak atau lemak secara umum trigliserida yang mengandung gliserol dan asam lemak baik jenuh maupun tidak jenuh. Dalam industri oleokimia, dengan proses kimia struktur minyak tersebut dipecah menjadi struktur lain seperti asam lemak, gliserol, ester lemak dan alcohol lemak. Contoh hasil olahan oleokimia ialah mentega, sabun, dan minyak goreng. Oleokimia dapat diperbaharui dan merupakan salah satu alternatif sumber energi masa depan.

Produk-produk Oleokimia
1)      Fatty acid (asam lemak)
Asam lemak merupakan oleokimia yang paling banyak diperlukan. Secara umum, produksi asam lemak di dunia lebih besar dibandingkan konsumsinya. Asam lemak yang berasal dari Amerika dan Eropa pada umumnya disintesis dari tallow, minyak kelapa, minyak kedelai, minyak rapeseed dan lain-lain. Asam lemak dapat dibuat dengan cara splitting CPO atau PKO pada suhu dan tekanan tinggi. Selanjutnya asam lemak tersebut didistilasi atau difraksionasi untuk memperoleh asam lemak dengan kemurnian tinggi. Sementara itu produk sampingnya yang berupa gliserin setelah dimurnikan akan menghasilkan gliserin yang sesuai dengan standar farmasi.  Produk-produk turunan dan asam lemak sepeti fatty ester, fatty alcohol, dan fatty amina lainnya digunakan untuk menggantikan produk-produk petrokimia.
2)     Fatty amina (lemak amina)

Fatty amina merupakan turunan nitrogen dan paling banyak digunakan untuk membuat senyawa ammonium quartener seperti senyawa distearyl-dimethylammonium yang digunakan sebagai pelembut pakaian dan hair conditioners.

3)     Gliserin

Gliserin dapat dibuat dengan minyak atau lemak alami sebagai hasil samping dan asam lemak, ester atau sabun, Meskipun merupakan produk samping, ghiserin umumnya mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Mulai tahun 1980-2010, produksi ghiserin sintetik (dan minyak bumi) mulai menurun, sementra produksi ghiserin alami semakin meningkat.
Contoh produk Kosmetik dan Obat-obatan.
§  Pelembut dalam Sabun
§  Pemanis di dalam Pasta gigi
§  Campuran Obat batuk
§  campuran Shampo

4)    Fatty alcohol (lemak alcohol)

Fatty alkohol merupakan oleokimia dasar yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku surfaktan seperti fatty alkohol sulfat (FAS), fatty alkohol etoksilat (FAE) dan fatty alkohol etoksi sulfat (FAES). Sekitar 70% fatty alcohol digunakan untuk membuat surfaktan nonionic dan anionic. Fatty alkohol dapat dibuat dengan asam lemak maupun metal ester dengan cara hidrogenasi pada suhu dan tekanan tinggi menggunakan katalis kimia. Selanjutnya dilakukan distilasi untuk menghasilkan fatty alkohol dengan kemurnian tinggi. Fatty alkohol menghasilkan banyak produk turunan seperti poliglikol eter, fatty alkhohol sulfat, etoksilat, sulfosusinat, eter posfat, eter sulfat dan alkoksilat .

5)     Fatty ester (lemak ester)

Fatty ester sebagian besar (± 80%) diubah menjadi fatty alcohol, yang kemudian diproses lebih lanjut menjadi produk hilir terutama suftaktan. Di samping itu fatty ester juga digunakan sebagai bahan bakar pengganti minyak diesel. Metil ester dapat dibuat dengan cara transesterifikasi CPO atau PKO dengan methanol pada suhu 60°C dan tekanan satu atmosfir. Selanjutnya dilakukan distilasi dan fraksionasi untuk memperoleh metal ester dengan kemurnian tinggi. Produk samping yang dihasilkan pada proses ini adalah gliserin yang dapat digunakan sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetik.
           
Jadi sekarang kita sudah mengetahui apa itu OLEOKIMIA. Ternyata Oleokimia selalu kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari. Baik berupa bahan kecantikan seperti sabun, shampo, condicioner,  atau kosmetik yang kita gunakan sehari-hari ternyata oleokimia juga terdapat pada bahan-bahan pembersih rumah kita.


Quotes Of The Day:

"a person who won't read has no advantage over one who can't read" - Mark Twain. 


Referensi


2 komentar:

  1. Lalu bagaimana cara menambah produksi asam lemak? Bahan apa aja yg dibutuhkan?

    Dan pada saat ini bahan apa yg digunakan untuk pembuatan mentega, sabun dll? Bagaimana dampak jangka panjangnya?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.