.

Senin, 04 September 2017

Reaksi Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari


@D21 - Nisa -

1. Fotosintesis
Fotosintesis adalah proses yang digunakan oleh tanaman dan organisme lain untuk mengubah energi cahaya, biasanya dari Matahari, menjadi energi kimia yang dapat kemudian dibebaskan untuk bahan bakar aktivitas organisme.
Secara singkat, tanaman menggunakan reaksi kimia yang disebut fotosintesis untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi makanan (glukosa) dan oksigen. Ini adalah salah satu reaksi kimia sehari-hari yang paling umum dan juga salah satu yang paling penting, karena ini adalah bagaimana tanaman memproduksi makanan untuk diri mereka sendiri dan hewan dan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen.

2. PENCERNAAN
Makanan yang masuk melalui mulut akan terjadi pencernaan mekanik setelah itu langsung masuklah keLambung tentu nya melalui kerongkongan. Setelah itu dilambung terdapat banyak Enzim akan tetapi saya akan menjelaskan salah satu enzim saja yaitu enzim Pepsin. Enzim Pepsin ini berfungsi untuk memecah protein menjadi pepton. Setelah di lambung lanjut ke Usus Halus,terdapat Enzim amilase ini berfungsi sebagai pemecahan maltosa menjadi glukosa..Setelah dari usus halus kita menuju ke usus besar dimana diusus besar inilah tempat pembusukan sisa sisa makan tadi yang dicerna dan pelaku yang membusuk sisa makan ini ada si bakteri Escherichia Coli, si bakteri tersebut akan menghasil gas yaitu H2S, NH4. Gas tersebut lah yang membuat feses kita menjadi beraroma busuk
                                                                                                                                                                              


3. PEMBAKARAN
Produk dari reaksi pembakaran sempurna termasuk karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O). Reaksi biasanya mengeluarkan panas dan cahaya juga. Persamaan umum untuk reaksi pembakaran yang sempurna adalah:
Bahan bakar + O2 → CO2 + H2O.
. Dalam proses pembakaran maka tiap macam bahan bakar selalu membutuhkan sejumlah udara tertentu agar bahan bakar dapat dibakar secara sempurna. Bahan bakar bensin, untuk dapat terbakar sempurna membutuhkan udara kurang lebih 15 kali berat bahan bakarnya. Rumus kimia bahan bakar adalah Cn Hm. Dalam pembakaran dibutuhkan perbandingan udara bahan bakar dimana besarnya udara yang dibutuhkan dalam silinder untuk membakar bahan bakar. Perbandingan udara bahan bakar
atau AFR (air fuel ratio).
4. SABUN DAN DETERJEN
Dalam proses pembuatan sabun diawali dengan reaksi saponifikasi atau reaksi penyabunan. Reaksi saponifikasi adalah reaksi hidrolisis asam lemak (misalnya trigliserida) oleh adanya basa kuat (misalnya NaOH). Jadi bahan yang digunakan dalam proses saponifikasi ini yakni trigliserida (C3H5(OOCR)3dan natrium hidroksida (NaOH) yang akan menghasilkan sabun (3NaOOCR) dan gliserin (C3H5(OH)3)
DAFTAR PUSTAKA

3 komentar:

  1. Sebenernya masih banyak lagi reaksi kimia yg dapat kita temui dikehidupan sehari-hari seperti proses pengkaratan pada besi, kelarutan gula dalam air, batu baterai, dan masih banyak lagi. Bahkan didalam tubuh kita penuh dengan reaksi kimia.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.