.

Kamis, 23 Februari 2017

Energi Alternatif (Alternative Energy)



@TA14,@TB14
@C12-Sandi,@B16-Nanda
   Kata Kunci : Energi Alternatif


Energi Alternatif

Energi alternatif adalah istilah yang merujuk kepada semua energi yang dapat digunakan yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut. Umumnya, istilah ini digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang mengakibatkan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon dioksida yang tinggi, yang berkontribusi besar terhadap pemanasan global berdasarkan Intergovernmental Panel on Climate Change. Selama beberapa tahun, apa yang sebenarnya dimaksud sebagai energi alternatif telah berubah akibat banyaknya pilihan energi yang bisa dipilih yang tujuan yang berbeda dalam penggunaannya.

Istilah "alternatif" merujuk kepada suatu teknologi selain teknologi yang digunakan pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi. Teknologi alternatif yang digunakan untuk menghasilkan energi dengan mengatasi masalah dan tidak menghasilkan masalah seperti penggunaan bahan bakar fosil.

Oxford Dictionary mendefinisikan energi alternatif sebagai energi yang digunakan bertujuan untuk menghentikan penggunaan sumber daya alam atau pengrusakan lingkungan.

Contoh Energi Alternatif
Salah satu contoh dari contoh energi alternatif dan manfaatnya adalah batu bara sebagai pengganti kayu. Hal ini memang sangat bertentangan dengan hukum alam mengapa sumber energi yang tidak bisa diperbaharui digunakan untuk menggantikan sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Namun, memang hal ini terjadi ketika tahun 1500an yang mana bangsa Eropa kehabisan kayu sebagai penghangat ruangan dan untuk memasak.

akhirnya ditemukanya batu bara lunak yang menjadi pengganti kayu bakar. Pada saat tahun 1500an, kayu bakar adalah sumber daya alam yang sangat langka mengingat banyak sekali kayu yang ditebang untuk keperluan kerajaan sehingga rakyat kecil tidak bisa menikmatinya.


Jenis-jenis/Contoh energi alternatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :

  1. Matahari-Energi matahari dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air, sumber energi pada panel surya, mobil tenaga surya
  1. Ombak ( gelombang laut )-Sebagai pembangkit listrik tenaga ombak
  2. Angin-Sebagai pembangkit listrik tenaga angin, penggerak kapal layar
  3. Air-Untuk menggerakan turbin pada pembangkit listrik tenaga air
  4. Panas bumi ( geotermal )- Sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi
  5. Biodiesel/biosolar-Dibuat dengan mengolah biji jarak, minyak sawit, dan minyak dari biji bunga matahari. Biodiesel dimanfaatkan untuk pengganti solar ( bahan bakar mobil dan diesel )
  6. Gasohol- Campuran antara alkohol dengan bensin. Untuk bahan bakar motor ( sebagai pengganti bensin )
  7. Biogas- Dibuat dari pengolahan kotoran hewan dan sampah organik. Digunakan untuk pengganti LPG dan LNG ( pengganti bahan bakar kompor).
  8. Energi Tenaga Nuklir tenaga nuklir digadang-gadang merupakan energi alternatif yang mempunyai potensi hasil yang paling besar bagi kebutuhan energi manusia. Tetapi selain memiliki segudang kelebihan, tenaga nuklir juga mempunyai bahaya yang menakutkan bagi lingkungan dan makhluk hidup.
  9. Energi Biomassa Biomassa terdiri dari Tanaman hidup, pohon mati, dan serpihan kayu.
  10. Heliokultur adalah proses memanen energi matahari menjadi bahan bakar dengan memindahkan karbon dioksida di atmosfer dengan memanfaatkan pertanian.


 
Energi alternatif dalam transportasi
Akibat peningkatan harga gas pada tahun 2008 dengan peningkatan harga bahan bakar hingga 4 US dollar per galon ketika itu, telah ada gerakan untuk mengembangkan kendaraan dengan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi serta kendaraan dengan bahan bakar alternatif. Menanggapi hal tersebut, banyak perusahaan kecil meningkatkan penelitian dan pengembangan untuk secara radikal mengubah cara menggerakkan kendaraan pribadi. Dan saat ini, kendaraan Hybrid dan bertenaga baterai telah tersedia secara komersial dan dapat diterima masyarakat secara luas di seluruh dunia.








































Daftar Pustaka

Wikipedia, (2017), “Energi Alternatif”, www.wikipedia.com
                                         
Sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.