.

Sabtu, 04 Februari 2017

Dampak Negatif Industri Kimia


Semakin bertambah majunya perkembangan industri membuat banyak orang untuk meneliti setiap aspek yang berhubungan dengan industri, di antaranya yaitu kimia.
Yang kita ketahui kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi. Dimana pada sekarang ini banyak bahan baku industri yang di hasilkan dari pencampuran bahan kimia.

Industri kimia merupakan pengembangan, optimasi dan monitoring proses kimia dasar yang digunakan dalam industri untuk mengubah bahan baku dan prekursor menjadi produk komersial yang berguna bagi masyarakat.
Kimia industri memainkan peran penting sebagai ilmu terapan di berbagai bidang yang berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia mulai dari stabilitas ekonomi, lingkungan dan politik.
Dalam perkembangannya industri dan kimia menjadi satu kesatuan yang saling membutuhkan untuk setiap kegiatan yang bersifat ekonomi atau menghasilkan.
Tetapi tidak semua industri kimia selalu baik dalam setiap kegiatannya. Banyak faktor yang membuat industri kimia tersebut atapun tidak bagi lingkungan dan sekitarnya :
Banyak hal yang mebuat industri kimia itu memiliki dampak negatif.
  1. 1.       Keracunan yang akut, yakni keracunan akibat masuknya dosis tertentu kedalam tubuh melalui mulut, kulit, pernafasan dan akibatnya dapat dilihat dengan segera, misalnya keracunan H2S, Co dalan dosis tinggi. Dapat menimbulkan lemas dan kematian. Keracunan Fenal dapat menimbulkan sakit perut dan sebagainya.
  2. 2.       Keracunan kronis, sebagai akibat masuknya zat-zat toksis kedalam tubuh dalam dosis yang kecil tetapi terus menerus dan berakumulasi dalam tubuh, sehingga efeknya baru terasa dalam jangka panjang misalnya keracunan timbal, arsen, raksa, asbes dan sebagainya.
  3. 3.       Limbah yang sangat sulit di uraikan sehingga mengakibatkan banyak perusahaan yang tidak memikirkan amdal dari setiap kegiatan tersebut.
  4. 4.      Semakin tercemarnya udara atau lingkungan sekitar apabila kegiatan industri tersebut dilakukan di kawasan pemikuman penduduk.


Dari banyaknya kegiatan industri kimia ternyata masih banyak dampak negatif yang selalu mengintai dalam setiap kegiatannya.

Sumber :
Modul pekuliahan materi 4
@02 – 2015 – KLPI 04 Standar P.doc

Dampak Positif dan Negatif Kemajuan Industri

dampak limbah industri kimia & bahan bangunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.