.

Sabtu, 21 Januari 2017

Energi dan Minyak Bumi




1.  Energi

Menurut kamus besar bahasa indonesiapengertian energi  adalah kemampuan untuk melakukan kerja (msl untuk energi listrik dan mekanika)

energi berasal dari bahasa Yunani yaitu energia yang mempunyai arti kemampuan untuk melakukan usaha.

Energi adalah besaran yang kekal, yang memiliki arti energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi energi bisa diubah dan berubah dari bentuk satu ke bentuk lainnya.
Energi di dalam setiap kehidupan makhluk hidup yang ada di muka bumi ini sangat diperlukan keberadaannya baik untuk beraktivitas ataupun untuk bertahan hidup. Salah satu sumber energi terbesar bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di muka bumi ini adalah matahari yang menghasilkan energi panas atau kalor. 


Jenis-jenis Energi

Berikut adalah beberapa jenis energi Anda dapat pergi melalui itu:

Energi Panas

Energi yang dimiliki oleh benda karena suhu yang dikenal sebagai energi panas. Misalnya energi air panas, energi udara panas dll

Energi Listrik

Energi elektron bergerak dalam konduktor yang terhubung dengan baterai dikenal sebagai energi listrik.

Energi Matahari

Energi matahari adalah energi yang akan dipancarkan oleh matahari dikenal sebagai energi surya. Energi ini memberikan kita panas dan energi cahaya yang bebas biaya. Energi surya memiliki banyak aplikasi seperti oven surya, pemanas dll

Energi Kimia

Energi yang dilepaskan dalam reaksi kimia yang dikenal sebagai energi kimia. Energi kimia matahari digunakan untuk menghasilkan arus listrik.

2 . Minyak bumi

Minyak bumi (bahasa Inggris: petrus – karang dan oleum – minyak), dijuluki juga sebagai emas hitam, adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya. Minyak bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak. Lokasi sumur-sumur minyak ini didapatkan setelah melalui proses studi geologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya. Setelah itu, minyak bumi akan diproses di tempat pengilangan minyak dan dipisah-pisahkan hasilnya berdasarkan titik didihnya sehingga menghasilkan berbagai macam bahan bakar, mulai dari bensin dan minyak tanah sampai aspal dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk membuat plastik dan obat-obatan.Minyak bumi digunakan untuk memproduksi berbagai macam barang dan material yang dibutuhkan manusia.


Proses Pembentukan
Minyak bumi adalah hasil dari peruraian (dekomposisi) materi tumbuhan dan hewan di suatu daerah yang subsidence (turun) secara perlahan. Daerah tersebut biasanya berupa laut,batas lagoon (danau) sepanjang pantai ataupun danau dan rawa di daratan.
Di Indonesia, minyak bumi  yang diolah banyak digunakan sebagai Bahan bakar minyak atau BBM, yang merupakan salah satu jenis bahan bakar yang digunakan secara luas di era industrialisasi.
Ada beberapa jenis BBM yang dikenal di Indonesia, di antaranya adalah:
·       Minyak tanah rumah tangga
·       Minyak tanah industri
·       Pertamax Racing
·       Pertamax
·       Pertamax Plus
·       Pertalite
·       Premium
·       Bio Premium
·       Bio Solar
·       Pertamina DEX
·       Solar transportasi
·       Solar industri
·       Minyak diesel
·       Minyak bakar

Konsumsi

Menurut CIA World Factbook, konsumsi minyak bumi di dunia pada tahun 2010 adalah 87 juta barel minyak per harinya.
Revisi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:OilConsumptionpercapita.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.