.

Sabtu, 21 Januari 2017

Hubungan dunia Industri dengan ilmu Kimia

Dalam dunia industri tidak terlepas ilmu kimia didalamnya,yaitu seperti petrokimia,agrokimia,farmasi,polimer,cat dan oleokimia. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cat.

Cat adalah istilah umum yang digunakan untuk keluarga,pengertian cat adalah suatu senyawa kimia yang diaplikasikan diatas substrate yang dapat membentuk film yang berfungsi untuk memperindah dan melindungi suatu bangunan dan bersifat terus menerus.

Pada dasarnya pembuatan cat menggunakan tekhnologi yang berkaitan dengan tekhnologi kimia organis dan kimia polimer. Prosesnya dengan memanfaatkan kimia antar permukaan,kimia koloid,elektrokimia dan petrokimia..

Rancangan polimer untuk cat berupa komposit dengan persyaratan tinggi untuk mencapai berbagai fungsi,sebagai aplikasi utama dari kimia polimer. Resim sintetis untuk cat berupa polimer yg dibuat dengan menggabung beberapa monomer untuk mencapai berbagai karateristik. Ada banyak jenis resin seperti resin linier termoplastik,resin tjermosetting yg dapat ditaut silanh,resin tak jenih dan banyak lagi jenis resin yg lain. Yang diteraokan terutama teknologi sintetis resin,polimerisasi tambahan dan polimerisasi kondensasi. Sementara teknologi polimerisasi baru lainnya saat ini banyak dikembangkan oleh para ahli kimia.

Beberapa bahan pembentuk cat adalah

  • Resin atau Binder merupakan bahan utama pembentuk cat.
  • Pigment terbagi 2 pigment organik dan pigment unorganik.
  • Filler merupakan bahan untuk menurunkan harga cat
  • Solvent membuat cat agar bisa disesuaikan kekentalannya dengan campurannya..
  • Additive merupakan bahan tambahan pada cat untuk meningkatkan kualitas cat..








Bagan diatas adalah bagan proses produksi bahan mentah menjadi bahan jadi pada industri cat..







Sumber :
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Industri_kimia.
https://mudhzz.wordpress.com/pembuatan-cat/
http://googleweblight.com/?lite_url=http://inforendra.blogspot.com/2015/04/v-behaviorurldefaultvmlo_5.html?m%3D1&ei=Pt4iVzaV&lc=id-ID&s=1&m=134&host=www.google.co.id&ts=1484970829&sig=AF9NednNmbjS3o0vnR5mQF5AZZ6ivwzQ5Q
http://vhuthu26.blogspot.co.id/2011/12/makalah-kimia-industricat.html?m=1
http://googleweblight.com/?lite_url=http://minelpaint.blogspot.com/2015/05/mengenal-bahan-baku-pembuatan-cat-tembok.html?m%3D1&ei=3OznvjUs&lc=id-ID&s=1&m=134&host=www.google.co.id&ts=1484975315&sig=AF9Nedkqxpbs_-77epT8wnMk8oCuuxT2MQ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.