.

Kamis, 15 Desember 2016

Prinsip 7-9 Kimia Hijau

1.       Penggunaan Bahan baku Terbarukan
   Bahan mentah seharusnya dapat diperbaharui daripada depleting kapan teknis dan economi -Cally praktis .

Pengalaman umat manusia terhadap penggunaan energi fosil (minyak bumi, gas, dan batubara) telah memberikan catatan tersendiri terhadap kerusakan lingkungan sebagai kompensasi terhadap kebutuhan energinya untuk pemanasan rumah, kenyamanan, dan transportasi serta industri. Pengalaman itu mengantarkan pada upaya mencari pilihan energi yang akrab lingkungan, dapat diperbaharui, dan terjangkau secara ekonomi. Pilihan itupun telah mengarah pada penggunaan energi yang bersumber pada energi surya, panas bumi, hidro, energi laut (gelombang laut, pasang surut, dan suhu laut), dan biomassa. Biomassa merupakan sumber energi yang langsung terkait dengan peradaban umat manusia. 

Biomassa sebagai sumber energi terbarukan
Apa yang sebenarnya dimaksud dengan biomassa? Dalam sektor energi, biomassa merujuk pada bahan biologis yang hidup atau baru mati yang dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar.
Biomassa dapat digunakan secara langsung maupun tidak langsung. Dalam penggunaan tidak langsung, biomassa diolah menjadi bahan bakar. Contohnya, kelapa sawit yang diolah terlebih dahulu menjadi biodiesel untuk kemudian digunakan sebagai bahan bakar.
Biomassa dari Bahan Baku Pangan
Gandum, tebu dan jagung adalah contoh bahan pangan yang juga dapat diolah menjadi energi dari biomassa. Energi tersebut tergolong energi ramah lingkungan yang bahan da“Ini memicu persaingan antar petani yang menanam gandum untuk pangan dan petani biomassa. sarnya disediakan alam.
“Ini memicu persaingan antar petani yang menanam gandum untuk pangan dan petani biomassa.  Baru belakangan ini, dengan naiknya harga untuk susu dan gandum, petani biasa dapat bersaing dengan petani biomassa. Produsen biogas tak lagi dapat membeli bahan dasar gandum dengan harga murah seperti dalam lima tahun terakhir.
Di Jerman, 100 kilogram gandum menghasilkan energi biomassa seharga 25 Euro. Tapi bila gandum tersebut dijual sebagai bahan baku pangan, harganya hanya 18 Euro.
2.       Mengurangi Derivatif

Yang tidak perlu ( penggunaan kelompok memblokir , proteksi / deproteksi , modifikasi sementara proses / kimia faktor-faktor fisik ) harus dikurangi atau dihindari – ed jika mungkin , karena langkah-langkah seperti ini membutuhkan reagen tambahan dan dapat menghasilkan limbah .

Green chemistry atau “kimia hijau” merupakan bidang kimia yang berfokus pada pencegahan polusi. Green chemistry merupakan pendekatan untuk mengatasi masalah lingkungan baik itu dari segi bahan kimia yang dihasilkan, proses ataupun tahapan reaksi yang digunakan. Konsep ini menegaskan tentang suatu metode yang didasarkan pada pengurangan penggunaan dan pembuatan bahan kimia berbahaya baik itu dari sisi perancangan maupun proses. 
3.       Katalisis

Menurut definisi katalis adalah suatu senyaa kimia yang dapat mengarahkan sekaligusmeningkatkan kinetika suatu reaksi (jika reaksi tersebut secara termodinamika memungkinkanterjadi). 'amun senyaa tersebut (katalis) tidak mengalami perubahan kimiawi diakhir reaksi, dan tidak mengubah kedudukan kesetimbangan kimia dari reaksi.

Reagen Catalytic ( seselektif mungkin ) adalah supe – rior untuk reagen stoikiometri .

Logam indium (In, nomor atom 49 golongan 3A pada tabel periodik) belumlah lama dikenal sebagai logam yang berguna sebagai katalis. Sifat elektronik dan kimiawinya yang mirip dengan aluminum, boron, magnesium, seng, dan timah menjadikan indium memiliki fungsi sebagai katalis. Lalu mengapa logam indium perlu dipertimbangkan dalam bidang katalis terutama dalam lingkup kimia hijau ? Banyak reaksi kimia organik teristimewa dalam sintesa fine chemicals melibatkan katalis logam kompleks yang bersifat homogen atau terlarut dalam medium reaksi, misalnya dalam sintesa senyawa obat atau bahan kimia intermediet.

Daftar Pusktaka

4 komentar:

  1. @A07-RONA

    Poin 3

    Mind map dan artikel bagus

    Apa saja yang termasuk kedalam bahan baku terbarukan ?

    BalasHapus
  2. @A11-DINDA
    POIN 3
    Artikel dan mindmapnya sudah bagus
    Bagaimana cara kerja dari biomassa?

    BalasHapus
  3. @A15-Raniyah

    Poin 3

    1. Artikel dan Mindmapnya bagus dan jelas

    2. Apa saja contoh katalisis?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.