.

Kamis, 22 September 2016

Termokimia




Perubahan energi yang dipelajari atas hasil dari kerja mekanik terhadap sistem atau kestabilan kontak termal antara dua sistem pada suhu berbeda.
Dalam kimia salah satu sumber energi penting adalah kalor yang dihasilkan atau diserap selama reaksi berlangsung .studi perubahan kalor yang menyertai reaksi kimia dinamakan termokimia
1.      Persamaan termokimia
Persamaan kimia yang sudah setara berikut perubahan entalpi reaksi yang dituliskan secara langsung setelah persamaan kimia. Dalam persamaan termokimia harus melibatkan fasa zat-zat yang bereaksi,sebab perubahan entalpi bergantung pada fasa zat.
·         Entalpi dan Stoikiometri Reaksi
Jumlah kalor yang terlibat dalam suatu reaksi sangat bergantung pada jumlah molar pereaksi. Atas dasar ini,entalpi reaksi dapat dihubungkan dengan stoikiometri. Contohnya pada peninjauan pembakaran 10 gram metana pada tekanan tetap.

2.     Pengukuran Kalor Reaksi
Sebagaimana dinyatakan diatas, pengukurankalor suatu reaksi lebih disukai pada keadaan tekanan tetap  dari pada volume tetap, sebab banyak reaksi kimia membutuhkan pengadukan, juga pengamatan secara langsung terhadap system reaksi.
            Besaran termodinamik yang terlibat dalam reaksi kimia pada tekanan tetap adalah perubahan entalpi reaksi.
            untuk mengukur  
ɅH reaksi dapat dilakukan dengan cara mengukur perubahan panas yang terjadi. Jadi perubahan kalor yang terlibat dalam suatu reaksi dapat diukur melalui kapasitas kalor, menggunakan prinsip black.

   
A, kapasitas kalor dan kalor jenis
Kapasitas kalor molar zat adalah jumlah kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu mol zal sebesar satu derajat  (celcius atau kelvin). Ada 2 jenis kapasitas kalor, yaitu kapasitas kalor pada tekanan tetap. Oleh karena itu besaran pada persamaan itu merupakan fungsi suhu.
            Teknik lain untuk menentukan kalor suatu system kimia adalah dengan menerapkan hokum konsoversi energy, yakni energy semesta tetap. Artinya, kalor yang dilepaskan oleh suatu zat (a). sama dengan kalor yang diterima oleh zat (b) yang kontak termal dengan (a). contoh, jika sejumlah air panas dituangkan kedalam air dingin , maka suhu air setelah pencampuran berada di anatara kedua suhu air tersebut. Hal ini menunjukan bahwa kalor yang dilepaskan oleh air bersuhu tinggi diserap oleh air yang bersuhu lebih rendah sampai suhu keseluruhan sama. Secara matematis, ungkapan tersebut dirumuskan sebagai berikut :
                                                            qB = qA
Dengan Qa menyatakan kalor ayang dilepaskan oleh zat A, beretanda negatif, dan  menyatakan kalor yang diserap oleh zat B, bertanda positif jumlah total kalor sama dengan nol, atau qB + qA = 0

B. Alat Kalorimeter
            kalorimeter adalah alat untuk mengukur kalori yang diserap atau dilepaskan oleh suatu reaksi kimia. Kalorimeter terdiri dari bejana yang dilengkapi batang pengaduk dan termometer.
Fungsi kalorimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah kalor yang terlibat dalam suatu perubahan atau reaksi kimia. Pada dasarnya sebuah kalorimeter terdiri dari dua bejana yang terpisahkan oleh suatu ruang udara.




Jenis-jenis Kalorimeter
Secara umum kalorimeter dibagi menjadi 2 bagian yaitu:
1.      Kalorimeter bom
alat yang digunakan untuk mengukur jumlah kalor (nilai kalori) yang dibebaskan pada pembakaran sempurna suatu senyawa, bahan makanan, bahan bakar. Sejumlah sampel ditempatkan pada tabung beroksigen yang tercelup dalam medium penyerap kalor (kalorimeter), dan sampel akan terbakar oleh api listrik dari kawat logam terpasang dalam tabung.
2.      Kalorimeter larutan
adalah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah kalor yang terlibat pada reaksi kimia dalam sistem larutan. Pada dasarnya, kalor yang dibebaskan/diserap menyebabkan perubahan suhu pada kalorimeter.

Daftar pustaka :
Ø  Fungsiklopedia.2016.Kalorimeter. https://id.wikipedia.org/wiki/Kalorimeter
(diakses 21 september  2016 pukul 20:00)
Ø  Sunarya , yayan.2010.Termokimia.Yrama Widya.
(dibaca 21 september 2016 pukul 20:30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.