.

Rabu, 07 September 2016

Narkotika


 
Assalamualaikum.
Saya akan membuat artikel tentang Kimia (Narkotika).
            Menurut saya kimia adalah suatu zat yang mempunyai massa dan dapat menempati ruang sekecil apapun. Bahwa semua zat kimia terdiri dari atom dan masing-masing atom itu ukurannya berbeda-beda. Pemakaian narkotikapun menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh yang mencernanya. Jenis narkotika yang sering digunakan adalah:
1.   1.    Morfin
2.     2. Ganja
3.    3.   Kokain
Penyebab narkotika itu seseorang akan mengalami depresi, setres, berhalusinasi, dan akan mengalami kecanduan yang sangat berbahaya.
1.      Halusinogen, efek dari narkoba bisa mengakibatkan bila dikonsumsi dalam sekian dosis tertentu dapat mengakibatkan seseorang menjadi berhalusinasi dengan melihat suatu hal/benda yang sebenarnya tidak ada/tidak nyata contohnya kokain & LSD.
2.      Depresi menurut saya itu dia yang tiba-tiba memikirkan sesuatu sampai melanjutkan ke kepala pusing yang sangat berbahaya. Depresi bisa dihilangkan lagi dengan meminum narkotika itu lagi kalau seseorang itu benar-benar sudah kecanduan narkotika, dan susah untuk dihilangkan.
3.      Setres menurut saya itu dia mood yang ga karuan, karena dia juga sudah benar-benar kecanduan narkotika, setres bisa terjadi seperti depresi.

Ganja

Tumbuhan ganja telah dikenal manusia sejak lama dan digunakan sebagai bahan pembuat kantung karena serat yang dihasilkannya kuat. Biji ganja juga digunakan sebagai sumber minyak.
Di sejumlah negara penanaman ganja sepenuhnya dilarang. Di beberapa negara lain, penanaman ganja diperbolehkan untuk kepentingan pemanfaatan seratnya. Syaratnya adalah varietas yang ditanam harus mengandung bahan narkotika yang sangat rendah atau tidak ada sama sekali.

Morfin
Morfin adalah alkaloid analgesik yang sangat kuat dan merupakan agen aktif utama yang ditemukan pada opium. Morfin bekerja langsung pada sistem saraf pusat untuk menghilangkan sakit, mengurangi rasa lapar, merangsang batuk, dan meyebabkan konstipasi. Morfin menimbulkan ketergantungan tinggi dibandingkan zat-zat lainnya.

Kokain
Kokain adalah senyawa sintetis yg memicu metabolisme sel menjadi sangat cepat.
Kokain merupakan alkaloid yang didapatkan dari tanaman Erythroxylon coca, yang berasal dari Amerika Selatan, dimana daun dari tanaman ini biasanya dikunyah oleh penduduk setempat untuk mendapatkan “efek stimulan”.

Dampak narkoba terhadap fisik pemakai narkoba akan mengalami gangguan-gangguan fisik sebagai berikut:
  1. Berat badannya akan turun secara drastis.
  2. Matanya akan terlihat cekung dan merah.
  3. Mukanya pucat.
  4. Bibirnya menjadi kehitam-hitaman.
 Dampak narkoba terhadap perilaku Pemakai narkoba akan menunjukkan perilaku negatif sebagai berikut:
  1. malas
  2. sering melupakan tanggung jawab
  3. jarang mengerjakan tugas-tugas rutinnya
  4. menunjukan sikap tidak peduli
  5. menjauh dari keluarga
  6. sering menyendiri
  7. menghabiskan waktu ditempat-tempat sepi dan gelap, seperti di kamar tidur, kloset, gudang, atau kamar mandi
  8. takut akan air
  9. sering berbohong dan ingkar janji dengan berbagai macam alasan
  10. sering menguap
Dampak narkoba terhadap fisik dan kesehatan
  • Gangguan pada jantung dan pembuluh  darah (kardiovaskuler)
  • Gangguan pada paru-paru (pulmoner)
  • Sering sakit kepala, mual-mual dan  muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan insomnia
  • Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya  adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV
  • Bahaya narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi over dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematia
 Daftar Pustaka:





Cukup sekian artikel yang saya bikin ini. Kurang lebihnya mohon maaf, karena baru sekarang saya menuls artikel di blog ini. Saya akhiri artikel ini, wassalamualaikumwarahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.