.

Rabu, 07 September 2016

Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Kimia adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan materi,partikel, ataupun zat-zat tertentu. Kimia merupakan salah satu cabang dari ilmu sains. Ilmu kimia saat ini memiliki peran penting dan diperlukan oleh bidang ilmu lainnya yang tidak dapat digantikan dengan ilmu lainnya.

Ilmu kimia ini banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari serta banyak digunakan dalam berbagai bidang, dan berikut ini adalah peranan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari:
1. Bidang Kesehatan
    Dalam bidang kesehatan ilmu kimia banyak memberikan kontribusi, Salah satunya memudahkan para dokter untuk mendiagnosa beberapa penyakit. Seperti pada sistem pencernaan, pernafasan, ekskresi, dll.

     Kimia juga memiliki peran pada pembuatan obat-obatan, karena obat dibuat berdasarkan hasil penelitian terhadap proses dan reaksi bahan kimia yang berkhasiat terhadap suatu penyakit. Yang kemudian hal ini dipelajari dalam kimia farmasi.
2. Bidang pertanian
    Seperti yang banyak kita ketahui pestisida adalah suatu bahan untuk membasmi serangan hama dan penyakit dari tumbuhan, ini adalah salah satu manfaat dari ilmu kimia dibidang kimia. Pupuk juga merupakan salah satu hasil dari ilmu kimia.

3. Bidang Hukum
     Ilmu kimia bisa digunakan dalam bidang hukum juga, misalnya kita dapat melakukan pemeriksaan DNA sebagai alat pemeriksaan kriminalitas.

4. Bidang Industri
     Dalam bidang industri ilmu kimia juga turut campur tangan dalam prosesnya. Contohnya, semen dan cat berasal dari riset yang berdasarkan ilmu kimia.

5. Bidang Biologi
    Untuk bidang ini ilmu kimia sangat diprlukan untuk pengetahuan tentang struktur dan sifat senyawa dalam sistem pencernaan makanan, pernapasan, metabolisme, fermentasi, fotosintesis, dan lain-lain.

6. Produk Rumah Tangga
    Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, ilmu kimia juga menghasilkan barang-barang yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan kita. Misalnya, deterjen, shampo, sabun, pemutih, bahan pewangi, pembasmi sewrangga, dan masih banyak lainnya.


Maka dari itu betapa pentingnya ilmu kimia didalam kehidupan kita. mulai dari bidang industri, bidang pertanian, bidang hukum, bidang industri, bidang biologi, bahkan hingga produk rumah tangga pun juga memakai prinsip ilmu kimia. Asalkan ilmu kimia itu tidak kita pergunakan di bidang yang negatif.

DAFTAR PUSTAKA
"Bahan-bahan mimia dalam kehidupan sehari hari". 6 September 2016. http://ribkaputi.blogspot.co.id/p/materi.html
"Ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari". 6 September 2016. https://raiseheart.wordpress.com/2013/11/25/ilmu-kimia-dalam-kehidupan-sehari-hari/
"Manfaat ilmu kimia diberbagai bidang kehidupan". 6 September 2016. https://catatan-bahtiar.blogspot.co.id/2015/05/manfaat-ilmu-kimia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.