.

Minggu, 21 Agustus 2016

Rusaknya Lingkungan Hidup Oleh Manusia


A.     Kerusakan Lingkungan Hidup
Kerusakan lingkungan hidup merupakan deteorisasi lingkungan yang ditandai dengan hilangnya sumber daya tanah, air, udara, punahnya fauna liar, dan kerusakan ekosistem.
Kerusakan lingkungan merupakan salah satu ancaman yang paling berbahaya untuk kelangsungan hidup manusia dan sudah diperingatkan langsung oleh High Level Threat Panel PBB. Rusaknya lingkungan terdiri dari beberapa tipe. Saat alam rusak karena dihancurkan dan kehilangan sumber daya, itu merupakan tanda bahwa lingkungan mengalami kerusakan.
Lingkungan alam yang rusak sangat berdampak terhadap kehidupan manusia sehingga berpotensi menghasilkan bencana untuk saat ini dan untuk masa-masa yang akan datang. Rusaknya alam bisa disebabkan oleh faktor alam dan juga manusia. Manusia saat ini semakin serakah dan tidak memperhatikan lingkungan. Mereka sama sekali tidak peduli dengan kelangsungan alam untuk masa yang akan datang. Padahal jika kita tidak bisa menjaga lingkungan, tentu saja diri kita sendiri dan anak cucu kita yang akan rugi. Sebaliknya, jika kita menjaganya pasti generasi mendatang masih bisa menikmati keindahan alam dan memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Lingkungan alam termasuk tanah, air, hutan, dan udara perlu untuk dijaga supaya sumberdaya alam tetap lestati dan menghasilkan manfaat yang maksimal untuk kesejahteraan manusia. Lingkungan yang dimaksud di sini merupakan komponen lingkungan dimana di dalamnya terdapat unsur biotik dan abiotik. Jika lingkungan rusak, hal ini akan berdampak pada ekosistem darat, laut, dan semua makhluk hidup di dalamnya. Alam yang rusak tidak akan lagi menyediakan habitat yang sesuai untuk kehidupan makhluk hidup. Hewan biasanya akan berpindah untuk mencari tempat yang ideal supaya kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi.
Penyebab kerusakan alam akibat ulah manusia merupakan penyebab tertinggi dan sangat berpengaruh daripada faktor alam yang terjadinya tidak setiap hari. Banyak negara maju telah menaruh perhatian khusus terhadap kerusakan alam yang berakibat pada berubahnya iklim global. Jika iklim global berubah, hal ini dapat menyebabkan kenaikan suhu buli karena akumulasi gas emisi di atmosfer atau juga biasa kenal dengan istilah Global Warming atau Pemanasan Global. Indonesia sebagai negara berkembang juga telah mengalami masalah kerusakan alam yang memberikan dampak negatif untuk kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya. Kerusakan lingkungan karena ulah manusia membawa penyakit, bencana, dan kerugian untuk diri mereka sendiri.
B.     Kerusakan Lingkungan Karena Ulah Manusia
1.Pencemaran Air Sungai
Pencemaran air sungai disebabkan karena pembuangan limbah pabrik dan sampah sampah kesungai.akibatnya terjadi penyakit dan makhluk hidup yang ada disungai mati dan airnya pun tidak dapat dikonsumsi lagi oleh manusia.cara penanggulangannya yaitu dengan cara tidak membungang sampah sembarangan , jangan membuang limbah kesungai dan melakukan penyaringan.

2.Rusaknya terumbu karang
Penyebab  rusaknya terumbu karang yaitu:
3.   Penggunaan bahan peledak, jala tarik, dan racun utuk menangkap ikan
4.   Pencemaran dengan tumpahan minyak, pembuangan bangkai kapal dan pelemparan jangkar reklamasi, serta penambangan pasir
5.   Pembuangan limbah padat atau cair rumah tangga dan industri ke dalam perairan
6.   Akibat dari rusaknya terumbu karang yaitu:
7.   Biota laut kehilangan Tempat Tinggal untuk berkembang biak dan tempat mencari makanan
8.   Penurunan produksi Ikan yang akan berpengaruh pada sektor sektor industri terkait seperti ekspor ikan, mutiara, wisata bahari, obat obatan, pakan ternak dan kosmetik
9.   Hilangnya terumbu karang sebagai penahan pesisir pantai dari hempasan ombak
Cara menanggulanginya yaitu:
1.      tidak membuang jangkar pada pesisir pantai secara tidak sengaja akan merusak terumbu karang yang berada di bawahnya.
2.      tidak melakukan penambangan secara sembarangan
3.      tidak melakukan pembangunan pemukiman diareal sekitar terumbu karang
4.      tidak melakukan reklamasi pantai secara sembarangan
5.      menjaga kondisi perairan agar bebas dari polusi
6.      tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara yang salah, seperti pemakaian bom ikan

3. Banjir.
Penyebab terjadinya banjir yaitu karena membuang sampah sembarangan dan juga kurangnya daerah resapan air.dan akibatnya apabila hujan yang lebat selokan solakan dan sungai sungai akan tersumbat oleh sampah sampah,dan akan terjadi banjir.carapenanggulannya yaitu dengan cara membersihkan selokan-selokan atau tempat resapan dan aliran air.

 4. Penggundulan hutan
Penggundulan hutan terjadi karena penebangan pohon-pohon tanpa ada penanaman kembali atau reboisasi.akibat terjadinya hutan gundul ini akan berdampak pada perubahan iklim.iklim akan semakin panas karena hutan itu adalah paru paru dunia.danjuga akan mudah terjadinya longsor apabila ada hujan nyang cukup lebat.carapenanggulangannya yaitu dengan cara melakukan reboisasi,yaitu penanaman kembali pohon pohon.dan salah satu cara lainnya yaitu dengan cara tebang pilih,yaitu memilih pohon yang sudah cukup masanya untuk ditebang.

5.Pencemaran udara.
Pencemaran udara terjadi karena adanya asap asap kendaraan dan juga asap pabrik,dsb.akibat terjadinya pencemaran udara ini adalah suhu dibumi akan menjadi lebih tinggi karena lapisan ozon menipis, terjadinya hujan asam,dan lain lain . Cara penanggulangannya yaitu dengan cara mencari atau menggunakan alternative bahan bakar lainnya seperti tenaga surya.

C.     Dampak akibat kerusakan lingkungan Hidup
Dampak yang dirasakan atas kerusakan lingkungan hidup disekitar kita sangatlah besar baik dampak secara langsung maupun secara tidak langsung. Diantaranya dampak penambangan tanah liar di suatu daerah yang hingga saat ini masih dirasakan oleh penduduk s yaitu banjir dikala musim hujan dan debu dimusim panas, pengerokan gunung didaerah persemaian yang kemudian dijadikan kawasan perumahan telah membawa dampak bangunan ditepi gunung tenggelam bersama pasir akibat pengikisan dan banjir pada saat hujan.
Naiknya kadar CO2 ditmosfer membawa dampak naiknya suhu atmosfer , naiknya permukaan air laut dan akan mengubah iklim global. Terjadinya hujan asam kematian hutan yang luas di amerika utara dan eropa akibt pencemrn SO2 &NOx.
Pertumbuhan penduduk mengakibatkan bertambahnya limbah domestik ,akibat stimulasi memberi dampak membahayakan Tebing dan bangunn ditepinya.penurunan salinitas, kenaikan frekuensi, akibat banjir, kenaikn erosi lapisan, penurunan penggelontaran zat pencemar dan penurunan DO membawa dampak membahayakan pembangunn di daratan banjir.erosi gen diperkirakan membawa dampak punahnya jenis hewan dan tumbuhan.



D.     Upaya Mengatasi Kerusakan Lingkungan
Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi kerusakan lingkungan adalah sebagai berikut.
1.   Reboisasi, yaitu berupa penanaman kembali tanaman terutama pada daerah-daerah perbukitan yang telah gundul.
2.   Rehabilitasi lahan, yaitu pengembalian tingkat kesuburan tanah-tanah yang kritis dan tidak produktif.
3.   Pengaturan tata guna lahan serta pola tata ruang wilayah sesuai dengan karakteristik dan peruntukan lahan.
4.   Pembuatan sengkedan (terasering) bagi daerah-daerah pertanian yang memiliki kemiringan lahan curam yang rentan terhadap erosi.
5.   Tidak membuang sampah dan limbah rumah tangga ke sungai.
6.   Penyediaan tempat sampah, terutama di daerah pantai yang dijadikan lokasi wisata.
7.   Membuat pengelolaan limbah, jadi limbah tidak langsung dibuang.
8.   Melakukan sistem tebang pilih.
E.      Kesimpulan
Penyebab kerusakan alam akibat ulah manusia merupakan penyebab tertinggi dan sangat berpengaruh daripada faktor alam yang terjadinya tidak setiap hari. Banyak negara maju telah menaruh perhatian khusus terhadap kerusakan alam yang berakibat pada berubahnya iklim global. Jika iklim global berubah, hal ini dapat menyebabkan kenaikan suhu buli karena akumulasi gas emisi di atmosfer atau juga biasa kenal dengan istilah Global Warming atau Pemanasan Global.


DAFTAR PUSTAKA
Iqbal, Andri. 2016. Kerusakan Lingkungan Hidup
Wiraharta, Rian. 2015. Pengertian, Faktor Penyebab, Upaya Penanggulangan dan Contoh Kerusakan Lingkungan Hidup
Lia, Aulia. 2012.Lingkungan Hidup, Kerusakan Alam dan Pelestariannya

3 komentar:

  1. didalam artikel ini menceritakan tentang rusaknya lingkungan hidup tetapi seharusnya di dalam artikel memberikan contoh negara-negara yang telah memperbaiki lingkungan hidup. pertanyaan: bagaimana solusi supaya tidak bertambah rusak lingkungan tersebut untuk selanjutnya.... bukan hanya ide dan pendapat tetapi apa yang harus di lakukan supaya berjalan sesuai dengan kenyataannya. sylviana michicco 103

    BalasHapus
  2. slamet hariadi 060
    di dalam artikel tersebut lingkungan hidup merupakan lingkungan yg di tandai dengan hilangnya sumber daya tanah air dan harus kita rawat sebagai mana mestinya

    apakah sumber daya air bisa dilakukan sebagai penghasil produk yang berkualitas?

    BalasHapus
  3. Teddy 049
    kalau manusia nya sendiri yang berbuat mau gimana lagi ??? seharusnya pemerintah lebih tegas dengan masalah ini , tingkat kesadaran manusianya sendiri tentang lingkungan hidup yang baik juga kurang ... dari solusi diatas aja belum cukup ...

    pertanyaan : bagaimana supaya masyarakat semuanya bisa sadar tentang pentingnya menjaga lingkungan ???

    BalasHapus