.

Rabu, 03 Agustus 2016

Penipisan Lapisan Ozon




Dari kutipan modul kimia dan lingkungan industri, (Ataya 2016) , “pencemaran udara”  pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti. pencemaran udara dapat disebabkan karena aktivitas manusia, sumber alami, dan sumber-sumber lainnya. ada berbagai jenis-jenis bahan yang dapat menyebabkan pencemaran udara. banyak sekali penyebab dari pencemaran udara namun kita akan membahas salah satu penyebab dari pencemaran udara yaitu penipisan lapisan ozon. sebelum membahas penipisan lapisan ozon kita perlu tahu apa itu lapisan ozon.

  “lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 19 – 48 km (12 - 30 mil) di atas permukaan bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet matahari terhadap molekul-molekul oksigen. peristiwa ini telah terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu, tetapi campuran molekul-molekul nitrogen yang muncul di atmosfer menjaga konsentrasi ozon relatif stabil. ozon adalah gas beracun sehingga bila berada dekat permukaan tanah akan berbahaya bila terhisap dan dapat merusak paru-paru.” setelah kita mengetahui apa itu lapisan ozon mari kita membahas mengenai penipisan lapisan ozon.

penyebab utama penipisan lapisan ozon adalah klorin, bromin serta beberapa unsur dari golongan halogen lainnya. zat-zat yang sangat reaktif ini sampai ke atmosfer dan lapisan stratosfer dalam bentuk senyawa yang sangat stabil, antara lain seperti cfc (chloro fluoro carbon). cfc yang sangat stabil menjadi tidak stabil ketika mencapai lapisan stratosfer karena sinar matahari yang jauh lebih besar di ketinggian tersebut.  jumlah ozon dalam lapisan stratosfer tersebut pun menjadi menipis. namun menurut penelitian saat ini, cfc berperan paling besar yang menyebabkan menipisnya lapisan ozon contohnya yaitu:

1. CFC pada pendingin ruangan dan lemari es
2. Penggunaan CFC-11, CFC-12, CFC-114 pada produk penyemprot seperti hairspray dan alat pengharum ruangan
3. Penggunaan CFC-13 sebagai cairan pembersih

Adapun penyebab lainnya yang dapat memperparah kerusakan ozon yaitu:

1. Banyaknya asap kendaraan bermotor
2. Penggundulan hutan secara besar-besaran
3. Asap yang dihasilkan oleh pabrik
4. Haloncarbon yang digunakan dalam zat cair pemadam kebakaran
Dampak dari penipisan lapisan ozon akan mengakibatkan semakin besarnya radiasi sinar UV.

  yang jatuh ke permukaan bumi dan dapat menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan dan juga kesehatan yaitu:

1. Terjadinya global warming  gunung-gunung es di kutub utara akan mencair mengakibatkan naiknya permukaan air laut, daratan di bumi pun akan tenggelam.
2. Radiasi UV dapat menyebabkan penuaan kulit, kerusakan sel-sel kulit, meningkatnya penderita kanker kulit, radang kornea, dan katarak.
3. Sinar ultraviolet juga dapat merusak tanaman dan mengurangi hasil panen, tanaman diperkirakan akan mengalami kelambatan pertumbuhan, bahkan akan cenderung kerdil, sehingga merusak hasil panen dan hutan-hutan yang ada.
4. Mematikan anak-anak ikan, kepiting dan udang di lautan, serta mengurangi jumlah plankton yang menjadi salah satu sumber makanan kebanyakan hewan-hewan laut.Tekanan ini dapat berdampak pada manusia berupa terpengaruhinya pasokan makanan dari laut.

Memang timbulnya penipisan lapisan ozon ini dipicu dari tingginya pemakaian CFC oleh sebagian besar Negara, namun guna menormalkan kembali kondisi ozon ini diperlukan kerja keras dan kerja sama yang baik dari semua pihak. Tindakan pencegahan penipisan lapisan ozon dapat kita lakukaan saat ini demi memelihara lapisan ozon misalnya mulai mengurangi atau tidak menggunakan lagi produk-produk rumah tangga yang mengandung zat-zat yang dapat merusak lapisan pelindung bumi dari sinar UV ini. Untuk itu, diperlukan upaya meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam program perlindungan lapisan ozon, pemahaman mengenai penanggulangan penipisan lapisan ozon, memperkenalkan bahan, proses, produk, dan teknologi yang tidak merusak lapisan ozon. Bila tidak, maka proses penipisan ozon akan semakin meningkat.

Daftar Pustaka:

Ataya.2016. Dampak Penipisan Lapisan Ozon
http://www.ataya.xyz/2016/01/dampak-penipisan-lapisan-ozon-terhadap-kehidupan.html
Pratama, Hadi. 2014. Penipisan Lapisa Ozon
http://hadipratama26.blogspot.co.id/2014/02/penipisan-lapisan-ozon.html 
Akbar, Rizqiyah. 2013. Mekanisme Penipisan Ozon oleh CFC
http://rizqiyahakbarmauliddah.blogspot.co.id/2013/01/mekanisme-penipisan-lapisan-ozon-oleh.html
Lestari, Gita. 2013. Penipisan Lapisan Ozon, Penyebab, dan Pencegahannya
http://ilmuberbagi.or.id/penipisan-lapisan-ozon-penyebab-dan-pencegahannya/
Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas. Lapisan Ozon
https://id.wikipedia.org/wiki/Lapisan_ozon
Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas. Pencemaran Udara
https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_udara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.