.

Rabu, 03 Agustus 2016

Ketahuilah Tentang Ozon!



Kenalan yuk dengan ozon? Apakah kalian tahu ozon itu apa? Mungkin kalian sering mendengar kata “ozon”, tapi apa kalian tahu pengertiannya, fungsinya, dan lain sebagainya. Disini kita akan membahas sedikit mengenai ozon, yang dimaksud ozon itu apa sih? Ozon (O3) adalah komponen udara segar yang terjadi secara alami, sebagai hasil reaksi antara sinar ultraviolet dari matahari dengan lapisan atas atmosfir bumi, dan membentuk lapisan pelindung yang menyelimuti bumi. Ozon sendiri adalah jenis gas yang sangat reaktif dan tidak stabil, dengan masa hidup yang sangat pendek (20-30 menit) sebelum kembali menjadi Oksigen. Nah kalian sekarang tahu ozon itu apa? Sekarang kita lebih dalam lagi mengulik tentang ozon, dimulai dari lapisan ozon, apa itu lapisan ozon? Lapisan Ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 19 – 48 km (12 - 30 mil) di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. Konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet Matahari terhadap molekul-molekul oksigen. Peristiwa ini telah terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu, tetapi campuran molekul-molekul nitrogen yang muncul di atmosfer menjaga konsentrasi ozon relatif stabil.


KEPENTINGAN OZON

sumber: chemtrailsplanet.files.wordpress.com
Ozon terhasil dengan berbagai percampuran kimiawi, tetapi mekanisme utama penghasilan dan perpindahan dalam atmosfer adalah penyerapan tenaga sinar ultraviolet (UV) dari matahari. UV dikaitkan dengan pembentukan kanker kulit dan kerusakan genetik. Peningkatan tingkat UV juga mempunyai dampak kurang baik terhadap sistem imunisasi hewan, organisme akuatik dalam rantai makanan, tumbuhan dan tanaman. Penyerapan sinaran UV berbahaya oleh ozon stratosfer amat penting untuk semua hidupan di bumi.


KESEIMBANGAN OZON

Jumlah ozon dalam atmosfer berubah menurut lokasi geografi dan musim. Ozon ditentukan dalam satuan Dobson (Du) di mana, sebagai contoh, 300 Du setara dengan 3 mm tebal lapisan ozon yang tulen jika dimampatkan ke tekanan permukaan laut. Sebagian besar ozon stratosfer dihasilkan di kawasan tropis dan diangkut ke ketinggian yang tinggi dengan skala-besar putaran atmosfer semasa musim salju hingga musim semi. Umumnya kawasan tropis memiliki ozon yang rendah.

KEGUNAAN OZON

Ozon mempunyai banyak kegunaan, dalam bidang industri antara lain:

·       -  mengenyahkan kuman sebelum dibotolkan (antiseptik)
·       menghapuskan pencemaran dalam air (besi, arsen, hidrogen sulfida, nitrit, dan bahan organik kompleks yang dikenal sebagai warna)
·       -  membantu proses flokulasi (proses pengabungan molekul untuk membantu penapis
    - menghilangkan besi dan arsenik)
·      -   mencuci, dan memutihkan kain (dipaten)
·      -  membantu mewarnakan plastik
·       menentukan ketahanan getah

LUBANG OZON

sumber: https://m4res.wordpress.com/2014/08/23/bahaya-lapisan-ozon-berlubang/
Lubang ozon terjadi karena penipisan lapisan ozon yang disebabkan oleh pelepasan chlorofluorocarbon (CFC) dan zat lain, yang digunakan secara luas sebagai pendingin, busa isolasi, dan pelarut. Kejadian Lubang ozon di Antartika disebabkan oleh penipisan lapisan ozon antara ketinggian tertentu seluruh Antartika pada musim semi. Pembentukan 'lubang' tersebut terjadi setiap bulan September dan pulih ke keadaan normal pada lewat musin semi atau awal musim panas.



Daftar Pustaka:
Afia. Atep. 2015. Modul Kimia dan Lingkungan Industri (Kimia Lingkungan)
Mulyadi. Tedy. 2015. Pengertian lapisan ozon dan fungsinya. http://budisma.net/2015/06/pengertian-lapisan-ozon-dan-fungsinya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.