.

Minggu, 31 Juli 2016

TEKNOLOGI INDUSTRI KIMIA


Dari penglihatan insinyur kimia, industri kimia menggunakan proses kimia seperti reaksi kimia dan metode pengilangan untuk memproduksi material dalam bentuk padat, cair, maupun gas. Kebanyakan produknya digunakan untuk memproduksi barang lainnya dan hanya sedikit saja yang langsung digunakan pada konsumen. Pelarut, pestisida, natrium karbonat, dan semen merupakan beberapa produk kimia yang langsung dipakai konsumen.

Industri kimia juga memproduksi bahan kimia industri organik dan anorganik, produk keramik, petrokimia, agrokimia, polimer, karet, oleokimia (minyak, lemak, wax), peledak, dan aroma buatan. Beberapa produknya ditampilkan pada tabel berikut.
Tipe produkContoh
Industri anorganikamoniaklorinnatrium hidroksidaasam sulfatasam nitrat
Industri organikakrilonitrilfenoletilena oksidaurea
produk keramiksilika, frit
petrokimiaetilenapropilenabenzenastirena
agrokimiapupukinsektisidaherbisida
polimerpolietilenaBakelitpoliester
elastomerpoliisoprenaneoprenapoliuretan
oleokimialemak babiminyak kedelaiasam stearat
peledaknitrogliserinamonium nitratnitroselulosa
aroma buatanbenzil benzoatcoumarinvanilin
gas industrinitrogenoksigenasetilenadinitrogen oksida
Proses dan produk umumnya diuji selama dan setelah proses dengan menggunakan instrumen atau alat tertentu untuk memastikan operasi berjalan aman dan produk yang dibutuhkan sesuai dengan spesifikasi tertentu. Produk ini dikirimkan dengan banyak cara, termasuk jalur pipa, mobil tanki, silinder, botol, drum, kotak, dsb. Sebuah perusahaan kimia umumnya mempunyai laboratorium penelitian dan pengembangan untuk menguji dan mengembangkan proses serta produk mereka.Proses-proses kimia seperti reaksi kimia digunakan pada pabrik kimia untuk membentuk senyawa baru dengan berbagai macam tipe tangki reaktor. Di banyak kasus reaksinya dilakukan pada peralatan khusus anti-karat pada suhu dan tekanan tertentu dengan bantuan katalis. Produk reaksi ini dipisahkan dengan berbagai teknik di antaranya distilasi seperti distilasi fraksional, pengendapan, kristalisasi, adsorpsi, filtrasi, sublimasi, dan pengeringan.



DAFTAR PUSTAKA :
https://id.wikipedia.org/wiki/Industri_kimia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.