.

Sabtu, 30 Juli 2016

MENGENAL LEBIH DEKAT PLASTIK DAN POLIMER



           PLASTIK DAN KANDUNGAN POLIMERNYA

Sebelum kita mengenal lebih jauh plastik, kita harus mengenal apa itu bahan dasar utama untuk pembuatan plastik itu sendiri, bahan utama nya adalah polimer, mungin kita sudah tidak asing lagi apa itu polimer, polimer adalah istilah lain dari plastik itu sendiri, polimer tersusun dari monumer monumer yang saling mengikat satu sama lain.
Polimer itu sendiri terbagi dalam 2 bagian, yaitu polimer organik & polimer anorganik, polimer organik contoh nya adalah kulit kayu, Kulit binatang, kapas dll, sementara polimer anorganik contoh nya adalah plastik, karet dll. 


Plastik

  Plastik adalah istilah lain dari polimer, plastik terbuat dari monumer monumer yang saling mengikat satu sama lain. Plastik pertama kali ditemukan oleh LEO HENDRIK BAEKELAND, dia adalah ilmuan amerika keturunan belgia, 

awal nya plastik itu sendiri hanya dipakai untuk kotak radio, kancing, dan bola biliar saja, tetapi dengan berkembangnya waktu dan ilmu pengetahuan maka plastik dipakai hampir untuk segala macam yang kita temui terbuat dari plastik.
Bahan–bahan yang tekandung dalam plastik
    Teryata tanpa kita sadari terdapat kurang lebih 100 jenis bahan beracun yang terdapat pada plastik itu sendiri, plastik yang kita pakai sehari hari mulai dari bungkus makan, minuman, bahkan mainan anak anak itu sendiri mengandung bahan bahan yang beracun dan sangat berbahaya bagi tubuh sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit. Contoh zat nya adalah karbon dan hidrogen.

 
Tipe Plastik
 Secara umum plastik di golongkan menjadi 2 macam, yaitu:
 1. TERMOSET
Adalah jenis plastik yang tidak bisa didaur ulang lagi atau dicetak lagi, proses pemanasan dapat merusak molekul molekul nya.
Contoh nya: peralatan makanan dari melamin, saklar dll.


2.TERMOPLASTIK
Adalah jenis plasik yang bisa di daur ulang atu dibentuk kembali dengan pemanasan ulang,
Contoh nya : Bahan pembungkus makanan, Botol, wadah makanan dan minuman.

  DAFTAR PUSTAKA
1.Nurrosyid,Dede.2015(UniversitasPendidikanIndonesia)http://www.penemu.co/2011/09/penemu-plastik-leo-hendrik-baekeland.html
2. Afia, Atep. 2015. Kimia Kontekstual (Bagian dua).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.