.

Minggu, 31 Juli 2016

INDUSTRI SABUN COLEK


Oleh Samsul Hadi - Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat familiar dengan yang namanya sabun colek, sabun colek sendiri beerbentuk tidak cair dan tidak serbuk ataupun batang melainkan berbentuk stngah padat dan setengah cair, serta karna sabunnya bisa dicolek dengan jari ketika mengambilnya untuk digunakan maka disebutlah sabun colek. Sabun colek lebih murah dibanding sabun batang, cair, maupun bubuk dan sabun colek sendiri sangat digemari masyarakat indonesia.

Sabun colek sendiri digunakan sebagai pembersih alat rumah tangga, pakaian, kendaraan, perkakas kerja maupun sebagai pembersih lantai. Tetapi sabun colek sendiri tidak diperuntukan untuk digunakan pada tubuh manusia maupun makhluk hidup yang lain sebagai pembersih ketika mandi. Sejatinya sabun colek memang tidak berbeda dari sabun sabun lainnya, secara fungsi sabun colek digunakan untuk membersihkan tetapi tidak semua hal yang dibersihkan sabun colek akan mengalami kondisi normal melainkan akan terjadi kondisi abnormal atau alergi ketika sabun colek diperuntukan untuk tubuh manusia.

Sabun colek terbuat dari bahan yang beragam, menurut Siti Nuraisyah Dewi dan Daru Waskita dalam laman Viva.co.id, dalam membuat sabun colek setidaknya diperlukan bahan-bahan berikut agar semua unsur sabun colek tercapai, diantaranya;
  1. Soda Api, berfungsi sebagai menghilangkan sifat asam dari DBS atau zat yang digunakan untuk membersihkan noda
  2. SAS untuk memaksimalkan kinerja DBS yang terdapat dalam bahan sabun.
  3. Air yang berfungsi sebagai pelarut bahan – bahan sabun colek
  4. SPTT sebagai zat yang mempercepat penguraian limbah sabun colek
  5. Pemutih yang berfungsi sebagai pemutih agar bersih
  6. Water Glass untuk memberikan kesan berkilau pada benda yang diberikan sabun colek
  7. TRO sebagai bahan yang berperan dalam mengikat kotoran
  8. Talk yang berfungsi sebagai bahan pengisi sabun colek
  9. CMC untuk mengentalkan sabun colek yang dibuat
  10. Serta pewarna dan pewangi agar sabun colek lebih bernilai jual
Kesemua bahan kimia tersebut haruslah sesuai takaran dalam membuat sabun colek, serta penggunaannya haruslah secara bijak karna limbah yang dihasilkan sabun colek dari bahan kima yang di kandungnya dapat menyebabkan lingkungan yang terkontaminasi limbah sabun colek terganggu dan dapat merusak tumbuhan maupun hewan serta mempengaruhi kandungan zat hara dalam tanah dan mencemari air yang dilewati limbah sabun colek tersebut.

Sabun colek yang terdiri dari banyak bahan kimia tentunya memilki efek negatif jika kita menggunakannya dengan tidak bijak, efek negatif penggunaan sabun colek menurut Cherin Indra dalam laman Solopos.com diantaranya;
  • Dapat merusak kulit berpori dan dapat membuat kuku yang terkena sabun colek berjamur
  • Dapat merusak mesin pencuci piring karena buih yang dihasilkannya sangat banyak
  • Membuat bahan dari kulit yang dicuci sabun colek menjadi kusam
  • Merusak serat kain jika digunakan untuk mencuci pakaian
  • Merusak cat kendaraan jika sering mencuci menggunakan sabun colek

Sabun apapun baik sabun cair, bubuk, batang maupun colek akan berdampak buruk jika kita menggunakannya diluar batas yang diperbolehkan dan menggunakan sabun tidak menurut peruntukannya. Maka dari itu untuk menjaga lingkungan kita tetap terjaga dalam pembuangan limbah sabun colek hendaknya memperhatikan tempat dan lingkungan sekitarnya agar limbah yang kita hasilkan dari sabun colek tidak berdampak negatif baik bagi diri sendiri maupun lingkungan. Buanglah limbah sabun colek pada tempat yang memang diperuntukan untuk menampung limbah agar selanjutnya dapat diolah kembali.

Daftar Referensi;
Indra C. 2015. Awas Sabun Colek Berbahaya. [Online]. (http://www.solopos.com/2015/06/10/awas-sabun-colek-bisa-berbahaya-612674, diakses tanggal 30 Juli 2016)

Prof. Dr. Ir. Risfaheri, M.Si. dkk. 2012. Kajian Pengolahan Limbah CPO Untuk Produksi Sabun Pada Skala Usaha Kecil. [Pdf]. (http://pkpp.ristek.go.id/_assets/upload/feval/X_227_Presentasi_Evaluasi.pdf, diakses tanggal 30 Juli 2016)

Sopiah R N. 2004. Pengelolaan Limbah Deterjen Sebagai Upaya Minimalisasi Polutan Di Badan Air Dalam Rangka Pembangunan Berkelanjutan. [Pdf]. (http://digilib.batan.go.id/e-prosiding/File%20Prosiding/Lingkungan/Pengolahan_limbah_IV_2004/artikel/r-nida_s_99.pdf, diakses tanggal 30 Juli 2016)

Dewi S N & Waskita D. 2014. Ini Cara Mudah Membuat Sabun Colek. [Online]. (http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/534400-ini-cara-mudah-membuat-sabun-colek, diakses tanggal 30 Juli 2016)

Repositori Universitas Sumatra. 2016. Materi Tentang Sabun. [Pdf], (http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/30838/4/Chapter%20II.pdf, diakses tanggal 30 Juli 2016)

1 komentar:

  1. Kami distributor Surfactan Chemical menyediakan bahan-bahan untuk pembuatan sabun cuci piring, sabin cuci tangan, sabun mandi, pel lantai dan material surfactan lainnya. Kantor kami berdomisili di Jakarta Utara. Jika ada kebutuhan, silahkan menghubungi kami di 0813 1834 1813 (Anjip), kami akan bantu kebutuhan anda.

    terima kasih
    Anjip

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.