.

Jumat, 28 Juni 2013

Miss. Melamin Perusak Rumah Tangga

 Peralatan makan dan minum berbahan dasar Melamin kini banyak di jual dan mudah di dapat di pasaran, dengan warna dan bentuk-bentuk yang menarik, ringan, tidak mudah pecah .Dengan harga yang murah meriah semakin di gemari saat ini. Tapi siapa sangka di balik semua itu ada bahaya yang mengintai keluarga kita.


Apa sebenarnya melamin itu?
 Melamin adalah senyawa organik berbentuk kristal putih dengan rumus C3N6H6 yang kaya Nitrogen (N).  Meskipun tinggi Nitrogen melamin bukanlah protein . Melamin biasa di gunakan sebagai campuran bahan untuk pembuatan plastik,bahan perekat,peralatan makanan,pelapis kayu dll.

 Melamin merupakan persenyawaan (polimerisasi) kimia antara monomer formaldehid dan monomer fenol. Apabila keduanya di gabung maka sifat racun formaldehid hilang dan menghasilkan melamin.tetapi formaldehid dapat muncul dan bersifat racun apabila melamin mengalami depolimerisasi misalnya terkena panas, sinar ultraviolet,tergerusnya permukaan melamin,yang mengakibatkan partikel terlepas.
 Ketika kita akan menghidangkan makanan atau minuman panas lebih baik menggunakan peralatan yang tidak terbuat dari melamin, karena panas tadi bisa merusak ikatan formalin dan larut dalam makanan tersebut. 

Apa aja bahaya yang ditimbulkan melamin jika terkontaminasi oleh tubuh?
- Gagal ginjal
- Beragam jenis kanker
- Rusaknya alat reproduksi
- Iritasi pada kulit akibat paparan melamin

Tidak hanya berbahaya jika terkontaminasi langsung pada makanan seperti kasus susu formula yang terkontaminasi melamin, melainkan juga pada peralatan makan kita. Tapi perlu diingat, asal tidak di pakai untuk wadah makanan atau minuman panas melamin masih aman di gunakan.

Demikian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembacanya.
Sumber :

http://www.chem-is-try.org/artikel_kimia/kimia_material/miss-melamin-perusak-rumah-tangga/
http://id.wikipedia.org/wiki/Melamina
http://doktersehat.com/bahaya-alat-makan-melamin/
http://saveindonesianchildren.wordpress.com/2009/03/10/bahaya-produk-makanan-bermelamin-bagi-anak-anda/
http://nasional.kompas.com/read/2008/09/26/05515043/inilah.bahaya.mengoplos.melamin.ke.susu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.