.

Minggu, 08 September 2019

Yuk Kenali Hukum - Hukum Dasar Perubahan Materi dalam Kimia

oleh : @N12-Alfina, @N17-Wida, @N18-Shabilla
Abstrak
        Metode ilmiah yang diterapkan dalam ilmu kimia, merupakan langkah besar para ilmuwan dalam merumuskan hukum-hukum dasar ilmu kimia. Hukum kimia dapat diperoleh berdasarkan pengamatan dan eksperimen. Kemudian, kajian penting dari ilmu kimia yaitu mempelajari perubahan materi dan mekanisme perubahannya. Keadaan materi dapat dikenali berdasarkan sifat fisik maupun sifat kimianya. Sifat fisik suatu materi dinyatakan melalui wujud, warna, titik leleh, dan lain-lain. Sifat kimia materi dapat diketahui dari kemampuan melakukan perubahan.



1.      Hukum Kekekalan Massa (Lavoisier)
Berdasarkan hasil eksperimen, Lavoisier menyatakan bahwa “jumlah massa zat-zat, sebelum dan sesudah reaksi adalah sama”. Pernyataan ini dikenal sebagai Hukum Kekekalan Massa (disebut juga sebagai Hukum Lavoisier).

Percobaan Lavoisier dapat menjelaskan lebih jauh tentang reaksi kimia bahkan mendorong ilmuwan lain pada zamannya untuk melakukan berbagai percobaan yang menghasilkan berbagai hukum dalam kimia.

2.      Hukum Perbandingan Berganda (Dalton)
Dalam senyawa, seperti air, dua unsur bergabung masing-masing menyumbangkan sejumlah atom tertentu untuk membentuk suatu senyawa. Dari dua unsur dapat dibentuk beberapa senyawa dengan perbandingan berbeda-beda. Misalnya, belerang dengan oksigen dapat membentuk senyawa SO dan SO. Dari unsur hidrogen dan oksigen dapat dibentuk senyawa H₂O dan  H₂O₂.


Dalton menyelidiki perbandingan unsur-unsur tersebut pada setiap senyawa dan didapatkan suatu pola keteraturan. Pola tersebut dinyatakan sebagai hukum Perbandingan Berganda yang bunyinya:


Contoh: 
Nitrogen dan Oksigen dapat membentuk senyawa-senyawa NO, NO, NO, dan  NO dengan komposisi massa terlihat pada tabel berikut.   

Dari tabel tersebut, terlihat bahwa bila massa N dibuat tetap (sama), sebanyak 7 gram, maka perbandingan massa oksigen dalam:
NO : NO : NO : NO = 4 : 8 : 12 : 16  atau  1 : 2 : 3 : 4
Dalton merumuskan hukum ini berdasarkan pengamatan terhadap nilai-nilai perbandingan proust.

3.      Hukum Perbandingan Tetap (Proust)

Pada tahun 1799 Joseph Louis Proust (Perancis) mempublikasikan hasil penemuannya tentang sifat senyawa. Perhatikanlah data pengamatan salah satu percobaan Proust berikut terhadap pembentukan senyawa air dari unsur hidrogen dan unsur oksigen berikut. 


Berdasarkan eksperimen seperti di atas terhadap beberapa senyawa, Proust kemudian menyimpulkan bahwa “setiap senyawa memiliki perbandingan massa antar unsur pembentuknya yang tetap dan tertentu”. Pernyataan ini kemudian dikenal sebagai Hukum Perbandingan Tetap atau Hukum Komposisi Tetap (atau disebut Hukum Proust).
Hukum proust tidak berlaku untuk senyawa-senyawa yang mengandung komposisi isotop yang berbeda. Komposisi isotop dapat berbeda sesuai sumber dari unsur yang membentuk senyawa tersebut. Selain itu, hukum proust juga tidak berlaku pda polimer, baik polimer alami maupun polimer buatan. Peran di dalam hukum proust tidak kalah penting dengan hukum gerak newton dan hukum kepler, karena hukum proust di dalam ilmu kimia mempunyai peranan penting untuk menunjukan zat-zat yang terlibat di dalam reaksi kimia.


4.      Hukum Boyle-Gay Lussac

       Hukum ini merupakan perpaduan dua hukum gas: [1] hubungan P-V (antara tekanan dan volum) dengan [2] hubungan antara tekanan, P dan suhu, T. Hukum ini berguna untuk memperkirakan gas dari satu keadaan ke keadaan lain melalui perbandingan berikut:



DAFTAR PUSTAKA
Unknown. Stiokiometri Kimia di http://file.upi.edu (diakses 08 September 2019)
Hariandja, Dorthy. Hukum Dasar Kimia Dan Perhitungan Kimia di https://www.academia.edu ( diakses 08 September 2019)
Unknown. Penjelasan Tentang Hukum-Hukum Dasar Kimia di https://biologi-indonesia.blogspot.com (diakses 08 September 2019)
Adminnami01. 2019. Pengertian, Rumus dan Hukum Proust (Perbandingan Tetap) Kimia di https://rumusrumus.com (diakses 08 September 2019)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.