.

Sabtu, 07 September 2019

Kimia Organik


KIMIA ORGANIK


Oleh : SAHLEVI ARIPUTRA (@N09-SAHLEVI)




ABSTRAK
Kimia adalah salah satu cabang dari ilmu fisik yang khusus mempelajari sifat, struktur, susunan dan juga perubahan materi. Kimia meliputi beragam topik, diantaranya adalah; Sifat pada partikell atom, proses kerja atom dalam membentuk sebuah ikatan kimia yang akhirnya akan menghasilkan suatu senyawa, interaksi zat dalam bentuk antarmolekul untuk menemukan hasil berupa sifat umum dari suatu material dan juga melakukan Interaksi zat partikel dengan reaksi kimia guna menghasilkan bentuk zat berbeda.
Sedangkan pengertian kimia menurut Etimologi adalah, bahwa kimia berasal dari kata alkimia yang merupakan sebutan untuk rangkaian dari proses atau praktik yang menggunakan komponen ilmu metalurgi, astrologi, kimia, filsafat, pengobatan serta mistik. Meskipun begitu, para ahli memiliki persepsinya sendiri mengenai definisi dari ilmu kimia.
PEMBAHASAN
·       Pengertian
Kimia Organik merupakan cabang kimia yang lebih fokus pada kajian mengenai struktur, sifat, komposisi, reaksi, dan sintesis senyawa organik. Kimia organic juga sering di sebut sebagai kimia karbon, karena unsur yang dipelajari dalam kimia organik adalah unsur yang mengandung karbon, hidrogen, dan oksigen; biasanya dengan tambahan nitrogen, belerang, dan fosfor.
·       Gugus Fungsi
gugus fungsi adalah kelompok gugus khusus pada atom dalam molekul, yang berperan dalam memberi karakteristik reaksi kimia pada molekul tersebut. Senyawa yang bergugus fungsional sama memiliki reaksi kimia yang sama atau mirip. Gugus fungsi merupakan bagian yang reaktif dari suatu molekul sehingga gugus fungsi ini banyak menentukan sifat-sifat senyawa. Gugus fungsi sangatlah berperan penting didalam kehidupan kimia organik. Kemampuan atom karbon untuk membentuk ikatan tunggal dan ganda dengan sesamanya, yang memungkinkan pembentukan struktur dengan mengikat berbagai gugus fungsional. Gugus fungsional adalah konfigurasi spesifik atom-atom yang umumnya berikatan dengan kerangka karbon molekul organik dan umumnya terlibat dalam reaksi kimiawi.
·       Senyawa
SENYAWA HIDROKARBON(ALKANA, ALKENA, DAN ALKUNA) merupakan senyawa yang disusun oleh atom hidrogen (H) dan karbon (C). Mempunyai rumus umum CnH2n+2, alkena mempunyai rumus umum CnH2n, sedangkan alkuna mempunyai rumus umum CnH2n-2. Tata nama berdasarkan IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry ) di dasarkan atas urutan nama yang berasal dari bahasa Yunani, seperti berikut:

Nama
Struktur termanpatkan
metana
CH4
etana
CH3CH3
propana
CH3CH2CH3
butana
CH3(CH2)2CH3
pentana
CH3(CH2)3CH3
hexana
CH3(CH2)4CH3
heptana
CH3(CH2)5CH3
oktana
CH3(CH2)6CH3
nonana
CH3(CH2)7CH3
dekana
CH3(CH2)8CH3
undekana
CH3(CH2)9CH3
dodekana
CH3(CH2)10CH3

DAFTAR PUSTAKA
·         Hidayat,Atep Afia dan Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan pengetahuan Lingkungan Industri. Yogyakarta:Wahana Resolusi.

·         Jaga.id. 2019 Pengertian Kimia : Cabang Ilmu, Contoh Zat Rumus dan Pelajaran SMA

·         Ilmu Kimia. Kimia Organik

·         Bila Blog. GUGUS FUNGSI SENYAWA ORGANIK

·         Ismayanti,Rahma. 2014. Kimia Organik (Alkana, Alkena, Alkuna)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.