.

Sabtu, 07 September 2019

Berkenalan Dengan Kimia

Berkenalan Dengan Kimia

Oleh : @Kel-P07 (@P02-AULIYAH, @P04-RAHMATIKA, @P05-WENING)

ABSTRAK
Kimia adalah ilmu yang mempelajari benda, ciri-cirinya, strukturnya, komposisinya, dan perubahannya yang disebabkan karena interaksi dengan benda lain atau reaksi kimia. Kimia sering disebut sebagai "ilmu pusat" karena menghubungkan berbagai ilmu lain, seperti fisikailmu bahannanoteknologibiologifarmasikedokteranbioinformatika, dan geologi. Jadi Ilmu kimia adalah bagian ilmu alam yang mempelajari komposisi dan struktur zat kimia serta hubungan dengan sifat zat tersebut.
Hukum dasar kimia meliputi hukum kekekalan massa, hukum perrbandingan tetap, hukum pebandingan berganda, hukum penggabungan volume, dan hipotesis Avogadro. Dalam mempelajari hukum dasar kimia, ada konsep yang menghubungkan antara suatu satuan dengan satuan kimia yang lainya, yang disebut dengan konsep mol.
KATA KUNCI : Dasar-dasar Kimia, Hukum Dasar Ilmu Kimia

1.     Hukum kekekalan massa
Antoine Lavoisier
Hukum kekekalan massa dikenal juga hukum Lomonosov-Lavoisier yang merupakan suatu hukum yang menyatakan massa dari sistem tertutup akan konstan walaupun terjadi berbagai macam proses di dalam sistem itu sendiri.Pernyataan yang umum dipakai guna menyatakan hukum kekekalan massa yaitu :
“Massa mampu berubah bentuk akan tetapi tidak bisa diciptakan ataupun dimusnahkan”
2.     Hukum Perbandingan Tetap
Joseph Louis Proust
Dalam ilmu kimia, hukum perbandingan tetap atau umum dikenal dengan hukum Proust yang diambil dari nama kimiawan Perancis Joseph Proust yaitu hukum hukum yang menyatakan bahwa :
“Suatu senyawa kimia terdiri atas unsur-unsur dengan perbandingan massa yang selalu sama”
3.     Hukum Perbandingan Berganda
John Dalton
Dalam ilu kimia, hukum perbandingan berganda yaitu salah satu hukum dasar stoikiometri. Hukum ini juga terkadang disebut hukum Dalton yang diambil dari nama kimiawan Inggris John Dalton, tetapi biasanya hukum Dalton merujuk kepada hukum tekanan parsial. Hukum ini menyatakan bahwa :
“Jika dua unsur bereaksi kemudian membentuk dua atau lebih senyawa, maka perbandingan berat salah satu unsur yang bereaksi dengan berat tertentu dari unsur yang lain pada kedua senyawa itu selalu merupakan perbandingan bilangan bulat sederhana”
4.     Hukum Penggabungan Volume
Gay Lussac
Hukum penggabungan volume menyatakan bahwa :
“Saat gas bereaksi bersama-sama menjadi gas lain, dan semua volume diukur pada suhu dan tekanan yang sama”
Maka rasio antara volume gas reaktan dengan produk bisa dinyatakan dalam bilangan bulat yang sederhana. Hukum penggabungan volume gas dipublikasikan Joseph Louis Gay-Lussac tahun 1808.
5.     Hipotes Avogadro
Avogrado
Hukum Avogadro (Hipotes Avogadro, atau Prinsip Avogadro) yaitu suatu hukum gas yang diberi nama sesuai dengan penemunya yaitu ilmuwan Italia Amedeo Avogadro pada tahun 1811 mengajukan hipotesis bahwa:
“Gas-gas yang mempunyai volume sama, pada temperatur dan tekanan yang sama, akan memiliki jumlah partikel yang sama”
Artinya, jumlah molekul atau atom dalam suatu volum gas tidak bergantung pada ukuran ataupun jumlah massa dari molekul gas. Misalnya 1 liter gas hidrogen dan nitrogen akan mengandung jumlah molekul yang sama, selama suhu dan tekanannya sama.
Klasifikasi materi
·         Zat tunggal adalah materi yang mempunyai sifat dan komposisi yang sama diseluruh bagiannya. Zat tunggal terdiri dari unsur dan senyawa
·         Campuran adalah materi yang terbentuk dari gabungan dua zat tunggal atau lebih dengan komposisi yang bervariasi. Sifat dan karakteristik campuran tergantung dari sifat zat tunggal penyusunnya.
Unsur
Unsur adalah materi yang tidak dapat diuraikan dengan reaksi kimia menjadi zat yang lebih sederhana. Contoh : Hidrogen (H), Oksigen (O), Besi (Fe),dll.
Senyawa
Senyawa adalah materi yang dibentuk dari dua unsur atau lebih dengan perbandingan tertentu. Zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi dua atau lebih zat lain dengan reaksi kimia. Senyawa termasuk zat tunggal karena komposisinya terlalu tetap. Sifat senyawa berbeda dengan sifat unsur penyusunnya. Contoh : air atau H2O yang terbentuk dari unsur Hidrogen dan Oksigen
Campuran
Campuran terbentuk dari dua atau lebih zat yang masih mempunyai sifat asalnya, ketika gula dicampurkan dengan air akan terbentuk larutan gula (campuran gula dan air). Campuran ini masih mempunyai sifat gula (manis) dan sifat air, tingkat kemanisan campuran gula dan air ini bermacam-macam tergantung dari jumlah gula ditambahkan ke dalam air. Senyawa mempunyai komposisi yang teteap, sedangkan campuran tidak memiliki komposisi yang tetap.
Campuran dapat berupa larutan, suspense atau koloid.
a.       Larutan
Larutan adalah campuran homogeny. Ciri campuran homogen :
-tidak ada bidang batas antar komponen penyusunnya
-komposisi diseluruh bagian adalah sama
Komponen larutan terdiri dari pelarut dan zat terlarut. Komponen yang jumlahnya terbanyak dianggap sebagai pelarut. Tapi jika larutan adalah campuran dari zat padat dan cair, maka cairan dianggap sebagai pelarut
b.      Suspensi
Suspense adalah campuran kasar dan tampak heterogen. Batas antar komponen dapat dibedakan tanpa perlu menggunakan mikroskop. Suspense tampak keruh dan zat yang tersuspensi lampat laun terpisah karena gravitasi
Contoh : campuran kapur dan air
c.       Koloid
Koloid adalah campuran yang keadaannya terletak antara larutan dan suspense. Secara makroskopis koloid tampak homogeny, tetapi jika diamati dengan mikroskop ultra akan tampak heterogen
Contoh : santen, air, susu, dll
Campuran adalah gabungan dua zat tunggal atau lebih dengan perbandingan sembarang. Jika membentuk senyawa, perbandingan kedua unsur harus tertentu. Campuran bisa saja terjadi antar senyawa.
Campuran dapat dibagi menjadi 2 yaitu :
1.      Campuran homogeny yaitu,penggabungan dua zat tunggal atau lebih yang semua partikelnya merata sehingga membentuk satu fase. Satu fase adalah zat yang sifat dan komposisinya sama.
Contoh : air gula
2.      Campuran heterogen yaitu, penggabungan yang tidak merata antara dua zat tunggal atau lebih sehingga perbandingan komponen tidak sama
Contoh : air dan minyak tanah

DAFTAR PUSTAKA
Unknown. 2014. Kimia Dasar – Yusyifa. http://yusyifa.blogspot.com/2014/11/kimia-dasar.html
Atkins, P.W. Physical Chemistry (Oxford University Press) ISBN 0-19-879285-9
Guru, Angga. 2019. Hukum Dasar Kimia – Maribelajar https://materibelajar.co.id/hukum-dasar-kimia/
Unknown. 2016. Definisi Kimia - Wikipedia Indnesia. https://id.wikipedia.org/wiki/Kimia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.