.

Sabtu, 07 September 2019

APA ITU KIMIA ?


OLEH : RAMA NUR HIDAYAT 

[@ N01-RAMA]


Dari kata al-kimia diatas, dapat disimpulkan secara singkat bahwa ilmu kimia berarti: ilmu yang mempelajari rekayas materi,yaitu mengubah materi menjadi materi lain.
Secara lengkapnya ,kimia merupakan sesuatu bagian dari ilmu pengetahuan alam,yang mmpelajari materi mengenai steruktur dan sifat materi[ZAT],perubahan materi[ZAT]  dan energi yang turut serta dalam perubahan suatu zat atau materi tersebut.

sebagai ilmu-ilmu lainnya,kimia terus mengalami perkembangan baik untuk kelompok kimia murni maupun kimia terapan.sebelum lebih lanjut membahas perkembangan kimia,ada baiknya terlebih dahulu memberikan pengertian tentang kimia.Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa kimia merupakan ilmu yang mempelajari komposisi dan sifat materi serta berbagai perubahan yang dialaminya.sebagai cabangsains lainnya kimia juga berupaya mengungkapkan fakta tentang materi.adapun pemahaman tentang materi ialah apapun yang dapat menempati ruang dan mempunyai massa. dengan demikian pada dasarnya kimia mengupas tuntas mengenai materi dan perubahannya.perubahan kimia atau lebih populer dengan istilah rekasi kimia memungkinkan terbentuknnya zat zat baru yang sebelummnya tidak dikenal.hal ini memberikan peluang yang besar untuk berbagai kepentingan, mulai dari INDUSTRI,PERTANIAN,KEDOKTERAN,KONTRUKSI,dan sebagainya .

Namun disisi lainnya tidak semua proses pembentukan zat baru menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, banyak juga di antaranya  yang justru merugikan peradaban manusia seperti limbah industri,limbah pertanian,limbah rumah tangga,dan sebagainya.

kimia sebenarnya merupakan disiplin ilmu yang mempelajari sifat komposisi,dan transformasi materi. setiap materi memiliki sifat tersendiri yang khas,memliki komposisi yang unik dan memiliki spesifikasi transformasi menjadi bentuk materi lainnya. bahan bahan kimia sangat mempengaruhi kehidupan kita, maka ilmu kimia sudah pasti menjadi salah satu bidang paling berjaya yang amat penting hingga saat ini tanpa disadari, bahan kimia telah digunaka secara luas dalam kehidupan  sehari hari. kegunaan bahan kimia akan terus meningkat dan manusia akan sentiasa memerlukan bahan baru .dalam hal inilah ilmu kimia memainkan peranan strategis dan krusial untuk pengembangan kualitas hidup manusia .

seorang kimiawan harus memiliki beberapa spesifikasi seperti:

 1 . ketarmpilan dala mensintesis dan mengkomunikasikan informasi secara tertulis maupun lisan.
 2 .  keterampilan problem solving : pengumpulan informasi, menganalisis, menafsirkan,mengorganisasikan secara logis, hasilnya dapat untuk pengembangan lebih lanjut.
 3 . kemampuan bekerja dalam lingkungan multidisiplin,multiras,dan segala multi lainnya:consensus building,istening,teamwork skill,role setting.
 4 . kemampuan sebagai pembelajar aktif yang independen: goal setting dan kemauan untuk terus belajar,memiliki rasa ingin tahu yang besar,berani bertanya merupakan nilai fositif.
 5 . keterampilan berbahasa inggris,mendengar,berbicara dan menulis merupakan kebutuhan dasar.




   DAFTAR PUSTAKA 
   
   
     HIDAYAT, A A; KHOLIL MUHAMMAD. 2018. kimia pengetahuan lingkungan industri              

     yogyakarta: penerbit wahana resolusi.

      https://chemistry.uii.ac.id/apa-itu-kimia-3/

      https://www.gurupendidikan.co.id/ilmu-kimia/

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.