.

Selasa, 16 Oktober 2018

Pencemaran Sampah Plastik


Abstrak : Plastik merupakan salah satu bahan yang sering digunakan oleh masyarakat untuk berbagai hal. Bahkan karena seringnya digunakan, plastik seolah-olah telah menjadi sebuah kebutuhan yang harus tersedia di masyarakat. Padahal sebenarnya plastik memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan apabila sudah tidak digunakan lagi, di mana istilah plastik yang sudah tidak digunakan tersebut dikenal dengan sebutan sampah plastik.



Pengertian Pencemaran Plastik

Pencemaran plastik adalah akumulasi dari produk plastik yang ada di lingkungan yang berdampak buruk terhadap satwa liarhabitat satwa liar, dan manusia. Plastik yang berperan sebagai polutan dikategorikan ke dalam mikro, meso, atau puing-puing makro, berdasarkan ukurannya
Polusi plastik dapat mengenai tanah, saluran air dan lautan. Organisme yang hidup, terutama hewan laut, dapat dirugikan baik oleh efek mekanis, seperti terjerat di dalam objek plastik atau masalah yang terkait dengan menelan limbah plastik, atau melalui paparan terhadap bahan kimia di dalam plastik yang mengganggu fisiologi mereka.
Pada 2018, terdapat sekitar 380 juta ton plastik telah diproduksi di seluruh dunia setiap tahun. Dari tahun 1950 hingga tahun 2018, diperkirakan terdapat 6,3 miliar ton plastik telah diproduksi di seluruh dunia, yang diperkirakan 9% telah didaur ulang dan diperkirakan juga 12% lainnya telah dibakar.
Penyebab pencemaran sampah plastik


     A.)   Plastik ada di mana saja, setiap kali plastik dibuang, polutan beracun memiliki lebih banyak           peluang untuk mecemari dan membahayakan lingkungan. 
     B.)    Plastik lebih murah, maka dari itu, masyarakat banyak menggunakan plastik untuk berbagai hal.
     C.)    Membuang sampah plastik sembarangan

Dampak pencemaran sampah plastik


·                     Pembuangan sampah plastik yang sembarangan akan mengakibatkan pendangkalan                             sungai dan aliran sungai tersumbat yang menyebabkan banjir.
·                     Tercemarnya tanah, air tanah, dan makhluk bawah tanah
·                     Kantong plastik akan mengganggu penyerapan air ke dalam tanah.
·                     Menurunkan kesuburan tanah.
·                     Hewan-hewan dapat terjerat dalam sampah plastik.

Kesimpulan : Pencemaran sampah plastik sangat berbahaya bagi lingkungan. Berbagai upaya untuk penanggulangan limbah plastik telah banyak dilakukan, hal ini menjadi sangat penting mengingat limbah plastik sebagai salah satu penyumbang terbesar bagi kerusakan lingkungan.  Maka dari itu, cintailah lingkungan maka lingkungan juga akan mencintai kita.
Daftar Pustaka :
      1.)    Wikipedia. 2018. Polusi plastik. Dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Polusi_plastik/  (Diakses pada 16 Oktober 2018)
      2.)    Mariati. 2017. Bahaya sampah plastik bagi lingkungan. Dalam http://mahasiswa.uay.ac.id/bahaya-sampah-plastik-bagi-lingkungan/ (Diakses pada 16 Oktober 2018)
      3.)    Anonim. 2016. Sampah plastik. Dalam https://lingkunganhidup.co/sampah-plastik-indonesia-dunia/ (Diakses pada 16 Oktober 2018)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.