.

Selasa, 16 Oktober 2018

Pencemaran Lingkungan Air


OLEH: TRIYATNO (@JO1-TRIYATNO)

Penyebab Pencemaran Lingkungan Air

                              ABSTRAK

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, dan laut akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. Pemanfaatan terbesar danau, sungai, lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata.


Kata Kunci : Pencemaran Lingkungan Air

·         Sesuatu yang menyebabkan polusi disebut polutan
·         Polutan dapat berupa bahan kimia, debu, makhluk hidup, panas, suara, radiasi yang masuk ke lingkungan.
Ciri-ciri lingkungan alami yang tercemar
·         Sungai biasanya yang belum tercemar masih dapat ditemui flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) yang beraneka ragam, tapi jika sudah terpolusi, maka sungai tersebuat biasanya airnya keruh, berbau tidak sedap, dan  penuh dengan sampah.
·         Jika kolam, waduk, atau danau warna airnya hijau kebiruan atau di penuhi eceng gondok yang memenuhi permukaan air maka perairan itu sudah tercemari.
·         Di perkotaan, jalan yang penuh kendaraan bermotor akan membuat mata pedih juga mengganggu pernapasan. Atau pabrik yang mengepulkan asap dari cerobongnya, maka lingkungan itu sudah tercemari. Udaranya sudah terpolusi. Biasanya udara segar dapat ditemukan di pedesaan.
Sumber-sumber pencemaran lingkungan:
1.      Pencemaran kimiawi
Pencemaran kimiawi adalah pencemaran karena zat-zat kimia. Misalnya seperti logam berat atau raksa dan timbale. Limbah adalah hasil proses produksi.
2.      Pencemaran fisik
Pencemaran fisik adalah pencemaran yang disebabkan oleh zat cair, padat, atau gas. Yang padat misalnya sampah, yang gas misalnya asap pabrik, yang cair misalnya limbah rumah tangga.
3.      Pencemaran biologis
Pencemaran biologis adalah pencemaran yang disebabkan oleh berbagai macam mikroorganisme penyebab penyakit. Misalnya sumur atau sumber air yang tercemar kuman.
Macam-macam pencemaran lingkungan
   1.Pencemaran Air
·         Pencemaran air adalah peristiwa masukanya zat atau komponen lainya ke dalam lingkungan perairan sehingga kualitas (mutu) air terganggu.
·         Air sangat dibutuhkan manusia, yaitu air bersih
·         Limbah industry termasuk salah satu pencemar air bersih. Logam berat (mis: raksa, timbale, kadmium)  hasil limbah pabrik sering dibuang ke sungai.
·         Air sungai akan bermuara ke laut, air laut pun ikut tercemar dan akan masuk ke tubuh ikan, udang, kerang, dan makhluk hidup lainnya yang nantinya akan dikonsumsi manusia dan akan sangat berbahaya. Seperti di teluk Minamata, Jepang,  nelayan di sana memakan ikan yang sudah tercemar sehingga merusak system saraf dan dikenal sebagai penyakit Minamata.
·         Limbah pertanian dapat berupa pupuk yang berlebihan yang akan terbuang karena tidak terserap oleh tumbuhannya dan mengalir ke sungai, danau, atau waduk. Maka akibatnya terjadi blooming algae yaitu perairan menjadi subur dan ditumbuhi ganggang. Sinar matahari pun susah untuk masuk ke dalam, tumbuhan pun menjadi sedikit sehingga kurang oksigen di air.
·         Hal ini dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. Pemakaian insektisida juga dapat membunuh serangga-serangga yang ternyata bermanfaat. Misalnya lebah yang membantu penyerbukan. Juga pemakaian hama secara terus-menerus dapat menimbulkan kekebalan pada hama dan akan terjadi ledakan jumlah hama.
·         Pestisida ini akan secara terus-menerus berpindah antar makhluk hidup karena rantai makanan. Hal ini sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup yang lainnya.
·         Limbah Rumah Tangga  biasa berupa sampah dapur, air bekas cucian yang telah bercampur detergen. Jika dalam jumlah banyak akan mencemari perairan tersebut. Maka ikan-ikan akan mati dan ekosistem akan tergganggu.
·         Limbah Minyak dapat menyebabkan pencemaran laut. Kadang-kadang kapal yang melintas mengalami kecelakaan dan mengalami kebocoran bahan bakar minyak dalam jumlah banyak. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada biota laut lainnya. Seperti burung pemakan ikan akan mati jika tertelan minyak tersebut juga tubuhnya akan penuh minyak sehingga menyulitkannya untuk terbang.
·         Hal ini juga menyebabkan sinar matahari sulit menembus air dan ikan lain pemakan tumbuhan laut akan kekurangan makanan
Penyakit yang disebabkan pencemaran air
Pada dasarnya semua makhluk hidup tidak dapat lepas dari air karena air adalah bagian terpenting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Akan tetapi, kita juga tidak dapat menggunakan air sembarangan karena air sudah mulai tercemar dengan bakteri dan zat-zat yang dapat menyebabkan penyakit. Berikut beberapa penyakit yang disebabkan oleh pencemaran air:
1.Diare
Diare adalah penyakit yang paling sering dialami jika kita minum air yang sudah tercemar. Biasanya, diare disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E. coli. Penyakit ini dianggap biasa oleh sebagian orang, padahal penyakit ini merupakan salah satu penyebab bayi dan balita di Indonesia meninggal. Diare yang sudah parah dapat menyebabkan dehidrasi (kehilangan cairan) bahkan kematian.
2.Kolera
Kolera adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholera yang menyerang usus kecil. Bakteri ini bisa membuat usus mengeluarkan cairan garam dan mineral dalam jumlah banyak. Jika sudah begitu, penderita kolera akan mengalami diare, mual, muntah, kram perut, dan kekurangan cairan. Lingkungan yang kotor akan membuat kolera menyebar dengan mudah. Pertolongan pertama pada penderita kolera adalah memberi mereka minum yang banyak.
3.Hepatitis A
Penyakit Hepatitis A disebabkan oleh virus yang diberi nama Hepatitis A. Virus Hepatitis A adalah virus yang menyerang hati. Sel – sel hati manusia akan mengalami peradangan dan kerusakan. Orang yang terkena penyakit ini biasanya mengalami kelelahan, diare, kehilangan nafsu makan, mual, dan demam. Penyakit ini cukup lama untuk disembuhkan karena membutuhkan banyak istirahat dan makan makanan yang bergizi.
4.Tifus
Bakteri Salmonella typhi adalah bakteri yang menyebabkan penyakit tifus. Bakteri ini bisa disebarkan oleh lalat. Orang yang terkena tifus biasanya mengalami demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, nafsu makan menurun, sakit perut, dan sembelit. Orang yang terkena tifus, lidahnya akan berwarna putih di tengah dan merah di pinggir. Gejala tifus mulai memburuk saat sore hari tiba. Untuk mencegah penyakit ini, kita harus banyak istirahat dan makan makanan yang bergizi.
Pencegahan 
Sering kali organisme penyebab infeksi enterik tersebut diakibatkan oleh kondisi lingkungan rumah yang kotor dan tidak sehat. Hal tersebut juga sering diakibatkan oleh pencucian tangan yang kurang bersih pada waktu buang kotoran. Salah satu faktor adalah perlunya peningkatan ketersediaan air bersih dalam sarana sanitasi. Akhir-ahkir ini mulai banyak dijual tisu basah atau dalam bentuk cairan, yang mengandung disinfektan dan mulai banyak digunakan dalam kalangan terbatas. Penyakit bisa juga terjadi akibat makanan atau minuman yang dijual oleh penjaja atau warung warung yang kebersihannya kurang memandai. Salah satu cara yang paling sederhana untuk mencegahnya adalah menghindarinya. Kebersihan lingkungan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan kebersihan lingkungan adalah peningkatan pelayanan air bersih, disamping itu perlu diupayakan perbaikan pada sistem pembuangan limbah atau pengolahan kotoran manusia (tinja), serta dengan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan atau lebih luas lagi mengenai kesehatan lingkungan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.