.

Senin, 15 Oktober 2018

P3nc4m4r4n ud4r4

Oleh : Arnando (@J14-Arnando) 
ABSTRAK

Udara adalah diantara satu komponen yang jadi penopang dalam keseharian kita. Dapat kita bayangkan bagaimana jadinya makhluk apabila tak terdapat udara, dengan begitu kita tidak mampu bernapas seperti mana seharusnya.
Keberadaannya yang krusial untuk kehidupan segala mahkluk hidup bikin kita sebagai manusia mempunyai tanggung jawab buat selalu melindungi supaya udara yang dihirup selalu bersih dan sehat. Sebab apabila dengan adanya udara yang tercemar bisa menyebabkan kualitas udara bertambah negatif.

KATA KUNCI

Pencemaran, Pencemaran Udara, Pabrik

DEFINISI

Menurut Wikipedia, Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suara, panas, radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokal, regional, maupun global. Pencemaran udara di dalam ruangan dapat mempengaruhi kesehatan manusia sama buruknya dengan pencemaran udara di ruang terbuka

PENYEBAB

Ada banyak sekali penyebab pencemaran udara bahkan tak terhitung jumlahnya. Dan hampir semua di sebabkan oleh tangan manusia sendiri. Di bawah ini merupakan penyebab-penyebab pencemaran udara. Berikut beberapa penyebab terjadinya pencemaran udara :


  1. Polusi Disebabkan Asap Kendaraan Bermotor
  2. Pembangkit Listrik
  3. Abu Polutan letusan gunung berapi
  4. Limbah asap pabrik atau industri
  5. Limbah pertanian
  6. Kegiatan pertambangan penyebab pencemaran udara
  7. Aktifitas rumah tangga
  8. Kebakaran hutan


DAMPAK

Pencemaran udara dapat mengganggu kesehatan makhluk hidup di sekitarnya. Kualitas kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan akan menurun karena polusi udara. Adapun dampak pencemaran udara yaitu sebagai berikut:


  1. Dampak untuk Kesehatan
  2. Dampak untuk Tanaman
  3. Terjadinya Hujan Asam
  4. Efek Rumah Kaca
  5. Penipisan Lapisan Ozon
  6. Atmosfer yang Terancam


SOLUSI

Pencemaran udara tidak bisa dihilangkan sama sekali, tapi hanya bisa dikurangi atau dikendalikan. Manusia bisa menyebabkan pencemaran udara, tetapi bisa juga berperan dalam pengendalian pencemaran udara ini. Adapun cara mengurangi polusi udara di lingkungan sekitar kita adalah sebagai berikut:


  1. Reboisasi (Penanaman Kembali Hutan yang Gundul)
  2. Menggunakan Kendaraan Umume
  3. Menggunakan sepeda
  4. Tidak Merokok
  5. Melakukan Gerakan Menanam Pohon

Terhadap Pabrik :

  1. Memasang Penyaring Udara di Cerobong Asap
  2. Mengurangi Penggunaan Bahan Bakar
  3. Mendirikan Kawasan Industri yang Jauh dari Pemukiman Warga


DAFTAR PUSTAKA

http://futureloka.com/cara-mengurangi-polusi-udara/
https://hidupsimpel.com/pencemaran-udara/
https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_udara
https://dosenbiologi.com/lingkungan/dampak-pencemaran-udara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.