.

Minggu, 23 September 2018

AKIBAT HUJAN ASAM

Diketik oleh: Syahida Nur Afini @ProyekK02, @K25-Syahia 

ABSTAK 
Apa sih Hujan Asam ?
Hujan asam adalah hujan yang mempunyai kadar keasaman (pH) yang rendah pada setiap tetes airnya. Keadaan keasaman hujan yang normal pada umumnya mempunyai pH 5,6 sehingga dapat diartikan bahwa jika hujan yang memiliki pH kurang dari 5,6 berarti adalah hujan asam. Penelitian baru-baru ini menunjukan pH hujan sudah berubah yang asalnya dari 6 menjadi ke 4 ini disebabkan banyaknya gas buangan yang menimbulkan hujan asam. Gas yang menyebabkan hujan asam ini biasanya dihasilkan oleh bencana alam seperti letusan gunung berapi, kalau letusan gunung berapi itu penyebabnya mungkin wajar-wajar saja karena reaksi dari alam, tapi penyebab yang paling parah adalah ulah manusia misalnya seperti asap kendaraan bermotor, asap pabrik atau industri dan lain-lain.
KATA KUNCI : HUJAN ASAM 

Apakah kalian tau Hujan Asam itu sangat merugikan bagi tumbuhan. Karena Hujan Asam dapat
merugikan tanaman maupun kesuburan tanah, pada beberapa negar industry , Hujan Asam sudah banyak menjadi persoalan yang sangat serius karena sifatnya yang merusak hutan yang gundul akibat hujan asam akan mengakibatkan lingkungan semakin parah. Selain tumbuhan , hujan asam merugikan bagi manusia seperti hujan asam ini dapat bereaksi dengan logam, sehingga dapat merusak mobil , jembatan , kapal laut dan bangunan atau benda kainnya yang mengandung unsur logam.

Ternayata ada mencegah terbentuknya hujan asam, yaitu:

  • ·         Menggunakan bahan bakar dengan kandungan belerang rendah
Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber bahan bakar utama di Indonesia. Minyak bumi memiliki kandungan belerang yang tinggi, untuk mengurangi emisi zat pembentuk asam dapat digunakan gas alam sebagai sumber bahan bakar. Usaha lain yaitu dengan menggunakan bahan bakar non-belerang seperti methanol, etanol, dan hidrogen. Namun penggunaan bahan bakar non-belerang ini juga perlu diperhatikan karena akan membawa dampak pula terhadap lingkungan.

  • ·         Pakailah kendaraan bermotor seperlunya, kalau bisa usahakan pakai kendaraan umum saat berpergian.
  • ·         Jangan menebang pohon atau hutan sembarangan, dan tanamlah pohon atau reboisasi.
  • ·         Usahankan memakai peralatah ramah lingkungan.

Kesimpulan
1.      Hujan asam didefinisikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondioksida di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah.
2.      Adapun beberapa dampak yang ditimbulkan oleh hujan asam antara lain Kelebihan zat asam pada danau akan mengakibatkan sedikitnya species yang bertahan, hujan asam yang larut bersama nutrisi didalam tanah akan menyapu kandungan tersebut sebelum pohon-pohon dapat menggunakannya untuk tumbuh, korosi dan menyebabkan terganggunya kesehatan manusia.
3.      Usaha untuk mengendalikan deposisi asam ialah menggunakan bahan bakar yang mengandung sedikit zat pencemar, menghindari terbentuknya zat pencemar saar terjadinya pembakaran, menangkap zat pencemar dari gas buangan dan penghematan energi serta penambahan zat kapur.

    DAFTAR PUSTAKA  

Anonim.2016.dampak hujan asam.https://prodiipa.wordpress.com/kelas-vii/hujan-asam/e-upaya-pencegahan-dampak-hujan-asam/ (di unduh 22 september 2018)

Pohan,Hasmawaty.2002.pencemaran udara dan hujan asam http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:i6D5sXZulSIJ:scholar.google.com/+akibat+hujan+asam&hl=id&as_sdt=0,5 (di unduh 22 september 2018)
Anonym.2015.pengertian hujan asam.http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-hujan-asam-dan-dampaknya-yang-ditibulkan.html (di unduh 22 september 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.